Indikator tanda seru di mobil anda menyala? Berikut cara mengatasinya

indikator tanda seru

Indikator tanda seru di mobil perlu kamu pahami artinya. Di layar panel instrumen mobil, ada sekitar 16 tanda lampu indikator, salah satunya adalah indikator tanda seru di mobil. Dengan mengetahui artinya, kamu bisa melakukan penanganan yang tepat.

Apabila lampu indikator di mobil kesayanganmu menyala, itu artinya kamu harus waspada. Pada dasarnya, lampu indikator memberikan peringatan kepada pengemudi tentang adanya komponen mobil yang bermasalah. Kamu tidak boleh mengabaikan peringatan ini.

asuransi mobil

Lampu indikator merupakan media dari mesin mobil dalam menginformasikan kondisi mobil apakah ada masalah atau tidak. Selain itu, lampu indikator juga mengingatkan adanya piranti mobil yang belum terpasang dengan sempurna saat akan dikendarai.

Sebagian masyarakat masih belum tahu arti lampu indikator yang terdapat pada layar panel instrumen mobil. Saat lampu indikator tersebut menyala, mereka juga masih bingung kenapa lampu tersebut menyala dan apa yang harus dilakukan.

Jika tidak memahami arti lampu indikator dengan baik dan mobil tetap dikendarai, hal itu bisa berdampak buruk baik bagi mobil ataupun pengendara.

Dalam artikel ini akan dibahas indikator tanda seru yang ada di layar mobil. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini sampai habis ya.

Indikasi Kenapa Indikator Tanda Seru pada Mobil Menyala

Salah satu lampu indikator di layar mobil yang penting untuk kamu ketahui artinya adalah indikator tanda seru. Indikator yang satu ini memberikan peringatan yang terbilang sangat penting dan harus segera diatasi.

Indikator tanda seru memberikan peringatan jika sistem pengereman mobil bermasalah. Indikator yang satu ini dilambangkan dengan lingkaran warna merah dengan tanda seru di tengahnya.

Jika indikator ini menyala, itu tandanya rem tangan mobil masih belum dibebaskan atau masih posisi ditarik. Apabila rem tangan sudah dibebaskan dan lampu masih menyala, itu menunjukkan indikasi yang lain. Indikasi yang lain tersebut adalah kurangnya jumlah minyak rem mobil.

Pada sistem pengereman mobil biasanya terdapat sensor yang mendeteksi ketinggian volume minyak rem mobil. Apabila volumenya dalam tingkat yang rendah, contohnya karena kebocoran, lampu indikator akan menyala.

Jika minyak rem volumenya sudah sesuai ketentuan, lampu indikator tidak akan menyala lagi.

Kamu bisa mengetes rem mobil dengan menjalankan mobil lalu mengerem sedikit secara perlahan-lahan. Jika memang masalah pada rem cukup serius, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.

Kamu tidak boleh mengabaikan indikator tanda seru pada layar instrumen mobil. Pasalnya, jika kamu tetap menjalankan mobil, laju mobil akan terasa berat dan kanvas rem akan cepat habis. Bahkan, tombol rem tangan bisa rusak.

Sementara itu, kurangnya minyak rem akan membuat pengereman kurang optimal dan bisa membahayakan keselamatan berkendara.

Selain berupa simbol, lampu indikator juga mempunyai beberapa warna. Warna-warna tersebut mempunyai arti tersendiri yang perlu kamu pahami.

Warna merah berarti peringatan adanya masalah komponen mobil yang bisa menyebabkan bahaya. Kamu harus segera mengatasinya jika muncul warna ini pada panel instrumen mobil.

Selanjutnya, warna kuning. Arti dari warna ini adalah menunjukkan suatu batas tertentu. Warna ini bisa juga diartikan sebagai peringatan.

Sementara itu, indikator warna hijau menunjukkan bahwa pengoperasian komponen mobil normal. Sedangkan warna biru untuk sebuah instruksi khusus.

Yang terakhir adalah warna putih. Warna ini berarti fungsi lain selain warna yang sudah disebutkan tadi.

Cara Kerja Lampu Indikator

Untuk cara kerjanya, lampu indikator hanya menyala sesaat dan langsung mati saat kamu memutar kunci ke posisi ON. Namun, apabila lampu tersebut tetap menyala, berarti komponen tertentu pada mobil bermasalah.

Selain itu, lampu indikator juga menunjukkan piranti mobil ada yang belum terpasang dengan benar. Sebagai contoh, pintu mobil dan sabuk pengaman.

Lampu indikator tersebut bisa bekerja karena adanya sensor yang dipasang pada mobil. Sensor tersebut akan mengirimkan sinyal jika terjadi permasalahan pada mobil.

Itu tadi informasi mengenai indikator tanda seru di mobil yang akan membantumu menjaga kondisi mobil tetap baik. Selain itu, dengan memahaminya, aktivitas berkendara yang kamu lakukan juga akan tetap aman dan nyaman.

Kamu tidak perlu bingung lagi apabila lampu indikator tersebut menyala. Hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya bisa kamu lakukan.

Memproteksi Mobil dengan Menggunakan Asuransi

Kerusakan mobil akibat kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Kamu harus mewaspadai hal ini.

Jika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan, kamu bisa mengantisipasinya dengan menggunakan asuransi mobil.

Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari asuransi mobil. Sebagai contoh, kamu bisa menghindari kacaunya anggaran pengeluaran karena biaya perbaikan kerusakan mobil akibat kecelakaan bisa ditanggung oleh asuransi.

Rekomendasi asuransi mobil terbaik bisa kamu temukan di e-commerce asuransi cekpremi. Segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi untuk memproteksi mobil kesayanganmu.

asuransi mobil