Tips memilih lem kaca mobil yang bagus

lem kaca

Sering kali terjadi kaca depan kendaraan kita retak dan lem kaca mobil yang kurang bagus. Kaca mobil yang retak karena juga biasanya terjadi karena kecelakaan atau benda yang jatuh ke kaca tersebut dengan tekanan yang kencang. 

Hal ini harus segera diperbaiki karena berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan mobil yang kamu miliki dan diri kamu sendiri sebagai pengemudi atau penumpang lainnya.

Lem kaca mobil menjadi solusinya untuk mengatasi kejadian tersebut. Kamu bisa memilih lem kaca yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang ingin kamu berikan kepada kendaraan yang dimiliki.

Terutama pada kaca depan mobil yang memiliki fungsi untuk melindungi pengendara dan pengemudi dari kecelakaan. Untuk itu, perlu sekali memilih lem kaca mobil yang bagus.

Apa saja yang perlu kamu perhatikan untuk membeli lem kaca mobil nanti?

Sebelum itu, kamu perlu mengetahui nih jenis lem kaca mobil apa saja yang ada di pasaran.

Jenis Lem Kaca Mobil

Banyak merek lem kaca untuk mobil yang dijual dipasaran. Namun kamu harus juga mengenali jenis-jenis lem yang cocok untuk dipakai di kaca mobilmu. Kamu bisa memilihnya dengan  mempertimbangkan mulai dari tekstur lem hingga jenis lem yang cocok. Apa saja sih jenis lem kaca mobil?

  • Silikon

Jenis lem seperti silikon memiliki material non-organik dan bersifat korosi dengan ketahanan sinar UV yang tinggi.

Jenis lem ini lumayan jarang dipakai oleh orang-orang karena memiliki ketahanan suhu dan kelembaban yang rendah.

Jarang dipakai banyak orang karena lem ini bisa menyebabkan bodi mobil mudah berkarat akibat penggunaan lem tersebut.

  • Polyurethane

Polyurethane merupakan jenis lem kaca pada mobil yang suka digunakan pada semua pabrikan kendaraan lokal maupun internasional. 

Jenis lem ini terbuat dari material organik yang tidak memiliki sifat korosi. 

Mengapa tidak memiliki sifat korosi? karena lem ini memiliki daya tahan suhu serta kelembabannya yang cukup tinggi. 

 

Apakah Memilih Lem Kaca Mobil Harus Berkualitas?

Dari jenis-jenis lem kaca mobil yang sudah dijelaskan, tentunya dalam pemilihan lem kaca harus berkualitas.

Maka dari itu, jika lem kaca yang dipilih berkualitas maka ketahanan antara kaca depan dan kerangka mobil akan merekat kuat. 

Begitu juga sebaliknya, jika lem kaca untuk mobil tidak bagus maka kaca mobil bagian depan bisa saja lepas secara tiba-tiba dan membuat airbag di dalamnya menjadi menggembung ke depan seperti saat terjadi kecelakaan.

Perekat yang digunakan mobil untuk menempelkan kaca dan kerangka mobil juga harus kuat karena untuk mencegah kamu terpental keluar mobil, menahan agar atap mobil tidak runtuh/jatuh, dan membantu penyebaran airbag yang tepat pada penumpang terutama yang berada di kursi depan. 

Untuk itu kamu sangat perlu memilih lem yang berkualitas. Harga yang mahal tidak jadi masalah asalkan kamu dan penumpang lainnya tetap selamat dan memberikan kenyamanan saat berkendara dengan mobil.

 

Inilah yang Terjadi Jika Tidak Memperbaiki Lem Kaca Mobil Retak

Lem kaca mobil retak atau tidak melekat dengan sempurna ternyata bisa menyebabkan hal-hal berikut. 

  • Dapat Menyebabkan Kaca Mobil Copot 

Hal yang ditakutkan oleh semua pengendara dan yang memiliki mobil adalah kaca mobil yang copot. Biasanya kaca mobil yang copot atau merosot dikarenakan penggunaan lem yang tidak benar. Pengaplikasian penggunaan lem pada kaca mobil harus dengan benar. 

Jika penggunaannya tidak benar, mobil kamu akan terjadi kebocoran air atau suara bising kendaraan dari luar.

  • Kebocoran Kaca Depan Mobil 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengaplikasian lem pada kaca mobil harus benar agar tidak mengakibatkan kebocoran pada kaca mobil terutama yang ada di depan.

Kamu harus segera mengganti, ya, jika kaca depan mobil sudah mulai retak. 

Jika kamu diamkan, kebocoran tersebut walaupun hanya sedikit bisa mengakibatkan kepada komponen yang ada di dalamnya khususnya elektronik. Bisa berbahaya.

Tak hanya merusak elektronik, kebocoran ini bisa juga menyebabkan tumbuhnya jamur kaca mobil dan bodi kendaraan menjadi berkarat.

  • Serabut Lem Pada Kaca 

Lem kaca yang sudah ditempel di kaca retak mobil dan tidak melekat dengan sempurna, bisa menyebabkan serabut berantakan dan menyebar ke bodi kendaraan.Ini bisa mengganggu penglihatan dan merusak tampilan kendaraanmu.

Nah, kamu harus bisa memilih lem yang berkualitas untuk memperbaiki kaca mobilmu.

 

Bagaimana Cara Memilih Lem yang Bagus Untuk Mobil?

Setelah membaca jenis-jenis lem hingga risiko tidak memakai lem kaca dengan baik, kamu juga perlu memperhatikan cara memilih lem yang kuat untuk kaca mobilmu.

  • Sesuaikan Penggunaannya

Agar kamu tidak bingung, kamu harus mengetahui apa lem yang mau dibeli dan sesuai dengan kegunaan serta kebutuhanmu.

Kamu bisa mempertimbangkannya melalui bahan dasar material lem tersebut dengan objek yang akan dilekatkan nanti. Pilihlah dengan  seksama agar lem yang kamu beli dapat melekat dengan sempurna dan tidak sia-sia saja.

  • Tipe Serbaguna 

Lem serbaguna yang kamu pilih juga bisa yang mengandung komponen utama yaitu cyanoacrylate.  Bahan ini bisa melekat pada berbagai jenis material.

  • Lem Kuat Khusus

Biasanya lem khusus untuk merekatkan material tertentu. Lem kuat memiliki daya rekat lebih baik dibandingkan lem lainnya. Lem kuat tipe khusus biasanya memiliki primer. 

Cara menggunakannya adalah mengaplikasikan primer terlebih dahulu dan selanjutnya mengaplikasikan lemnya. Dengan begitu kedua material akan menempel dengan baik.

  • Sesuaikan Ukuran dan Kebutuhannya

Pilihlah lem yang mengering bila terkena lembabnya udara dan cahaya. Terutama lem kaca mobil harus yang kuat dan pas ukuran ujung lem untuk pengaplikasian lem kaca dengan baik.

 

Di atas merupakan penjelasan mengenai jenis-jenis lem kaca mobil, resiko jika tidak memperbaiki kaca mobil, dan hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli lem kaca mobil.

Selain hal-hal tersebut, kamu juga perlu memikirkan perlindungan lainnya pada kendaraan kita. Kamu bisa melindungi kendaraanmu dengan menggunakan asuransi mobil pada kendaraan yang kamu miliki. Cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor.

Apa saja manfaat asuransi mobil?

Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain.