Rekomendasi Wisata Kuliner di Bali, Manjakan Lidah Saat Berlibur

Mencari wisata kuliner di Bali merupakan hal wajib untuk dilakukan saat mengunjungi pulau yang menawarkan pantai yang indah itu. Pasalnya, mengisi perut adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga ketika berlibur ke suatu destinasi, hidangan lokal pasti tidak bisa dihindari. Tak jarang kegiatan tersebut menjadi suatu agenda tersendiri bagi banyak orang.

Selain menawarkan berbagai wisata alam yang mempesona, Bali juga memanjakan lidah para pelancong yang datang dengan berbagai makanan lokal yang menggiurkan. Olahannya pun beragam, mulai dari sate, gulai, makanan yang digoreng, dikukus dan sebagainya. Bagi kamu yang bingung untuk pergi kemana dan harus mencicipi apa saat berlibur ke Bali, simak informasi ini sampai selesai karena terdapat rekomendasi hidangan asli Bali yang bisa membuat liburanmu terasa semakin lengkap.

5 Rekomendasi Wisata Kuliner di Bali

  • Ayam Betutu Pak Man 

Bagi pecinta menu ayam, hidangan yang satu ini jangan sampai dilewatkan ketika berkunjung ke Bali. Cita rasa yang khas dari ayam betutu dengan rasa pedasnya, membuat para pecinta pedas turut mencarinya. Menu ini juga diolah menggunakan banyak rempah sehingga penggemarnya akan ketagihan. 

Penyajian ayam betutu cukup unik. Berbagai bumbu yang digunakan akan diisi ke dalam perut ayam, kemudian dagingnya dibungkus menggunakan daun pisang. Memasaknya pun dengan cara dipanggang di atas bara api selama kurang lebih 24 jam. Kamu bisa mencicipi hidangan ini di Warung Ayam Betutu Pak Man, beralamatkan di Jalan Kubu Anyar No. 72x, Kuta.

  • Warung Sate Lilit Made Oka

Sate lilit adalah makanan khas Bali yang cukup berbeda dibandingkan dengan sate yang dijual pada umumnya. Sebab, cara pengolahannya pun terbilang tidak biasa. Sate ini dibuat dengan daging yang telah dihaluskan sebelumnya kemudian campurkan dengan bumbu. Selanjutnya, daging tersebut dililitkan ke bagian tusuk sate yang terbuat dari tangkai bambu atau batang serai.

Penyajian dengan cara ini menghasilkan cita rasa yang cukup gurih, terutama sate yang menggunakan batang serai sebagai penusuknya karena akan lebih mempunyai ciri khas yang kuat. Daging yang digunakan untuk membuat sate ini cukup banyak banyak pilihannya, mulai dari daging ayam, daging ikan tenggiri ataupun daging babi. Wisata kuliner yang satu ini, bisa kamu temukan di Warung Sate Lilit Made Oka yang terletak di Kota Denpasar.

  • Nasi Campur Ayam Ibu Oki

Bukan hanya dinikmati oleh wisatawan, makanan ini juga menjadi menu sehari-hari penduduk Bali. Nasi Campur adalah hidangan yang biasa disajikan dengan berbagai pelengkap seperti sate lilit, sayur urap, dan lawar ayam. Cita rasanya juga akan lebih khas dan nikmat jika menyantapnya menggunakan sambal embe ataupun sambal matah khas Bali.

Menu ini disajikan dengan varian kawan nasi yang berbeda di setiap rumah makan yang membuatnya semakin menarik. Jika mencari rekomendasi menu ini yang mantap, kamu bisa kunjungi Warung Nasi Campur Ayam Ibu Oki yang terletak di Kabupaten Badung.

  • Warung Babi Guling Pak Malen

Daya tarik dari Warung Babi Guling Pak Malen adalah menu babi guling yang disajikan dengan cara memasukan sayuran daun ketela pohon serta bumbu rasa genep Bali ke dalam perut babi. Hal ini menjadi menarik karena saat mencicipinya akan sangat terasa rempah-rempah yang kuat.

Bahan dasar dari menu ini adalah daging babi yang dipanggang hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Saat matang, daging akan bertekstur renyah yang membuat hidangan semakin mudah dinikmati. Kamu bisa mencoba kuliner ini di daerah Kabupaten Badung.

  • Nasi Tepeng Gianyar

Nasi Tepeng Gianyar disajikan dengan tekstur yang lembek, kemudian dilengkapi dengan bumbu-bumbu Bali di atasnya. Dengan memiliki cita rasa yang cukup pedas, juga menjadikan nasi ini menjadi menarik. 

Dalam Menu ini juga terdapat sayuran yang dihidangkan seperti terong, kelapa parut, daun kelor, kacang merah, kacang panjang, serta nangka muda. Jika pergi ke Gianyar, kamu tidak perlu repot-repot mencari makanan yang satu ini karena akan ada banyak ibu-ibu yang berjualan nasi tepeng khas yang enak dengan harga murah di pinggir jalan. 

Pentingnya Gunakan Asuransi saat Berlibur

Saat melakukan penerbangan untuk berwisata ke Bali, kamu juga harus menggunakan Asuransi Perjalanan. Sebab dengan mempunyai Asuransi Perjalanan, kamu dapat memiliki pertanggungan atas kerugian yang diakibatkan seperti keterlambatan perjalanan, kehilangan bagasi, dan sebagainya. Sehingga nantinya perjalanan kamu akan terasa aman dan nyaman.

Kamu bisa memilih layanan asuransi perjalanan terbaik dari Cekpremi sebagai pelindung. Dalam hal ini, Cekpremi juga telah bekerja sama dengan banyak banyak Mitra. Pilihan mitra yang bisa dipilih adalah Zurich dan Tokio Marine. Kamu juga bisa memilih budget dan manfaat yang ingin didapat sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk gunakan Cekpremi dan dapatkan berbagai promo menarik lainnya!

Pertanyaan Terkait wisata Kuliner

Apa itu Wisata Kuliner?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Wisata Kuliner adalah bepergian untuk memperluas pengetahuan atau bersenang-senang yang dilakukan untuk menikmati aneka ragam masakan dari berbagai daerah.

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Asuransi Perjalanan merupakan asuransi yang berfungsi sebagai pelindung di setiap perjalanan. Di mana kemungkinan risiko yang bisa terjadi, seperti penerbangan tertunda, pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, atau kecelakaan disaat perjalanan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.