Lakukan 9 Hal Saat Mengecek Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Pengecekan mesin mobil

Ketika hendak melakukan perjalanan kamu harus melakukan persiapan yang matang baik itu persiapan fisik pengemudi dan melakukan pemeriksaan kendaraan kamu agar terhindar dari kemungkinan – kemungkinan yang tidak diinginkan. Mengecek mobil menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan saat akan berkendara jauh.

Mengecek mobil dilakukan sebelum melakukan perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh. Berikut 9 hal yang harus kamu lakukan untuk mengecek mobil sebelum perjalanan.

  1. Cek Cairan Mobil

Apa – apa saja cairan yang harus kamu perhatikan ?

Oli mesin 

Pastikan jumlah oli mesin mobil kamu cukup, level oli harus berada di antara L dan F lebih disarankan berada sedikit di bawah garis level F. Jika tingkat cairan oli berada di L atau dibawahnya mobil kamu tidak aman untuk dikendarai.

Minyak rem

Rem adalah alat vital  yang menjadi fitur penting dalam keselamatan, jadi kamu harus memperhatikan dengan jeli level minyak rem. Jika berkurang dari batas minimal kamu harus cek pada selang dan master rem apakah kemungkinan adanya kebocoran.

Air pendingin radiator

Jangan biarkan air radiator kosong, akan ada beberapa efek buruk yang muncul jika air radiator dibiarkan habis. Radiator yang kosong dapat membuat mesin overheat, overheat adalah kondisi dimana mengalami kenaikan suhu mesin mobil diatas rata-rata.

Air Wiper

Tugas utama air wiper adalah sebagai cairan yang membersihkan kaca bagian depan dan belakang mobil. Periksa ketersediaannya untuk dan pastikan wipermu berfungsi dengan baik.

Air Filter

Kamu juga harus memperhatikan air saringan udara yang berfungsi memberikan udara bersih yang disemprotkan di ruang pembakaran.

  1. Saringan udara dan selang pada mobil

Pastikan saringan udara dalam keadaan bersih serta selang bensin,selang radiator, dan selang penghubung ke reservoir tidak mengalami kerusakan seperti kebocoran dan keretakan.

  1. Wiper

Periksa apakah wiper (pembersih kaca otomatis) dapat berfungsi dengan baik agar tidak mengganggu penglihatan kamu saat berkendara.

  1. Rem dan kopling

Bantalan rem harus diperiksa saat mobil dalam keadaan diam, untuk memastikan rem berfungsi dengan normal. Mengemudikan kendaraan yang tidak dapat dikendalikan dengan baik sama sekali tidak aman untuk keselamatan.

  1. Tes Kemudi

Lakukan tes kemudi, karena ada beberapa bagian yang memerlukan tes mengemudi untuk mengetahui apakah ada masalah yang mungkin terlewatkan oleh pengemudi sehari-hari. Seperti suara mesin, getaran, dan suspensi. Contohnya ketika membawa kendaraan perhatikan apakah kemudi menarik ke arah tertentu jika kamu berbelok ke kiri atau ke kanan, ini bisa kamu ketahui kalau ada masalah pada roda atau komponen lainnya seperti steering rack.

  1. Ban Cadangan 

Pemeriksaan sederhana namun penting yang dapat kamu lakukan sendiri sebelum melakukan perjalanan jauh adalah dengan memeriksa apakah roda cadangan, dongkrak, dan kunci pada kendaraan kamu ada dan  berfungsi dengan baik. kamu juga pastikan ban cadangan kamu  dipompa dengan benar. kamu mungkin tidak akan menggunakannya untuk sementara waktu, jadi periksalah tekanannya sebelum kamu berangkat untuk menghindari terjebak di tengah perjalanan dengan ban serep yang kempes.

  1. Drive Belt

Melakukan pengecekan pada drive belt atau disebut juga dengan timing belt merupakan hal yang sangat penting karena jika drive belt mengalami kerusakan maka bisa memungkinkan mesin mobil kamu mati total, kamu juga tidak bisa mengisi baterai, dan kendaraan akan kamu akan mulai panas karena  hal itu dijalankan oleh drive belt. Jadi pastikan drive belt kamu selalu dalam kondisi terbaik.

  1. Roda dan Ban

Penting juga bagi kamu untuk memeriksa ban mobil kamu berada pada tekanan angin yang baik tidak terlalu berlebihan dan juga tidak kempes, juga perhatikan pada bagian samping dan tepi ban kamu apakah sudah aus jika sudah aus jangan menunda nunda lagi segera ganti agar tidak menjadi hambatan pada perjalanan kamu.

  1. Pengemudi

Yang terakhir pastikan pemudi dalam keadaan yang fit.

Itulah sembilan langkah yang harus kamu lakukan agar perjalananmu nyaman dan tidak terkendala.

Kami juga merekomendasikan beberapa hal yang harus kamu hindari pada saat mengemudi

  • Menggunakan handphone

Mengemudi sambil bermain handphone dapat membuat kamu kehilangan fokus, dan resiko terburuknya bisa terjadi kecelakaan.

  • Kendaraan tidak disertai dengan asuransi

Berkendara di jalanan bukannya tanpa risiko, kejadian seperti tabrakan atau terserempet pengendara lain bisa terjadi kapanpun. Tentunya, selain keselamatan kerugian finansial juga tidak bisa dihindari. 

Karena itu, kamu perlu memberikan perlindungan finansial dengan membeli produk asuransi yang dapat mengcover biaya perbaikan kerusakan mobil akibat kecelakaan. Cekpremi menyediakan berbagai produk asuransi salah satunya produk asuransi  kendaraan bermotor. Asuransi yang memberikan manfaat  berupa pemberian ganti rugi atas kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang disebabkan oleh tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, terbalik, dan tergelincir.

Untuk proteksi terbaik kendaraan kesayanganmu, pilih asuransi mobil di Cekpremi. Tak hanya produk asuransi terbaik dan terpercaya, kamu juga bisa mendapatkan cashback 25% untuk asuransi kendaraanmu.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi  Cekpremi!