Cara Kerja Evaporator AC Mobil, Seberapa Pentingnya Evaporator?

Aug - 31
2021
evaporator ac mobil

Cara Kerja Evaporator AC Mobil, Seberapa Pentingnya Evaporator?

Evaporator AC mobil memiliki fungsi utama sebagai komponen yang mengeluarkan udara sejuk dan dingin. Tanpa adanya evaporator udara di mobil akan terasa panas dan pastinya membuat pengalaman berkendara kalian tidak nyaman. Nah di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara kerja evaporator ac mobil dan bagaimana cara merawat evaporator. Yuk simak pembahasan lengkapnya disini!

Cara kerja evaporator ac mobil

Umumnya pada komponen evaporator akan terjadi proses pengkabutan yang terjadi di area ekspansi valve. Hasil dari proses pengkabutan tersebut kemudian akan disalurkan ke bagian blower. Hasilnya mobil akan terasa sejuk dan dingin.

Nah jika kalian sudah mengetahui bagaimana cara kerja evaporator, yuk simak fungsi lengkap dari komponen satu ini!

Fungsi evaporator ac mobil

1. Mengeluarkan udara dingin pada ac mobil

Sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya, evaporator memiliki fungsi utama untuk mengeluarkan udara dingin pada ac mobil.

2. Menyerap hawa panas

Hawa panas pada mobil saat AC tidak dinyalakan akan diserap oleh evaporator. Maka dari itu beberapa saat setelah AC dinyalakan, mobil akan terasa sejuk bukan? Itu karena evaporator menyerap semua hawa panas yang ada di dalam mobil.

Masalah yang mungkin terjadi di evaporator

1. Kebocoran

Kebocoran merupakan salah satu masalah paling umum yang sering terjadi. Jika kebocoran pada evaporator terjadi, otomatis freon tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Akibatnya mobil pun tidak bisa dingin dan sejuk dengan cepat.

2. Rusak karena debu

Nah kemungkinan masalah yang sering terjadi selanjutnya adalah evaporator kemasukan debu. Hal ini bisa terjadi jika saat kalian menyalakan AC, jendela mobil dibuka dan akhirnya mengakibatkan debu dari luar masuk ke evaporator.

Bagaimana cara merawat evaporator agar awet?

1. Jangan merokok saat AC dinyalakan

Jika kalian ingin merokok, usahakan agar AC dalam posisi mati sehingga asap rokok tidak masuk ke bagian dalam AC. Buka jendela agar bau dari asap rokok tidak mengganggu.

Baca juga: 7 Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet Selain Servis ke Bengkel

2. Jangan membuka jendela saat AC nyala

Membuka jendela saat AC dalam kondisi menyala juga dapat mengakibatkan debu dari luar masuk ke bagian dalam AC. Debu pun akhirnya tertumpuk dan membuat AC tidak dingin.

3. Gunakan pewangi mobil cair

Menggunakan parfum mobil dalam bentuk gel dapat membuat uap dari pewangi tersebut masuk ke bagian dalam AC. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan parfum mobil yang berbentuk cairan.

4. Jangan matikan mesin saat AC masih dalam kondisi menyala

Mematikan mesin saat AC masih menyala berarti kalian akan memaksa aki bekerja lebih ekstra saat mesin kembali dinyalakan. Aki akan lebih cepat soak dan AC pun bisa rusak jika kalian terbiasa melakukan hal ini.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Simak Solusinya!

5. Bersihkan bagian AC jika terlihat berdebu

Debu yang dibiarkan di AC jika dibiarkan akan membuat debu masuk dan membuat AC rusak. Maka dari itu jika ada debu yang menempel, usahakan untuk selalu membersihkan debu tersebut.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

 

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi