Liburan ke Luar Negeri, Tips Hemat Walau Low Budget

liburan luar negri

Liburan ke luar negeri menjadi impian banyak orang. Tentunya diperlukan persiapan yang cukup matang untuk merealisasikannya, terutama bagi traveler yang baru pertama kali menjelajah ke luar Indonesia. Selain persiapan, biaya yang cukup menguras kantong menjadi salah satu pertimbangan banyak orang untuk menundanya hingga benar-benar siap. Traveling ke luar negeri setidaknya diperlukan beberapa biaya permulaan seperti mengurusi perizinan paspor, dan visa. Selain itu, jika ingin menurunkan budget liburan di negeri orang setidaknya kamu harus mempersiapkan segalanya dari jauh-jauh hari supaya tidak tertinggal info-info diskon atau penawaran-penawaran yang bisa menguntungkan. 

Nah, bagi kamu yang ingin segera traveling ke luar negeri, tapi masih bingung harus mulai dari mana. Simak beberapa tips jalan-jalan ke luar negeri dengan low budget bermanfaat untuk para travelers pemula. Semoga informasi ini bisa membuat perjalananmu lebih aman dan nyaman ya. Check it out !

  • Pilih Negara Bebas Visa

Sebelum mencari tiket pesawat dan akomodasi, hal paling mendasar yang harus dipersiapkan adalah dokumen-dokumen penting pendukung perjalanan seperti, KTP, Surat Izin Mengemudi (SIM)jika diperlukan, pasor, dan visa.

Untuk visa sendiri, dokumen yang satu ini nyatanya menghabiskan dana cukup besar dan proses yang memakan waktu lama, terlebih lagi banyak syarat yang harus dipenuhi agar pembuatan visa negara tujuan kamu diloloskan.

Bagi kamu yang tidak ingin direpotkan dengan visa, terlebih ingin lebih hemat biaya, pilihlah negara yang bebas visa untuk destinasi liburanmu. Negara-negara yang bebas visa bagi negara Indonesia yaitu, negara-negara ASEAN, Turki, Maroko, Suriname, India, Tanzania, dan masih banyak negara lainnya.

 

  • Berburu Tiket dan Hotel Promo 

Setelah terbebas dari dana pervisaan, berburu tiket pesawat dan hotel promo akan membantu biaya liburan ke luar negerimu berkurang. Keduanya cukup menguras dana sobat. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya kamu bisa memilih penerbangan malam dan maskapai penerbangan bertarif rendah seperti AirAsia, Lion Air, Norwegian, dan sebagainya.

Untuk lebih hematnya lagi, kamu juga perlu berburu promo penginapan yang sekiranya dekat dengan objek wisata yang akan dituju. Maka dari itu sering-seringlah mengecek beberapa layanan jasa traveling agar kamu tidak kelewatan info.

 

  • Siapkan Uang Cash Negara Tujuan

Sebelum bepergian ke luar negeri alangkah baiknya jika kamu menukarkan uang rupiah dengan mata uang negara yang akan menjadi destinasi liburanmu. Menyiapkan uang cash ini tentunya penting untuk menunjang kebutuhanmu selama di luar negeri dan juga mengantisipasi jika di sekitar tempat tujuanmu tidak banyak ditemukan mesin ATM.

Namun tetap, kamu harus membawa ATM supaya sewaktu-waktu bisa menarik uang jika uang cash tidak cukup. Lantas bagaimana cara menarik uang tunai di luar negeri? Dirangkum dari Kompas.com, pertama cari tahu ATM dari beberapa bank luar negeri yang bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) seperti ATM yang berlogo MasterCard, Vis, Plus, Cirrus, ATM Bersama, dan Prima. Jika tidak gunakan kartu ATM BCA karena pada umumnya bak yang satu ini berada di luar negeri.

 

  • Menguasai Dasar-dasar Bahasa Inggris

Sebagai bahasa Internasional, menguasai dasar-dasar bahasa Inggris sangatlah penting. Ketika kamu melancong ke negara manapun komunikasi adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan, apalagi jika kamu dalam kondisi mendesak seperti menanyakan alamat suatu tempat atau meminta bantuan yang lain.

Selain itu, penguasaan bahasa yang satu ini dapat membantu memperlancar komunikasimu jika sedang melakukan tawar menawar untuk membeli cinderamata. Apalagi jika negara yang dikunjungi adalah negara English-speaking country. Bagaimana, penting bukan?

Namun jika bukan negara yang menggunakan bahasa Inggris, seperti Cina, Korea, Jepang maka tidak ada salahnya jika kamu belajar bahasa mereka.

 

  • Akses Internet di Luar Negeri

Sebenarnya ada banyak cara agar kamu bisa update di media sosial ketika sedang berlibur di luar negeri. Cara yang pertama, yaitu membeli sim card di negara tujuan, biasanya harganya lebih murah sobat. Namun, tetap saja kamu harus tahu sim card mana yang memang murah dan jaringannya baik. 

Cara kedua, kamu bisa mencari sim card Indonesia yang support layanan roaming di luar negeri. Tapi kekurangan dari paket ini adalah biayanya yang cukup mahal dan akses internet yang terbatas. Terakhir, cobalah menggunakan wifi portable. Keuntungan dari pemakaian wifi portable ini adalah bisa digunakan untuk beberapa device sekaligus. Jika kamu traveling dengan keluarga besar mungkin wifi portable ini cocok untukmu.

Caranya, kamu hanya perlu menyewa wifi portable yang biasanya disediakan di bandara. Jadi, kamu tidak perlu setting sim card, kamu tinggal menghidupkan dan langsung bisa dinikmati layanannya.

 

  • Membawa Tumbler Minum

Membawa tumbler atau botol minum juga akan menghemat pengeluaran dibandingkan harus membeli minimal kemasan setiap kali merasa haus. Terutama bagi kamu yang akan traveling ke negara tropis atau saat musim panas.

Fyi, di beberapa negara tersedia air keran yang memang layak minum, sebut saja Singapura, Jepang, dam hamper semua di negara Eropa. Dengan membawa tumbler atau botol minum tentu sangat menghemat bujet bukan?

 

Bepergian di negeri orang tentunya ingin lancar tanpa masalah. Berbagai persiapan dari mulai budget hingga segala hal yang berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan juga harus diperhitungkan. Untuk melindungimu dari resiko perjalanan traveling kamu butuh proteksi ekstra.

Asuransi perjalanan merupakan solusi untuk kamu yang suka bepergian. Terdapat dua jenis asuransi yang bisa kamu pilih, yaitu Sinarmas travel overseas dan Tokio Marine,

Asuransi perjalanan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Sinarmas Travel Overseas dan Tokio Marine. Dengan Sinarmas Travel Overseas, kamu akan mendapatkan, ketidaknyamanan selama perjalanan, jaminan kecelakaan diri, hingga biaya pelayanan medis dan santunan. Selain itu, Simas travel overseas juga banyak pilihan untuk jaminan perluasannya. Ada TJH, biaya telepon darurat, , hingga santunan biaya rawat inap akibat COVID-19. 

Adapun produk Asuransi Jiwa Tokio Marine unggul karena memiliki limit tahunan sampai Rp1 miliar dan proteksi hingga usia 99 tahun. Cukup membayar mulai dari Rp 32.000, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai benefit dari travel insurance. Pihak asuransi akan menanggung apabila ada keterlambatan pemberangkatan dan bagasi, kehilangan barang pribadi, atau sakit karena perjalanan.

Segera miliki perlindungan untuk perjalanan tanpa rasa khawatir. Hemat hingga 10%-15% untuk pembelian proteksi perjalanan di Cekpremi, market online yang menyediakan banyak produk asuransi terdepan dan terpercaya di Indonesia.

Pertanyaan seputar liburan ke luar negeri

Apa itu visa luar negeri?

Visa adalah suatu dokumen yang menjadi alat bukti diijinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara. Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi pemohon.

Apa yang membuat permohonan visa ditolak?

Tujuan surat permohonan izin maupun visa tidak jelas. Masa berlaku paspor sudah expired atau kurang dari waktu yang ditentukan. Kurang persyaratan permohonan atau datang pendukung visa. Terjadi kesalahan input data atau salah memilih tempat tujuan pengambil visa.