Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatanmu

vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat familiar bagi seluruh orang. Karena banyak manfaat vitamin C yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

4 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Vitamin ini bisa kamu andalkan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan bagi kesehatan, yaitu:

1. Meningkatkan Daya Tahan Pada Tubuh

Kamu dapat mencegah penyakit seperti batuk dan pilek dengan mengkonsumsi vitamin C. Begitu juga ketika kamu sedang mengalami kelelahan atau sebelum melakukan kegiatan berat.

Vitamin C memiliki peran penting dalam penyerapan zat besi dari makanan. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu proses penyembuhan luka.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Jika kamu memiliki penyakit hipertensi, kamu dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Karena vitamin ini dapat membantumu untuk menurunkan tekanan darah.

Selain mengkonsumsi vitamin C, kamu dapat menurunkan asupan garam agar pengobatan hipertensi lebih optimal. Menurut jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, suplemen vitamin C dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

3. Mencegah Penyakit Asam Urat

Penyakit ini disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Kemudian penyakit ini dapat membentuk kristal yang ada pada persendian sehingga kamu akan merasa nyeri hingga bengkak.

Jika kamu mengkonsumsi suplemen vitamin C selama 30 hari, menurut penelitian akan dapat membuat kadar asam urat darah menurun secara drastis. Bahkan jika kamu rutin meminum suplemen vitamin C, risiko terkena penyakit ini akan rendah, lho.

4. Meminimalisir Risiko Terkena Penyakit Kronis

Penyakit kronis dapat berupa penyakit jantung, pengerasan pembuluh darah, bahkan kanker. Hal tersebut disebabkan karena kerusakan pada mutasi sel.

Vitamin C dapat berguna sebagai antioksidan alami yang dapat melindungi sel tubuh dari efek radikal bebas. Jika kamu rutin mengkonsumsi vitamin C, dapat berpotensi untuk meminimalisir risiko terkena penyakit kronis.

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, vitamin C juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Apa saja manfaatnya?

3 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Kulit Wajah

1. Memberikan Nutrisi Pada Wajah

Pada jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, menggunakan serum vitamin C pada kulit dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga kulit dapat menjadi lebih muda, bahkan efek kolagen dapat membantu menyembuhkan luka.

Manfaat utama vitamin C pada wajah yaitu dapat meningkatkan kolagen. Sehingga wajah akan mendapatkan nutrisi melalui vitamin ini.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat lain yang ada pada vitamin ini yaitu dapat menghambat jumlah melanin yang dihasilkan oleh sel pigmen kulit. Hal tersebut dapat membantumu untuk mencerahkan wajah.

Vitamin C dapat membantu mengurangi pigmentasi, sehingga dapat membantu memudarkan bintik hitam pada wajah. Jadi kulit wajah akan lebih cerah, sehingga tidak terlihat kusam lagi.

3. Melindungi Wajah dari Sinar Ultraviolet

Kamu dapat melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet jika menggunakan vitamin C yang dikombinasikan dengan tabir surya. Karena menurut Journal of The American Academy of Dermatology, penggabungan vitamin C dan bahan lainnya seperti asam ferulat dan vitamin E dapat berguna.

Kegunaannya yaitu dapat mengurangi kemerahan pada kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang. Seluruh permasalahan tersebut disebabkan oleh sinar ultraviolet atau sinar matahari yang berbahaya.

Mengkonsumsi vitamin secara rutin dengan pola makan yang bergizi dan olahraga rutin dapat membantu kamu terhindar dari penyakit. Namun tidak ada salahnya jika menggunakan asuransi kesehatan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Saat ini semakin beragam perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan yang dapat kamu pilih. Kamu dapat berkonsultasi dengan tim Cek Premi untuk pilihan asuransi terbaik yang memiliki layanan lengkap.

Pertanyaan Seputar Vitamin C

Banyak manfaat yang didapat oleh vitamin C, oleh karena itu banyak orang yang seringkali menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini terkait dengan vitamin C, yaitu:

Berapa kali dalam sehari mengkonsumsi vitamin C?

Bagi orang dewasa, 1-2 kali sehari dengan dosis 100-250 mg. Sedangkan untuk anak-anak 100-300 mg per hari yang dibagi menjadi beberapa dosis.

Apa boleh minum vitamin C saat perut kosong?

Tidak masalah mengkonsumsi saat perut kosong, namun jenis vitamin tersebut tidak bersifat asam, atau memiliki keasaman netral.