Backpacker atau Flashpacker? Mana yang Cocok Denganmu?

Jul - 24
2021
backpacker adalah

Backpacker atau Flashpacker? Mana yang Cocok Denganmu?

Travelling di zaman ini sudah menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan untuk melepas penat. Liburan memberikan banyak manfaat, seperti refreshing otak, recharge tenaga dan masih banyak lagi. Bahkan sudah banyak loh orang yang menjadikan travelling sebagai ladang pemasukan salah satu contohnya adalah profesi vlogger. Nah kebanyakan dari vlogger itu terbagi menjadi 2 kubu yaitu backpacker dan flashpacker. Apa sih maksud dari 2 istilah tadi? Simak penjelasan lengkapnya disini ya!

Ciri utama dari backpacker

Kalian bisa mengetahui apakah seseorang itu backpacker atau bukan dari ciri-ciri di bawah ini:

1. Budget minim

Ciri utama dari seorang backpacker adalah budget yang minim, intinya mereka ingin berlibur dengan dana seminim mungkin. Budget minim artinya para backpacker harus teliti dalam mencari moda transportasi, penginapan dan urusan makan pun mereka harus memperhitungkan dengan baik-baik.

2. Hemat adalah kuncinya

Dikarenakan budget yang minim, seorang backpacker pastinya harus mengatur pengeluaran uang dengan baik. Backpacker akan mencari tempat penginapan yang paling murah (biasanya losmen) dan makan pun mereka rela untuk makan di warung kecil. Untuk urusan tempat wisata backpacker akan sebisa mungkin mencari tempat wisata yang tiket masuknya gratis.

Baca juga: Budget Liburan Terbatas? Yuk Berwisata ke Dieng!

3. Lebih ramah kepada orang lain

Ciri lain dari seorang backpacker adalah sikapnya yang ramah. Hal ini disebabkan karena seorang backpacker banyak berinteraksi dengan orang untuk mendapatkan info. Contohnya adalah saat mencari penginapan, backpacker akan mengelilingi suatu wilayah sambil bertanya ke orang sekitar soal tempat menginap.

4. Apa adanya dan tidak keberatan dengan fasilitas yang terbatas

Seorang backpacker juga merupakan tipe orang yang cuek dan bisa menerima keadaan yang terbatas. Soal penginapan dengan fasilitas terbatas mereka pastinya sudah terbiasa. Makanan yang dijual di pinggiran pun mereka sudah biasa. Intinya backpacker itu adalah tipe orang yang tidak banyak menuntut!

Tips buat kalian yang tertarik menjadi backpacker

Nah jika kalian merasa cocok, ini adalah tips yang bisa kami berikan:

– Rajin lihat promo

Promo penginapan, promo kartu kredit atau promo kendaraan harus kalian pantau. Promo-promo seperti ini bisa kalian dapatkan informasinya dari online ataupun dari teman sesama backpacker.

– Ulet dalam mencari informasi penginapan yang murah

Sudah menjadi sebuah keharusan jika backpacker harus ulet dalam mencari informasi tentang akomodasi yang murah. Rajin-rajinlah untuk bertanya ke orang dan selain itu juga kalian bisa ikut komunitas backpacker yang ada di media sosial.

– Siapkan mental dan fisik

Budget yang terbatas membuat kegiatan yang kalian lakukan terbatas. Oleh karena itulah seorang backpacker harus siap mental dan fisik karena semua nya serba terbatas.

– Ikut komunitas

Hal ini merupakan hal paling penting yang harus dilakukan oleh kalian yang ingin menjadi backpacker baru. Melalui komunitas, kalian bisa tahu banyak informasi soal penginapan murah, tempat wisata yang menarik dan masih banyak lagi.

Ciri utama dari flashpacker

Jika sudah mengetahui apa saja ciri-ciri dari seorang backpacker, yuk simak tentang ciri-ciri flashpacker!

1. Budget lebih matang dan banyak

Meskipun para flashpacker berlibur secara mendadak, bukan berarti mereka tidak menyiapkan budget terlebih dahulu loh! Para flashpacker biasanya memiliki tabungan tersendiri yang khusus mereka siapkan untuk berlibur.

2. Mengutamakan kenyamanan

Mempunyai budget lebih, seorang flashpacker akan mengutamakan kenyamanannya saat berlibur. Sebisa mungkin mereka akan mencari tempat penginapan yang memiliki fasilitas lengkap dan urusan makanan pun mereka akan pilih-pilih.

Tips bagi kalian yang tertarik menjadi flashpacker

– Rajin menabung untuk dana liburan

Berhubung kegiatan berlibur yang dilakukan secara mendadak, seorang flashpacker harus menyiapkan dana lebih untuk menutupi biaya-biaya yang tidak terduga. Usahakan secara rutin kalian menabung khusus untuk budget liburan.

– Memiliki kartu kredit untuk keperluan travelling

Jika dana yang dimiliki tidak cukup, kalian bisa mengakaliya dengan kartu kredit. Namun tetap perlu kalian perhatikan pengeluarannya ya, usahakan agar tidak berlebih.

– Tetap perhatikan manajemen keuangan

Manajemen keuangan juga merupakan hal yang penting bagi flashpacker. Jika kemampuan manajemen keuangan buruk, bisa-bisa tagihan di bulan depan meledak karena keperluan travelling kalian.

 

Berikan proteksi perjalanan agar travelling lebih aman!

Pastikan sebelum kalian berpergian ke luar negeri untuk wisata, kalian sudah dilindungi oleh asuransi perjalanan! Dengan asuransi perjalanan tentunya perjalanan akan menjadi lebih aman dan terlindungi. Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi perjalanan hanya di Cekpremi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *