Manfaat Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Tahu

travel bubble

Saat liburan, kita ingin tubuh kita sehat dan siap melakukan banyak aktivitas. Manfaat asuransi perjalanan bisa menanggung risiko yang kita alami saat liburan.

Proteksi diri penting untuk dirimu supaya liburan tetap terasa aman dan nyaman. Rencana liburan lancar, kesehatan diri pun ikut aman.

Berikut ini manfaat asuransi perjalanan:

Pastinya kamu tidak mau saat sedang liburan malah jadi rusak karena kamu tiba-tiba sakit karena kelelahan dan harus dirawat. Apalagi jika kamu terpaksa dirawat di rumah sakit di negara tempat kamu sedang berlibur. 

Tentunya kamu akan berpikir seberapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk rawat inap ini? Bagaimana cara bayarnya?

Ketika kamu memiliki asuransi perjalanan, manfaat yang dapat dirasakan adalah kamu tidak perlu risau dengan masalah biayanya. Jika itu terjadi, perusahaan asuransi akan memberikan pertanggungan medis. 

Begitupun ketika kamu ingin membeli obat-obatan sesuai resep dokter, perusahaan akan menanggung biaya medis ketika kamu sedang di luar negeri.

Lainnya, ada pula asuransi yang menyediakan santunan harian untuk rawat inap di luar negeri.

  • Membantu Saat Keadaan Darurat 

Saat melakukan perjalanan, banyak sekali yang kita pikirkan termasuk apakah pulang saat liburan dalam keadaan sehat atau sudah tiada. Kita tidak ada yang tahu kapan musibah akan datang. Ada baiknya kamu bisa menyiapkan semuanya. 

Salah satunya dengan asuransi perjalanan. Manfaat lain yang bisa kita rasakan saat memiliki asuransi perjalanan yaitu  kehidupan kita bisa terjamin karena risiko perjalanan.  Terutama bagi mereka yang berperan sebagai pencari nafkah utama keluarga.

Pada kejadian risiko darurat, perusahaan asuransi akan memiliki beberapa opsi untuk melakukan tindakan seperti evaluasi medis pasien. Jika pasien sudah tidak dapat tertolong, maka akan ada proses pemulangan jenazah.

Cek polis perusahaan asuransi yang kamu beli, perhatikan ketentuan dan keuntungan yang kamu dapatkan jika melakukan perjalanan saat berlibur. 

Jika kamu masih terasa kebingungan, kamu harus segera telepon hotline asuransi yang dapat membantumu dengan cepat.

  • Kompensasi untuk Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Saat bepergian dengan transportasi umum, penundaan atau pembatalan perjalanan dapat terjadi kapan saja. Sebagai pengguna jasa travel atau perjalanan, tentunya hal ini merugikan kamu yang ingin sekali berlibur. 

Keuntungan asuransi perjalanan yang bisa kamu manfaatkan saat membeli  asuransi perjalanan adalah kamu bisa mendapatkan kompensasi dari pihak asuransi jika hal ini terjadi.

Misalnya, Anda ingin naik pesawat pulang, tetapi pesawat tiba-tiba berhenti terbang hari itu. Kamu sebagai pelanggan asuransi akan menerima kompensasi berupa gantirugi pembatalan atau keterlambatan pesawat. 

Bentuk ganti rugi yang ditawarkan bervariasi tergantung peraturan perusahaan asuransi. Jika Anda menderita kerugian sebagai akibatnya, jangan ragu untuk mengajukan klaim.

  • Kompensasi Bagasi Rusak atau Hilang

Jika kamu membaca ketentuan dan membeli polis yang sesuai saat melakukan perjalanan liburan, kamu bisa mendapatkan manfaat yang banyak salah satunya adalah jika kamu kehilangan bagasi.

Kamu yang ingin happy saat liburan dan mendengar kabar bahwa bagasi hilang atau rusak, sepertinya akan membuat mood kamu selama liburan akan jelek.

Kamu tidak perlu khawatir, jika kamu melihat ketentuan polis pihak asuransi yang kamu beli, kamu bisa mendapatkan kompensasi dari asuransi tersebut.

Saat melakukan  perjalanan, kamu juga mendapatkan santunan untuk kerusakan atau kehilangan bagasi, uang, hingga dokumen perjalanan

  • Santunan Ganda

Jika dalam perjalanan terjadi kecelakaan, pihak asuransi akan memberikan santunan ganda berupa pertanggungan ganti rugi kecelakaan dan pertanggungan jika mengalami kematian atau cacat total atau sebagian, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, kamu perlu nih mengikuti  asuransi perjalanan kemanapun kamu pergi agar terlindung dari hal yang tidak diinginkan.

  • Proteksi Rumah Ketika Ditinggal

Biasanya liburan tidak hanya semalaman saja, paling lama kamu akan berlibur selama seminggu hingga sebulan. Apalagi jika kamu berlibur ke luar negeri, kamu harus memanfaatkan kesempatan dan menggunakan visa sebaik mungkin.

Ketika berlibur dan rumah kamu ditinggal, beberapa  asuransi perjalanan ada juga yang  menawarkan fasilitas asuransi rumah. Asuransi ini berfungsi untuk memproteksi rumah yang ditinggal selama kamu bepergian.

 

Itu tadi manfaat asuransi perjalanan yang bisa kamu rasakan. Cekpremi juga punya tips, nih, untuk memilih asuransi perjalanan.

  • Pelajari negara yang akan dikunjungi dan ketentuan berlakunya asuransi yang dimiliki
  • Pelajari besarnya perlindungan untuk diri kamu yang diperoleh dari asuransi perjalanan
  • Perhatikan waktu perlindungan asuransi perjalanan yang dibeli
  • Kondisi apa saja yang akan dilindungi oleh asuransi perjalanan tersebut
  • Syarat riwayat sakit. Biasanya perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang sudah kamu alami sebelum asuransi perjalanan ini dimulai. Alangkah lebih baiknya, kamu perlu tau lebih dalam lagi terkait poin ini yang bisa jadi ada beberapa kondisi riwayat sakit yang dapat ditanggung oleh asuransi perjalanan

Adapun rekomendasi  asuransi perjalanan dari Cekpremi yaitu Zurich Travel Insurance untuk kamu yang suka jalan-jalan keluar negeri atau dalam negeri, harga yang terjangkau sangat cocok untuk kamu yang hobinya traveling. Untuk perlindungan ekstra dengan budget yang lebih besar, pilihan lainnya bisa jatuh kepada Tokio Marine  Travel Insurance.

Nah, Bagaimana? Apakah kamu sudah siap melakukan perjalanan liburan dengan asuransi perjalanan? Manfaat lain yang bisa kamu rasakan ada banyak. Jadi, kamu perlu perhatikan dengan seksama apa saja ketentuan atau keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika membeli polis tersebut.

Kamu juga bisa mencari asuransi perjalanan rekomendasi dari Cekpremi. Cek laman web Cekpremi untuk tahu asuransi perjalanan yang tepat saat kamu liburan nanti!

 

Pertanyaan seputar asuransi perjalanan

Apa yang dimaksud asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan atau travel insurance merupakan salah satu jenis asuransi yang menyediakan perlindungan bagi seseorang selama berada dalam perjalanan. Asuransi bisa menanggung beberapa kerugian seperti kehilangan bagasi, pertanggungan medis, kematian, dan lain-lain.

Apa saja jenis asuransi perjalanan?

Umumnya, asuransi perjalanan terdapat worldwide dan domestik. Asuransi perjalanan worldwide akan menanggung kamu selama berada di luar negeri. Sedangkan dengan asuransi domestik, perlindungan dirinya hanya saat liburan di wilayah domestik saja.