Lindungi Aset Penting dengan Asuransi Properti

Mar - 27
2021
pentingnya asuransi properti

Lindungi Aset Penting dengan Asuransi Properti

Memiliki asuransi termasuk ke dalam to-do-list dalam perencanaan keuangan. Mengapa penting? Asuransi dapat mencegah kerugian keuangan yang bisa timbul secara mendadak. Misalkan saat tiba-tiba sakit, kecelakaan, atau hal buruk lainnya. Kalau selama ini yang banyak diketahui orang adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau asuransi kendaraan, ada juga asuransi penting yang sebaiknya dimiliki, yaitu asuransi properti. 

Asuransi properti berfungsi untuk melindungi aset properti Anda, sehingga apabila terjadi kerusakan akan diganti kerugian keuangannya oleh pihak asuransi. Properti yang dimaksud adalah benda-benda tidak bergerak yang bernilai tinggi, seperti rumah, gedung, toko, gudang, dan lainnya. 

Mengapa Asuransi Properti Penting?

manfaat asuransi properti

Banyak yang menganggap asuransi ini tak terlalu penting untuk dimiliki. Padahal, tidak pernah ada yang tau resiko bencana yang bisa terjadi. Dengan memiliki asuransi properti, pemegang polis tentu akan lebih tenang, termasuk ketika meninggalkan rumah dalam waktu lama. Anda juga dapat menghindari untuk mengeluarkan uang secara besar dan tiba-tiba ketika mengalami bencana atau kerusakan.

Kemudian, nilai properti juga akan tetap stabil bahkan membuatnya lebih tinggi. Misalkan rumah atau bangunan terkena bencana, maka Anda tidak perlu khawatir nilainya akan turun karena asuransi memberikan jaminan nilainya tetap stabil dan Anda juga akan diberikan jaminan penuh atas kehilangan pendapatan dari properti tersebut. 

Jenis dan Cakupan Asuransi Properti

Secara umum, di Indonesia asuransi ini dibagi menjadi dua, yakni asuransi rumah dan asuransi bisnis.

Asuransi Rumah

Asuransi rumah adalah jenis dari asuransi standar yang dapat memberikan perlindungan terhadap rumah milik pribadi. Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) risiko yang ditanggung oleh asuransi rumah adalah kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat tebang, dan asap.

Akan tetapi, Anda bisa memperluas risiko cakupan dengan membayar premi tambahan. Jaminan resiko yang bisa ditambahkan antara lain kerusakan karena kerusuhan atau huru-hara, tanah longsor, badai atau angin topan, kecurian, dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Asuransi Bisnis

Asuransi ini memiliki peran yang hampir sama dengan asuransi rumah, akan tetapi untuk jenis properti yang dilindungi merupakan beberapa bangunan yang tercakup dalam suatu bisnis, seperti pabrik, toko, mal, dan kantor.

Sementara untuk asuransi bisnis, perluasan jaminannya juga beragam, seperti perlindungan atas perlengkapan yang ada di toko atau gudang, serta ada juga polis gangguan usaha atau business interruption dan berbagai produk lainnya.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Polis Asuransi Properti

asuransi bisnis asuransi rumah

Setelah mengetahui manfaat dan jenis dari asuransi properti, Anda juga harus mengetahui beberapa hal penting ini sebelum membeli polis asuransi, yaitu:

  • Risiko dasar apa saja yang ditanggung pihak asuransi
  • Perluasan jaminan risiko yang ditawarkan
  • Cara pengajuan klaim
  • Untuk risiko bencana alam, bencana apa saja yang termasuk dalam daftar yang ditanggung dan tidak ditanggung
  • Untuk asuransi yang juga menanggung harta benda di dalamnya, apa saja yang ditanggung
  • Besaran premi dan pilihan mekanisme pembayaran
  • Besaran uang pertanggungan
  • Hal-hal yang membuat yang pertanggungan tidak keluar
  • Waktu berlaku polis

Asuransi properti sangat penting untuk dimiliki karena akan membuat hidup Anda jauh lebih tenang. Rumah dan isinya dapat terlindungi dengan baik, Anda juga tidak perlu khawatir bisnis akan terganggu ketika terjadi kerusakan pada toko atau gudang. Semuanya akan terlindungi secara maksimal. Untuk mencari asuransi properti terbaik, Anda dapat mengunjungi cekpremi.com dan temukan beragam pilihan asuransi.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

asuransi properti cekpremi