Penting Diketahui Sebelum Mendorong Mobil Mogok, 5 Penyebab Ini Sering Disepelekan

Jul - 11
2021
mobil mogok

Penting Diketahui Sebelum Mendorong Mobil Mogok, 5 Penyebab Ini Sering Disepelekan

Perkara mobil mogok bisa jadi momok yang menghancurkan semua rencana. Kondisi mobil tidak mau menyala merupakan kondisi yang sangat menyusahkan, apalagi jika terjadi di waktu-waktu genting seperti hendak pergi ke kantor, meeting mendadak, atau hal-hal mendesak lainnya. Mobil mogok bisa membuat pengaturan waktu yang sudah kamu rencanakan menjadi berantakan. Jika mobil mogok di tengah jalan, biasanya kita bisa menggunakan kendaraan lain untuk menarik mobil atau bisa juga menggunakan jasa mobil derek. Namun jika berada di area yang tidak terjangkau fasilitas tersebut, apa yang bisa dilakukan? Ada beberapa cara mendorong mobil mogok agar tidak salah. Namun sebelum itu, kamu juga perlu mengetahui penyebab apa saja yang membuat mobil mogok.

Penyebab mobil mogok bisa bermacam-macam. Tidak hanya terjadi pada mobil lama, mobil baru pun bisa terkena mogok meskipun beberapa di antaranya tidak menunjukkan permasalahan saat dibawa berkendara. Beberapa ini penyebab mobil mogok yang sering disepelekan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

1. Aki Mobil

Aki merupakan bagian penting dalam kendaraan karena aki membuat mesin mobil Anda menjadi berfungsi dengan baik. Jika aki bermasalah, mesin akan sulit menyala. Hal inilah yang terjadi apabila mobil mogo karena aki bermasalah. Apabila hal ini terjadi, Anda harus menanganinya karena jika diteruskan bisa memicu kerusakan lain pada mesin mobil Anda.

2. Alternator yang Bermasalah

Selain aki, alternator yang tidak berfungsi dengan baik pun bisa menyebabkan mobil mogok. Fungsi alternator ini sebagai penyuplai listrik ke bagian aki mobil. Jika penyuplainya rusak, maka aki pun tidak bisa digunakan. Jangan lupa untuk mengecek kembali sparepart yang digunakan sebelum melakukan konsultasi perbaikan.

3. Dinamo Starter

Penyebab mobil mogok berikutnya adalah pada dinamo starter. Komponen dinamo starter berfungsi untuk memutar mesin pertama kali. Komponen ini memang jarang sekali mengalami kerusakan, akan tetapi jika dinamo starter sudah rusak karena usia pemakaian, mobil Anda akan cepat mogok. Anda tidak harus membeli dinamo starter jika komponen ini rusak, Anda bisa membawa ke bengkel dan mengecek apakah komponen ini masih bisa direparasi atau tidak.

4. Karburator Mobil

Karburator bisa menimbulkan masalah jika bahan bakar yang masuk ke dalam mobil terlalu sedikit. Sehingga menimbulkan pembakaran yang tidak sempurna dan menyebabkan permasalahan lainnya.

5. Overheat

Selain ke 4 penyebab mobil mogok di atas, ternyata overheat juga bisa menyebabkan mobil Anda mogok. Hal ini bisa terjadi karena pemilik mobil lupa mengecek air radiator. Jika air radiator kurang atau habis, jangan heran jika Anda mengalami masalah ini. Tidak adanya pendinginan yang cukup untuk menjaga suhu mesin mobil akan berakibat fatal pada komponen mesin mobil Anda.

Mendorong mobil mogok juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Apabila tidak sesuai prosedur, bisa jadi mobil Anda justru menjadi penyok dan harus mendapatan pengalaman lainnya. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendorong mobil mogok karena aki habis.

Cara Untuk Mendorong Mobil Mogok Karena Aki Habis

mendorong mobil mogok

Kejadian mogok sering kali disebabkan oleh oli yang rembes atau aki habis. Untuk memperbaikinya ada dua cara yang bisa diterapkan di masing-masing yakni langkah yang harus dilakukan pada kondisi transmisi normal dan mobil bertansmisi matic.

Mobil Transmisi Normal atau Manual

  • Siapkan jarak yang cukup di depan mobil yang mogok
  • Masukkan kunci mobil, dan putar pada posisi hidup
  • Masukkan gigi mobil ke gigi 2 (jika mobil yang mogok tipe sedan, mungkin gigi 1 akan cukup)
  • Tekan pedal kopling agar mobil yang mogok bisa didorong
  • Tahan pedal kopling sambil mulai mendorong mobil
  • Setelah cukup kencang, lepas pedal kopling
  • Tekan pegal gas secukupnya
  • Jika masih belum hidup, coba lagi step nomer 4-7

Mobil Transmisi Otomatis atau Matic

  • Jangan mencoba mendorong mobil yang mogok dengan transmisi otomatis karena justru akan merusak mobil tersebut
  • Bawa mobil yang mogok ke bengkel, atau panggil montir untuk memperbaiki aki yang bermasalah.

Itulah cara mendorong mobil mogok karena aki habis sehingga hasil dorongan tidak menimbulkan penyok. Semoga cara-cara di atas membuat Anda semakin tahu dan paham apa yang harus dilakukan ketika mobil mogok. Untuk melindungi mobil Anda dari beberapa risiko yang mungkin terjadi di masa depan, ada baiknya Anda melindungi dengan memberikan asuransi mobil yang memiliki banyak manfaat. Dapatkan tawaran menariknya melalui Cekpremi.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *