Poros Engkol, Apa Fungsinya dan Apa Saja Bagiannya?

Sep - 16
2021
fungsi poros engkol

Poros Engkol, Apa Fungsinya dan Apa Saja Bagiannya?

Poros engkol merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam suatu mobil. Berhubung poros engkol merupakan bagian krusial, maka penting bagi kalian para pemilik mobil untuk mengetahui apa sih fungsi poros engkol dan apa saja bagian dari poros engkol. Yuk simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

Fungsi poros engkol

Sesuai dengan inti topik pembahasan pada artikel ini, mari kita langsung membahas mengenai fungsi dari poros engkol:

1. Sebagai penggerak piston

Piston yang bisa bergerak naik turun itu adalah berkat poros engkol. Gerakan naik turun dari piston ini akan membuat flywheel bekerja dengan optimal.

2. Menggerakan mobil

Tanpa adanya poros engkol mobil tidak akan bisa bergerak. Hal itu dikarenakan poros engkol memegang peranan penting agar setiap komponen pada mobil dapat bekerja secara optimal.

Baca juga: Pengertian Overhaul Mesin, Kapan Sebaiknya Overhaul Dilakukan?

3. Memperlancar proses transmisi pada mobil

Nah berhubung poros engkol sangat erat hubungannya dengan piston, tentunya dengan ada poros engkol proses transmisi pada mobil bisa berjalan lebih lancar.

Apa saja bagian dari poros engkol?

1. Main Journal

Komponen dari poros engkol satu ini langsung terhubung ke silinder mesin mobil. Lubang oli dan main bearing terdapat pada bagian main journal. Lubang oli berguna untuk melumasi bagian main journal agar pergesekan lebih lancar.

Baca juga: Pernah Mendengar Istilah Turun Mesin Pada Kendaraan? Ini Penyebabnya!

2. Crank Pin Journal

Berhubungan langsung dengan batang piston, di bagian komponen satu ini juga terdapat lubang oli yang berguna untuk melindungi komponen ini dari gesekan dengan batang piston.

3. Crank Pin Oil Hole

Terdapat di antara main journal dan crank pin journal fungsi komponen satu ini adalah untuk melumasi bagian tersebut.

4. Crank Arm

Merupakan penghubung antara crank journal dan crank pin. Fungsi komponen ini cukup krusial mengingat tanpa adanya komponen ini tidak mungkin poros engkol dapat bekerja dengan baik.

5. Counter Weight

Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk menyeimbangkan poros engkol yang berputar. Dengan adanya komponen ini beban kerja dari poros engkol akan menjadi lebih seimbang.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil murah

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi