Mesin Diesel, Kelebihan dan Kekurangannya

mesin diesel

Artikel ini membahas tentang mesin diesel. Mesin bensin dan mesin diesel merupakan jenis mesin yang paling sering digunakan. Di Indonesia, kendaraan penumpang umumnya menggunakan mesin bensin, sedangkan kendaraan komersial biasanya menggunakan mesin diesel. Perbedaan paling mendasar dari mesin diesel dibanding mesin bensin adalah komponen atau pemicu ledakan di ruang bakar. Ledakan pada mesin bensin terjadi karena kombinasi antara busi, udara, dan bahan bakar. Di sisi lain, ledakan mesin diesel menggunakan tekanan atau kompresi udara. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan mesin diesel yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan Mesin Diesel

  • Ekonomis

Mobil diesel mengkonsumsi bahan bakar yang lebih sedikit dibanding mesin bensin. Pada umumnya, mesin diesel punya rasio kompresi yang lebih tinggi daripada mesin bensin. Kemudian, harga bahan bakarnya juga relatif lebih murah. Kini, mesin bensin memerlukan sistem injeksi bahan bakar dan busi yang canggih, hingga ECU. Namun, mesin diesel lebih sederhana sehingga perawatannya pun lebih mudah dan murah.

  • Keperluan Perawatan Lebih Sedikit

Meskipun masih menggunakan mesin pembakaran internal, cara kerja pembangkit tenaga diesel sangat berbeda dari mesin bensin sehingga mengurangi perawatan dan meningkatkan umur mesin. Perbedaan utama adalah mesin diesel menggunakan udara panas terkompresi untuk menyalakan bahan bakar. Mekanisme tersebut mengurangi jumlah potensi kegagalan listrik sehingga rentang waktu pemeliharaan yang dibutuhkan juga lebih lama.

  • Risiko Kebakaran Lebih Rendah

Titik nyala mesin diesel lebih tinggi daripada bensin, sehingga kemungkinan bahan bakar menyala saat terjadi kecelakaan lebih rendah.

  • Torsi Lebih Besar

Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam. Mesin diesel memiliki pembakaran bahan bakar yang lambat dan kompresi tinggi. Dampaknya, mesin diesel menghasilkan torsi yang lebih besar daripada mesin lainnya. Torsi identik dengan kemampuan untuk menarik beban dan berakselerasi. Itulah mengapa umumnya truk besar menggunakan mesin diesel.

Asuransi Mobil

Kekurangan Mesin Diesel

  • Bising

Mesin bensin Sebagian besar suaranya berasal dari knalpot atau sistem pembuangan, sedangkan pada mesin Diesel kebisingan berasal dari mesin itu sendiri.

  • Performa Lamban di Iklim Dingin

Selama cuaca dingin, mesin diesel punya kecenderungan membentuk gel. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, biasanya dipasang pemanas blok mesin. Jika digunakan di daerah yang lebih hangat, mobil diesel akan lebih hemat bahan bakar.

  • Mahal

Mesin diesel memakan biaya produksi yang lebih mahal daripada mesin bensin. Hal ini karena material mesin diesel lebih kuat. Penggunaan material yang lebih kuat harus dilakukan karena mesin diesel punya kompresi yang lebih tinggi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mesin diesel. Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp 35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Mesin Diesel

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa bedanya mesin diesel dan mesin bensin?” answer-0=”Mesin diesel adalah jenis mesin mobil yang menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, sedangkan mesin bensin menggunakan gasoline (bensin). Pada mesin diesel, udara dikompresi sehingga menghasilkan panas, kemudian bahan bakar disuntikkan dan terbakar karena panas dari udara yang terkompres. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Bagaimana cara kerja mesin diesel?” answer-1=”Cara kerja mesin diesel yang pertama adalah fase hisap. Sistem kerja mesin diesel pada fase ini adalah dengan masuknya udara ke dalam ruang bakar yang melalui bagian katup. Pada fase ini, piston bergerak dari TDC (Top Dead Center) ke BDC (Bottom Dead Center) untuk menghasilkan pembesaran volume pada ruang silinder.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]