Cara Merawat Jok Kulit Mobil agar Tampil Kinclong dan Awet

cara merawat jok kulit mobil

Jok mobil yang kotor tentu akan mengurangi kenyamanan pemakaian dan penampilan. Sebagai pemilik mobil, Anda perlu tahu cara merawat jok kulit mobil yang benar agar tampilan indahnya tetap awet.

Perawatan yang rutin akan membuat jok tetap bersih dan bisa bertahan lebih lama. Tidak harus pergi ke salon mobil, perawatan jok bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk menghemat biaya.

Cara Merawat Jok Kulit Mobil yang Perlu Dilakukan Rutin

Jok mobil yang terbuat dari kulit sangat sensitif dan membutuhkan perawatan super ekstra. Terutama bagi Anda yang berkendara dengan anak-anak, makanan atau minuman yang tumpah, coretan dari pensil atau bolpoin harus segera dibersihkan.

Sayangnya banyak pemilik mobil yang tidak sadar bahwa sedikit saja kotoran bisa berdampak besar pada tampilan dan kualitas kulit jok. Demi mendapatkan tampilan selalu indah, beberapa perawatan rutin ini harus dilakukan.

Hindari Parkir di Tempat Terbuka tanpa Kaca Film

Memperhatikan lokasi parkir jadi bagian perawatan jok. Pasalnya warna kulit pada jok akan mudah pudar karena terlalu sering terkena sinar matahari. Sinar UV akan membuat jok kusam, oleh karena itu Anda sebaiknya tidak parkir di area yang terbuka saat siang hari.

Apalagi jika kaca mobil Anda tidak memiliki lapisan kaca film yang tingkat gelapnya cukup tinggi. Apabila terpaksa karena kondisi mobil harus diparkir di tempat terbuka, sebaiknya lapisi dulu kaca mobil dengan kaca film minimal tingkat gelapnya 40% pada bagian kaca depan dan 70% untuk kaca samping dan belakang.

Mengelap Setiap Hari

Cara merawat jok kulit mobil yang selanjutnya ini bisa Anda lakukan saat sedang memanaskan mobil di pagi hari. Anda perlu mengelap jok mobil setiap hari menggunakan kain halus. Fokus pada area lipatan jok yang mana sering menjadi tempat debu berkumpul.

Mengapa setiap hari? Karena baik mobil yang digunakan atau tidak debu pasti akan menempel setiap harinya. Khususnya jika Anda jarang menggunakan AC, maka debu dari luar akan mudah masuk.

Manfaatkan Pembersih Sesuai Jenis Kulit Jok

Jok mobil tidak selalu menggunakan lapisan kulit asli. Ada yang menggunakan lapisan kulit sintetis namun ada juga yang berupa kain. Masing-masing kulit ini membutuhkan penanganan yang berbeda, Anda harus menggunakan jenis pembersih yang sesuai.

Misalnya saja untuk kulit sintetis tidak masalah jika Anda membersihkan kotoran atau cairan dengan shampo atau sabun bayi yang lembut. Namun untuk jok dari kulit asli tidak boleh menggunakannya. Anda hanya diperbolehkan menggunakan bahan poles khusus kulit yang biasanya berbentuk pasta.

Membersihkan dengan Kain atau Sikat Gigi Halus

Seringkali ada kotoran yang sulit dihilangkan karena Anda lupa membersihkannya. Saat membersihkannya Anda wajib menggunakan kain atau sikat gigi yang halus serta lembut. Tujuannya supaya jok mobil tidak rusak karena bahan kasar yang mudah menimbulkan goresan.

Ketika menggosok atau menyikat sebaiknya lakukan dengan hati-hati pula supaya warna jok tidak pudar. Jangan paksa kotoran keras yang menempel dengan sikat, Anda bisa menambahkan pembersih untuk membuatnya lunak baru menggosok atau menyikat.

Menghindari Kebiasaan Buruk di Mobil

Cara merawat jok kulit mobil bukan hanya soal cara membersihkan namun juga menghilangkan kebiasaan buruk saat berkendara. Mulai dari merokok di dalam mobil yang bisa membuat warna jok dan interior mobil lainnya menjadi kotor. Kabin juga akan memiliki bau yang tidak sedap.

Hindari juga untuk makan dan minum di dalam mobil. Remah-remah makanan bisa mengotori jok dan cairan seperti saus atau minuman akan sulit dibersihkan. Terakhir, Anda sebaiknya tidak meletakkan brosur sembarangan karena tulisan pada dokumen akan mudah transfer ke permukaan jok.

Baca juga: Mudah! Begini 5 Cara Merawat Mesin Mobil untuk Pemula

Tips Membersihkan Jok Mobil Sesuai Jenis Kulit

Setiap hari harus mengelap jok mobil dan jika ada kotoran Anda harus segera membersihkannya. Namun setiap jenis kulit jok membutuhkan perlakuan berbeda-beda. Anda tidak bisa menggunakan cairan atau alat pembersih yang sama.

Mempermudah cara merawat jok kulit mobil Anda di rumah, beberapa tips membersihkan sesuai jenis kulit ini bisa dengan mudah diikuti:

Jok dengan Kulit Asli

Terkenal paling sensitif dan membutuhkan perawatan yang teliti. Saat jok kulit kotor, Anda bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner untuk mengangkat debu. Kemudian Anda bisa mengelap menggunakan kanebo yang lembab.

Sesuai cara merawat jok kulit mobil untuk kulit asli, baru setelahnya Anda bisa menyemprotkan pembersih khusus. Jika ada kotoran yang mengeras bisa gunakan sikat gigi halus untuk mengangkatnya. Baru setelah itu angkat dengan kain lap yang kering.

Anda juga harus rutin untuk menjaga kelembaban jok kulit asli dengan memolesnya. Dilakukan pemolesan minimal 2 bulan sekali agar tampilannya tetap kinclong.

Jok dengan Kulit Sintetis

Jenis lapisan jok yang paling banyak digunakan, cara membersihkan jok mobil kulit sintetis juga terkenal mudah. Anda bisa menggunakan jenis pembersih jok mobil kulit dan sintetis seperti shampo atau pembersih kaca. Hindari saja penggunaan alkohol apalagi detergen.

Saat membersihkan Anda juga bisa menggunakan sikat gigi atau kain lap yang halus. Semprotkan dulu pada kotoran yang mengering kemudian sikat dan lap menggunakan kain kering. Kulit sintetis tidak perlu

Jok dengan Kulit Kain

Mudah menyerap air dan berbau jika tidak dibersihkan, Anda perlu menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap semua debu. Baru setelah itu semprotkan menggunakan cairan pembersih di area yang kotor saja.

Pakai sikat gigi dan sikat searah untuk membersihkannya. Saat selesai pakai hairdryer untuk mengeringkan jok agar tidak berbau. Jika perlu lepaskan jok kain kemudian jemur agar kering sempurna.

Ikuti cara merawat jok kulit mobil yang benar dan menyesuaikan dengan jenis kulit jok yang Anda miliki. Perawatannya akan membuat kabin tetap bersih serta nyaman digunakan. Lebih nyaman lagi jika Anda melengkapi mobil dengan asuransi mobil agar tidak khawatir lagi dengan keuangan ketika terjadi kerusakan.

Kini Anda bisa memilih asuransi mobil yang sesuai melalui Cekpremi. Pada laman Cekpremi Anda bisa menemukan dan membandingkan sendiri produk-produk asuransi yang tersedia di Indonesia. Pengecekkannya gratis, yuk akses Cekpremi sekarang.

Sumber:

Nissan