Mesin Mobil Pincang saat RPM Rendah, Berikut Penyebabnya

mesin mobil pincang

Artikel ini membahas tentang mesin mobil pincang saat RPM rendah. Salah satu gejala yang paling menjengkelkan pada mobil sebelum melakukan perjalanan adalah timbulnya getaran di bagian mesin saat RPM rendah. Agar bisa diatasi dengan tepat, kamu perlu mengetahui beberapa penyebabnya sebagai berikut.

Asuransi Mobil 

Penyebab Mesin Mobil Pincang saat RPM Rendah

  • Injektor Bermasalah

Injektor sendiri memiliki peran untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam silinder agar tercampur dengan udara dan terjadilah proses pembakaran mesin. Injektor yang bermasalah dapat membuat mobil kalian terasa pincang saat idling.

  • Kompresi Bermasalah

Kini, mesin injeksi membutuhkan kompresi pada silinder berkisar di antara 10 hingga 12 kpa. Jika ada satu silinder yang kompresinya di bawah 10 kpa, maka mesin kendaraan akan terasa bergetar ketika dinyalakan.

  • Busi Mati

Busi yang mati paling sering menyebabkan mesin bergetar saat RPM rendah. Untuk mengecek busi, kamu dapat membuka seluruh busi yang ada dan melihat bagian ujung kepalanya. Jika ada basah bahan bakar di ujung kepala busi, maka dipastikan busi tersebut mati.

  • Koil Rusak 

Rusaknya koil pada kendaraan yang masih menggunakan tipe koil on plug juga dapat menyebabkan mesin mobil pincang. Jika koil ini rusak, melemah, atau mati maka kendaraan mobil menjadi bergetar ketika dikendarai. 

  • ECU (Engine Control Unit) Bermasalah

ECU berfungsi mengatur sistem pengapian dan injeksi bahan bakar. Ketika ECU bermasalah, maka sistem yang diaturnya bisa gagal atau berhenti total. Misalnya, hilangnya arus ke koil atau terhentinya arus listrik ke salah satu injektor. 

  • Karet Engine Mounting Pecah

Karet engine mounting berguna untuk meredam getaran yang dihasilkan mesin. Kondisi karet bisa saja rusak atau pecah seiring pemakaian mobil. Getaran mesin akan semakin terasa jika karet engine mounting sudah pecah. Hal ini menjadi salah satu faktor mobil pincang saat RPM rendah. 

  • Propeller Shaft Sudah Tidak Seimbang

Propeller Shaft berguna untuk menghubungkan putaran mesin dengan roda penggerak. Komponen ini bisa tidak seimbang yang berdampak pada munculnya getaran ketika RPM rendah. 

  • Sambungan Propeller Aus

Sambungan propeller dapat mengalami kondisi aus sehingga harus segera diganti. Masalah ini bisa muncul akibat penggunaan mobil yang kasar dan minimnya perawatan.

  • Batang Piston Bengkok 

Batang piston bengkok sebenarnya jarang terjadi. Namun, kamu bisa merasakan mobil bergetar waktu batang piston bengkok karena mempengaruhi proses pembakaran mobil. Volume silinder juga dapat membesar. Batang piston bengkok bisa disebabkan karena intake manifold kemasukan air ketika kamu memaksa menerjang banjir.

  • Kampas Kopling Aus

Kampas kopling aus dapat menyebabkan mesin mobil pincang. Namun, jika getaran selalu terasa di gigi 4 dan 5, maka kamu harus segera membawa mobil ke bengkel terdekat. Pastikan kamu melakukan penggantian kampas kopling secara berkala untuk mengatasi masalah ini. 

Itulah beberapa penyebab mesin mobil pincang saat RPM rendah. Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp 35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun. 

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant. 

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Mobil Pincang saat RPM Rendah

Mesin pincang seperti apa?

Mesin pincang adalah sebuah istilah yang disematkan untuk kondisi mesin mengalami getaran berulang secara periodik. Penyebab mesin pincang pada mobil injeksi adalah kegagalan satu atau sebagian silinder mesin dalam menghasilkan tenaga. Umumnya, getaran terasa sangat kencang saat mesin dalam posisi putaran idling.

Apa penyebab mesin mobil bergetar saat RPM rendah?

Penyebab mobil bergetar saat RPM rendah lainnya adalah karena komponen internal mesin yang di-setting kurang tepat. Contohnya pada beberapa bagian silinder yang kompresinya hilang atau ada yang bocor. Kebocoran juga bisa terjadi pada koil sehingga memicu getaran tidak wajar pada bodi mobil.