Daftar Mobil yang Cocok Pakai Pertalite

pertalite

Tahukah kamu ternyata tidak semua mobil cocok menggunakan pertalite sebagai bahan bakarnya loh. Berikut akan dijelaskan daftar mobil yang cocok pakai Pertalite.

Mobil yang cocok pakai pertalite harus diselaraskan dengan kompresi mesin. Jadi tidak semua mobil layak menggunakan pertalite sebagai bahan bakar. Pada saat ini Pertalite memiliki Research Octane Number (RON) sebesar 90. Angka tersebut menunjukkan bahwa seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang mesin.

Ternyata penggunaan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi, akan berdampak pada pembakaran di ruang mesin menjadi lebih sempurna. Selain berdampak pada proses pembakaran, ternyata penggunaan bahan bakar sesuai rekomendasi juga bisa membuat komponen mesin menjadi lebih awet.

Dengan begitu, RON 90 yang dimiliki Pertalite akan menjadi lebih bermanfaat jika diberikan kepada kendaraan yang sesuai. Terutama sesuai dengan kompresi mesinnya. Mobil yang cocok memakai Pertalite adalah mobil yang memiliki mesin kompresi sebesar sembilan sampai sepuluh. Jika mobil kamu memiliki kompresi sebesar sepuluh sampai sebelas, maka lebih cocok memakai Pertamax atau RON 92. Sementara itu, jika mobil memiliki rasio sebelas sampai dua belas cocok memakai bahan bakar yang memiliki RON 95.

Jika kamu tidak memakai bahan bakar yang sesuai dengan kompresi, maka akan berakibat pada penurunan performa seperti, tarikan mesin yang lambat, bahan bakar menjadi boros serta ngelitik pada mesin.

Lalu bagaimana caranya kamu mengetahui besar kompresi mesin mobilmu?

Tidak usah khawatir, kamu bisa melihatnya pada buku manual yang diberikan dealer pada saat kamu membeli mobil. Pada buku tersebut kamu bisa tahu bahan bakar apa yang cocok dipakai mobil kesayanganmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan informasi spesifikasi dari situs resmi distributor mobil yang ada di Indonesia.

Daftar Mobil yang Cocok Memakai Pertalite

Karena tidak semua mobil bisa memakai Pertalite sebagai bahan bakar, berikut mobil-mobil yang kompresi mesinnya cocok memakai Pertalite. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Honda Mobilio

Sebenarnya Honda mobilio cocok memakai bahan bakar yang memiliki RON 92 yaitu Pertamax. Namun, Honda mobilio masih bisa menggunakan Pertalite karena besar kompresi mesinnya adalah 10,3 : 1.

2. Toyota Avanza

Jika mobil Toyota Avanza kamu varian 2019 ke atas, maka lebih cocok memakai Pertamax. Namun, jika Toyota Avanza varian 2019 lama masih boleh memakai Pertalite.

3. Toyota Agya

Toyota Agya masih bisa menggunakan BBM dengan RON 90 atau Pertalite bahkan RON 89 atau Premium.

4. Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova yang varian 2016 masih cocok memakai bahan bakar yang memiliki RON 90 atau Pertalite.

5. Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max disarankan untuk menggunakan jenis bahan bakar yang memiliki RON 90. Hal tersebut karena, mobil ini memiliki kompresi 10,0:1. Jadi masih layak memakai bahan bakar Pertalite.

6. Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2017

Toyota Rush dan Daihatsu Terios produksi 2017 berbagi mesin yang sama yakni 3SZ-VE. Mesin yang masih single VVT-I ini memiliki rasio kompresi 10,0:1. Jadi masih layak memakai bahan bakar yang memiliki RON 90 atau Pertalite.

7. Suzuki New Carry Pick Up

Mobil ini masih bisa memakai bahan bakar yang memiliki RON 90 atau Pertalite.

8. Suzuki APV

Sama halnya seperti Suzuki New Carry Pick Up. APV juga bisa memakai bahan bakar yang memiliki RON 90 atau Pertalite.

9. Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia memiliki mesin yang mirip dengan Toyota Avanza, begitu juga dengan kompresi mesinnya. Oleh karena itu, mobil ini bisa memakai bahan bakar yang memiliki RON 90 atau Pertalite.

10. Toyota Yaris

Berhubung Toyota Yaris memiliki kompresi mesin 10,5 : 1, maka mobil ini masih bisa memakai bahan bakar yang memiliki RON 90 atau Pertalite.

Demikian mobil-mobil yang cocok memakai bahan bakar yang memiliki RON 90 atau Pertalite. Perlu diingat jika mesin mobilmu ingin awet, maka pakailah bahan bakar sesuai dengan kompresi mesin. Agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Meski nantinya benar diizinkan oleh Pemerintah mengisi Pertalite, pemilik harus tetap memeriksa spesifikasi mesin mobil. Di antaranya memastikan rasio kompresi mesin pas dengan jika menggunakan Pertalite. Jangan sampai, mobil yang seharusnya menggunakan RON 92 sekelas Pertamax justru diisi dengan bahan bakar subsidi yang memiliki RON 90 seperti Pertalite.

Bagaimana apakah kamu sudah paham tentang mobil yang cocok memakai bahan bakar Pertalite? Yuk, gunakan bahan bakar yang sesuai dengan kompresi mesin mobil.

Untuk menjaga mobil tidak hanya memakai bahan bakar yang sesuai, tetapi juga melakukan perlindungan dengan mendaftar asuransi mobil.

Kamu tidak perlu bingung mencari asuransi mobil yang aman dan terpercaya, cukup kunjungi laman cekpremi. Disana terdapat banyak mitra asuransi aman dan terpercaya yang bekerjasama.

Segera dapatkan asuransi mobil aman dan terpercaya serta perolehlah cashback terbaik.

Pertanyaan Seputar Mobil yang Cocok Pakai Pertalite

Berikut pertanyaan seputar mobil-mobil yang cocok pakai Pertalite yang sering ditanyakan.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Berapa kompresi yang cocok pakai Pertalite?” answer-0=”Dari spesifikasi, Pertalite memiliki nilai oktan 90 yang bisa digunakan untuk rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Bahan bakar apa yang dipakai mobil dengan kompresi mesin 10?” answer-1=”Saat mengisi bahan bakar kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan pertamax. BBM ini merupakan nama lain dari oktan 92. Jika kendaraan kamu memiliki rasio kompresi 10:1 sampai 11:1, pertamax dapat digunakan untuk mengoptimalkan kendaraan kamu. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]