Begini Cara Memperbaiki Reclining Jok Mobil Agar Nyaman Saat Berkendara

Jul - 08
2021
Cara Memperbaiki Reclining Jok Mobil

Begini Cara Memperbaiki Reclining Jok Mobil Agar Nyaman Saat Berkendara

Jok atau tempat duduk adalah komponen esensial yang penting sekali untuk diperhatikan namun sering kali terabaikan. Komponen mobil ini memang bukan merupakan komponen yang butuh perawatan rutin tertentu, namun apabila jok diatur dan dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin akan menambah kenyamanan Anda dalam berkendara. Terlebih jika Anda tau cara memperbaiki reclining jok mobil. 

Setiap mobil memiliki mekanisme pengaturan jok yang tepat agar sesuai dengan postur tubuh pengemudi. Meksipun sering disepelekan, mekanisme kerja jok mobil tetap harus diperhatikan dan dirawat untuk memberikan posisi berkendara yang ideal.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Pengaturan jok mobil berperan sangat penting terutama untuk pengemudi. Pengaturan maju-mundurnya jok atau sliding contohnya agar dapat memberi ruang yang ideal untuk kaki pengemudi. Tentu ini sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara bukan? Selain itu sudur sandaran atau reclining. Posisi sudut sandaran punggung serta ketinggian jok bangku pengemudi juga mempengaruhi postur tubuh pengemudi dan ini akan mempengaruhi kesehatan terutama untuk tulang punggung dan leher.

Kerusakan pada jok mobil biasanya karena kesalahan pemakaian. Pengaturan yang kasar juga dapat membuat roda komponen pengunci macet dan rusak. Untuk melakukan perawatan pada jok mobil, berikut ini adalah tips dan cara memperbaiki reclining jok mobil yang penting untuk Anda terapkan.

 

Tips dan Cara Memperbaiki Reclining Jok Mobil

jok mobil nyaman

Secara umum kerusakan pada jok mobil terjadi karena kesalahan selama pemakaian. Untuk itu, sangat dianjurkan terutama untuk jok mobil yang menggunakan pengaturan mekanis agar melakukan perubahan sudut sandaran duduk atau reclining dan pengaturan posisi jok mobil atau sliding ini dengan tepat. Selain sebagai bentuk perawatan terhadap fungsi kerja setiap komponen yang ada, hal ini juga pasti dapat memperpanjang usia komponen. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan selama proses reclining dan sliding jok mobil.

Pastikan Menarik Tuas Pengunci Secara Penuh

Pada reclining mekanis, terdapat roda gigi dan komponen pengunci. Jadi ketika ingin mengubah posisi sudut sandaran (Reclining) dan menarik tuas untuk merelease pengunci sandaran, sebaiknya dilakukan secara penuh atau tidak setengah-setengah. Tuas harus ditarik secara penuh terlebih dahulu baru bisa melakukan pengaturan jok mobil sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Tips dan Cara Membersihkan Jok Kulit dari Noda dan Jamur

Lakukan Sliding Secara Halus 

Sama halnya dengan mekanisme yang harus dilakukan saat reclining, saat henda melakukan sliding, Anda juga harus memastikan tuas ditarik secara penuh. Kemudian lakukan proses memaju dan mundurkan jok dengan halus atau tidak kasar. Kedua hal ini tentu saja untuk mencegah gesekan antar-komponen dan menghindari kerusakan ringan komponen akibat gesekan.

Letakkan Barang-Barang Secara Terkoordinasi

Tak hanya itu, kebersihan kabin terutama bagian kolong jok juga menjadi faktor penting. Ini penting dilakukan untuk mencegah benda asing masuk ke dalam rel sliding jok. Hal ini bisa dilakukan dengan meletakkan barang dengan lebih terkoordinasi. Misalnya agar tidak sering meninggalkan sandal di bawah jok karena tidak menutup kemungkinan posisinya berubah dan menyangkut di lintasan rel.

Gunakan Cairan Anti Karat

Lalu untuk menjaga komponen mekanisme jok tetap terjaga, Anda juga bisa menyemprotkan cairan anti karat pada bagian rel atau engsel di bagian reclining. Penyemporan ini sebaiknya dilakukan secukupnya saja. 

Itu tadi tips dan cara memperbaiki reclining jok mobil. Setiap komponen mobil sekecil apapun pasti memiliki fungsi fital dalam memberikan keamanan maupun kenyamanan sehingga perlu memberikan perawatan pada setiap komponen yang ada. Selain itu, untuk mencegah munculkan kerugian akibat kerusakan tidak terduga, Anda dapat menambahkan fitur asuransi kendaraan pada mobil Anda. Cus! Segera klik cekpremi.com untuk mendapatkan tawaran menariknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *