Pengertian dan Manfaat Tidur Berkualitas

tidur

Manfaat tidur berkualitas itu sangat banyak terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Sebaliknya, kalau pola tidur tidak seperti ini, tubuh akan mengalami penurunan disebabkan imunitas yang juga rendah. Tentunya, banyak pertanyaan seputar bagaimana manfaat pola tidur yang dianggap berkualitas tersebut. Untuk itu, di sini akan dijelaskan dengan detail.

Namun sebelumnya, Kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tidur berkualitas itu sendiri. Setelah itu, Kamu tinggal memahami manfaat yang dilahirkan olehnya. Untuk jelasnya, silakan baca artikel ini sampai selesai dan ini ulasannya:

Pengertian Tidur Berkualitas

Tidur yang berkualitas adalah tidur yang memang sesuai dengan kebutuhan manusia baik dari segi waktu maupun durasinya. Misal jika malam hari, durasi yang bagus adalah 8 jam sedangkan kalau siang hari tidak perlu terlalu panjang cukup 30 menit sampai 1 jam saja.

Nah, pola tidur semacam ini harus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan serta sebisa mungkin tidak melakukan aktivitas begadang. Pasalnya, aktivitas inilah yang justru membuat tidur akan terganggu dengan resiko banyak penyakit yang akan menyerang badan.

Manfaat Tidur Berkualitas

Setelah mengetahui apa yang dimaksud pola tidur berkualitas di atas, berikutnya akan dijelaskan tentang manfaat-manfaat dari pola-pola tersebut. Tujuannya adalah supaya Kamu termotivasi untuk memilih pola tidur semacam ini daripada yang lain apalagi yang tidurnya cukup singkat. Ini dia manfaat yang dimaksud:

1. Tidak Mengantuk Siang Hari

Manfaat tidur berkualitas yang pertama ialah tidak mengantuk di siang hari, sehingga Kamu masih bisa beraktivitas dengan nyaman. Tetapi kalau sudah mengantuk, maka ketika bekerja pun diri terasa malas, lelah dan lesu sehingga berakibat pada penurunan kreativitas. Ini sangat beresiko terutama bagi para pekerja perusahaan maupun kantoran.

Maka dari itu, daripada selalu mendapatkan teguran dari atasan, lebih baik jaga pola tidur terutama di malam hari. Silakan tidur maksimal jam 22.00 malam dan bangun jam 05.00 dini hari, ini merupakan pola tidur yang bagus apalagi kalau dilaksanakan secara rutin. Pastinya, Kamu tidak akan mengantuk di pagi hari karena tidur sudah puas dan lelap.

2. Konsentrasi Berpikir Lebih Bagus

Orang yang memiliki pola tidur tidak berkualitas, maka otomatis konsentrasi berpikirnya tidak akan bagus. Sehingga pekerjaan apapun yang dilaksanakan tidak berakhir dengan kesuksesan-kesuksesan bahkan yang ada hanya kegagalan. Ini juga beresiko ketika Kamu bepergian dengan kendaraan yang berpotensi memicu kecelakaan.

Makanya, agar konsentrasi menyetir lebih bagus, tidurlah malam hari dengan durasi yang tepat. Jangan bergadang kecuali memang ada yang penting untuk diselesaikan. Kalau tidak ada yang urgen, tentu lebih baik istirahat supaya keesokan harinya pikiran lebih rileks dan bisa berpikir dengan nyaman.

3. Kesehatan Tubuh Lebih Terjamin

Tubuh manusia sejatinya membutuhkan waktu untuk beristirahat sedangkan tidur adalah sarana untuk melakukan hal tersebut. Sekalipun demikian, tidur harus tetap berkualitas bukan tidur cepat yang dilakukan setiap malam, sedangkan sisanya digunakan untuk bergadang. Kalau tidur semacam ini yang dipilih, tentu kesehatan tubuh akan menurun.

Artinya ialah, kalau ingin tubuh sehat, maka tidurlah dengan waktu dan durasi yang tepat. Apalagi sekarang, ketika penyakit begitu mudah menyerang badan manusia akibat imunitas yang rendah. Bahkan banyak ahli yang mengatakan, kalau suka begadang juga menjadi pemicu turunnya sistem kekebalan tubuh manusia.

4. Tubuh Segar Bugar

Manfaat tidur berkualitas yang berikutnya adalah tubuh segar bugar dan siap digunakan untuk melakukan aktivitas harian. Di balik tubuh yang semacam ini, Kamu juga bisa melahirkan prestasi-prestasi yang membanggakan, baik dari segi prestasi kerja, prestasi pendidikan, maupun prestasi yang lain.

Sebaliknya, orang yang selalu tidur larut malam, biasanya ketika bangun badannya kurang nyaman belum lagi mata yang mengantuk. Jika sudah demikian, tentu motivasi untuk bekerja menjadi berkurang bahkan ada yang sampai tidak masuk karena diri sedang lemas. Maka dari itu, jaga pola tidur Kamu supaya bisa bekerja dengan nyaman dan tubuh juga sehat.

5. Tercegah dari Insomnia

Susah tidur atau insomnia kadang diakibatkan oleh pola tidur yang tidak berkualitas namun dilaksanakan setiap malam. Akhirnya, pikiran terbiasa tetap terjaga sekalipun tubuh sudah lelah dan sudah waktunya untuk beristirahat. Kondisi inilah yang membuat Kamu tidak nyaman bahkan bisa memicu gangguan penyakit otak.

Maka dari itu, jika sudah tiba waktu istirahat, maka lupakan segala aktivitas lalu tidurlah dengan nyaman. Jangan lupa, pilihlah waktu yang tepat dan durasi yang ideal karena tidur inilah yang bisa mencegah Kamu dari gangguan susah tidur. Hati-hati, jika sekali mengalami insomnia maka untuk mengatasinya menjadi teramat sulit.

Itulah beberapa manfaat tidur berkualitas bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, supaya lebih menentramkan, lebih baik ikut asuransi kesehatan di Cek Premi. Dengannya, Kamu bisa hidup dengan nyaman dan kalau sakit biayanya tidak terlalu besar dengan pemilihan rumah sakit yang bagus. Untuk itu, mari bergabung sekarang juga.

Pertanyaan Seputar Manfaat Tidur Berkualitas

Tidur berkualitas memang impian seluruh masyarakat dikarenakan ada manfaat di dalamnya. Namun ternyata, masih banyak pertanyaan-pertanyaan tentangnya yang harus dijawab dengan benar. Ini pertanyaan yang dimaksud:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang Dimaksud Tidur Berkualitas?” answer-0=”Tidur berkualitas adalah tidur di waktu normal atau tidak terlalu larut malam serta durasi tidur ideal sesuai kebutuhan manusia. Menurut para ahli, tidur malam yang bagus adalah 8 jam.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa Manfaat Tidur Berkualitas?” answer-1=”Ada banyak sekali manfaat tidur berkualitas yang di antaranya ialah membuat badan segar bugar, badan bebas penyakit, tidak mengantuk di siang hari, motivasi kerja meningkat, konsentrasi bagus dan lain sebagainya. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]