Pesona Pantai Mundu Cirebon Hadirkan Wisata Taman Bahari

Pantai Mundu Cirebon

Ingin menjelajahi berbagai tempat wisata di sekitar Cirebon dengan pesona alamnya yang menawan? Apakah Anda sudah pernah mencoba keseruan berlibur ke Pantai Mundu Cirebon? Di Cirebon, Anda bisa mengunjungi banyak destinasi liburan. Pantai merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling digemari wisatawan.

Bagaimana tidak, airnya yang jernih, pantainya yang berpasir luas, dan udaranya yang sejuk pasti akan membuat liburan Anda tak terlupakan. Salah satu destinasi yang menjadi rekomendasi adalah Pantai Mundu. Banyak hal menarik yang akan Anda jumpai di sini.

Awal Pembangunan Taman Muara Pantai Mundu Cirebon

Awal kehadiran Pantai Mundu disambut baik dan bahagia, khususnya bagi para warga sekitar dan juga pecinta wisata air. Pasalnya, lokasi wisata ini menawarkan berbagai pesona alam yang menakjubkan dan pemandangannya yang indah berhasil menghipnotis siapapun yang melihatnya.

Taman Muara Mundu ini dapat menjadi destinasi pantai saat kantong menipis di akhir bulan. Pasalnya, pengelola menerapkan biaya masuk yang hanya Rp5.000 saja. Taman Muara Mundu ini sendiri, awalnya merupakan hasil renovasi Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung atau BBWSCC.

Kehadiran Taman Muara Mundu ini adalah perintah Presiden Joko Widodo yang tujuannya adalah untuk normalisasi Sungai Mundu. Perintah ini diberikan ketika beliau berkunjung ke Mundu di awal tahun 2022 lalu. Dulunya, lokasi ini adalah tempat pembuangan limbah rumah tangga dan juga kulit kerang milik para warga.

Namun sekarang ini, area tersebut telah berubah menjadi ruang komunal warga, serta menjadi prasarana pengembangan pariwisata berbasis mangrove desa. Selain itu, berbagai pesona alam yang menakjubkan juga tersedia menambah pesona wisata bahari di Pantai Mundu Cirebon.

Pesona Wisata Area Pantai Mundu Cirebon

Pesona Pantai Mundu tidak lagi diragukan, berikut daya tariknya.

1. Hutan Mangrove

Anda dapat menemukan berbagai spesies burung, ikan, dan hewan lainnya di ekosistem mangrove ini. Lokasinya biasa dikenal dengan sebutan nama hutan mangrove Kasih Sayang. Anda bisa menjelajahi hutan mangrove dengan perahu atau jembatan kayu sebagai pengalaman alam yang menenangkan.

bukan hanya lokasi wisata, hutan mangrove ini juga menjadi tempat yang tepat untuk memahami pentingnya konservasi lingkungan. Dengan keindahan alam dan kehidupan satwa di sekitar mangrove, hal ini juga membuatnya menjadi tempat yang bagus untuk fotografi alam. Adapun perjalanan untuk mencapai lokasi tersebut bisa dibilang sangat menantang.

Lokasinya, hanya dapat diakses menggunakan kendaraan motor ataupun berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 kilometer dari jalan Pantura hingga ke arah pesisir. Meski melelahkan, namun setelah Anda tiba di lokasi, rasa lelah ini akan tergantikan dengan kesejukan dari pohon mangrove yang rindang.

2. Pemandangan Muara

Pantai Mundu Cirebon menjadi salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pantai ini terkenal karena pesonanya yang menarik, dengan pasir putih, pepohonan, dan pemandangan laut yang indah. Pengunjung dapat menikmati berjalan-jalan di sepanjang pantai, berenang, atau bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Pantai Mundu juga merupakan tempat yang populer untuk berburu matahari terbenam. Rasakan suasana yang nyaman dan ketenangan pikiran dengan pemandangan muara pantai yang sangat memesona ini. Anda dapat menikmati panorama laut yang luas dan langit biru indah, yang tentu saja sangat memanjakan mata.

3. Kuliner Lokal

Di sini ini pula, tersedia banyak pilihan tempat makan untuk Anda yang ingin berburu kuliner lezat dan siap memanjakan perut. Apalagi setelah Anda merasakan lelah bersenang-senang dan berjelajah di area pantai. Sajian kuliner yang tersedia pun terbilang cukup lengkap, sehingga Anda bisa bebas memilih sesuai selera. Jangan lupa untuk mencicipi makanan lokal masyarakat yang lezat.

4. Taman Mundu

Di area Pantai Mundu Cirebon, juga tersedia taman yang biasa disebut dengan nama Taman Muara Mundu. Berkunjung kesini, Anda bisa melihat panorama cantik dan unik yang berpadu dengan pemandangan hutan mangrove dekat pantai. Taman ini mempunyai luas area 640 m² dengan adanya gapura khas Cirebon dan disertai pagar pengaman.

Anda bisa melakukan jogging track di sini dengan keberadaan paving block yang memiliki panjang kurang lebih 100 m. Selain itu, tersedia pula plaza area yang lokasinya menghadap ke giant letter dengan luas 13,6 m². Ada tempat duduk dan meja dari beton, dan tempat duduk melingkar yang unik terbuat dari pasi dan batu.

Sebagai fasilitas kenyamanan pengguna, tersedia pula fasilitas penerangan dengan 24 buah lampu taman. Destinasi wisata baru yang satu ini menghadirkan pemandangan alam yang memukau, sekaligus menjadi taman rekreasi dan juga media belajar terkait pentingnya menjaga lingkungan.

Ditambah lagi dengan berbagai aktivitas wisata dan eksplorasi budaya lokal, membuat Pantai Mundu Cirebon sangat layak untuk dikunjungi. Pastikan Anda memiliki perencanaan yang matang sebelum keberangkatan. Namun bagaimanapun juga, yang namanya perencanaan bisa saja tidak sesuai yang diharapkan.

Bukan tidak mungkin terjadi kendala, seperti halnya pembatalan tiket keberangkatan, kehilangan bagasi serta kendala lain selama perjalanan. Di sinilah pentingnya memiliki asuransi. Asuransi perjalanan memiliki beberapa manfaat, seperti memberikan pertanggungan atas perlindungan kesehatan.

Anda akan mendapat jaminan biaya medis yang tidak terduga saat bepergian, seperti perawatan medis darurat. Jika Anda harus membatalkan perjalanan karena alasan tertentu, asuransi juga dapat membantu Anda mendapatkan pengembalian dana untuk tiket pesawat, akomodasi, atau pengeluaran yang telah Anda bayar.

Manfaat lainnya yaitu memberikan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan bagasi Anda selama perjalanan. Sehingga Anda dapat mengganti barang-barang yang hilang atau rusak. Selain itu, juga ketika penerbangan Anda mengalami keterlambatan yang signifikan.

Dimana asuransi perjalanan dapat memberikan kompensasi untuk biaya tambahan yang mungkin Anda hadapi. Seperti akomodasi tambahan atau perubahan rencana perjalanan. Anda dapat menemukan informasi mengenai asuransi perjalanan ini di website resmi Cekpremi.

Di sini Anda bisa memilih produk asuransi perjalanan terbaik dari kerjasama beberapa mitra asuransi terpercaya dan menawarkan jaminan aman. Tim ahli dan profesional hadir memberikan informasi dan rekomendasi asuransi perjalanan terbaik untuk Anda. Tentukan pilihan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya Anda melalui Cekpremi.com.

REFERENSI:

Insiden 24

Radar Cirebon

Kabar Cirebon

Cirebon Times