PCare BPJS: Apa Manfaatnya dan Bagaimana Cara Pakainya?

Oct - 04
2021
pcare bpjs

PCare BPJS: Apa Manfaatnya dan Bagaimana Cara Pakainya?

Mungkin hanya sedikit dari kalian yang tahu mengenai PCare BPJS, aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk menyediakan akses bagi para peserta BPJS kesehatan ke faskes tingkat pertama seperti puskesmas, klinik dan konsultasi dokter. Singkatnya aplikasi satu ini memberikan kemudahan bagi para peserta BPJS untuk mendaftarkan diri ke faskes tingkat pertama. Mari kita simak pembahasan lengkap mengenai PCare BPJS di artikel ini!

Apa saja fungsi PCare BPJS?

Seperti yang sudah tadi disebutkan fungsi PCare BPJS itu sendiri adalah untuk memudahkan para peserta BPJS untuk mendaftarkan diri mereka ke faskes tingkat pertama. Tidak hanya itu berikut adalah fungsi utama dari PCare BPJS:

1. Sebagai platform pendaftaran vaksin

Fungsi pertama yang mungkin saat ini paling banyak dicari adalah sebagai platform pendaftaran vaksinasi. Melalui aplikasi PCare kalian bisa mendaftarkan diri kalian dengan mudah untuk ikut program vaksinasi.

2. Mengecek iuran bulanan BPJS

Selanjutnya kalian bisa mengecek berapa besar iuran BPJS bulanan kalian saat ini. Jadi kalian tidak perlu repot-repot untuk mendatangi ATM agar bisa mengecek iuran BPJS kalian.

3. Mencari faskes

Aplikasi satu ini juga memungkinkan kalian untuk mencari faskes terdekat dari lokasi kalian saat ini. Jika suatu saat terjadi kondisi emergensi mendadak kalian bisa mendatangi salah satu faskes terdekat agar bisa mendapatkan pelayanan.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi PCare BPJS?

Jika kalian sudah mengetahui apa saja fungsi dari aplikasi PCare, tentunya kalian penasaran bukan bagaimana cara menggunakanya? Berikut adalah langkah demi langkahnya:

  • Download aplikasi PCare BPJS di playstore ataupun appstore
  • Masukkan username dan password kalian jika belum registrasi datangi kantor BPJS terdekat
  • Pilih menu pelayanan pendaftaran atau pelayanan
  • Bagi pasien yang ingin berobat kalian bisa isi data diri di bagian menu pendaftaran
  • Jika pasien sudah terdaftar di faskes kalian bisa isi nomor BPJS dan seluruh data mengenai kalian akan muncul
  • Tahap entri data selesai

Kalau kalian melakukan pendaftaran maka langkah selanjutnya kalian tinggal mendatangi faskes yang dituju.

Sebaliknya jika kalian sudah terdaftar, maka semua informasi mengenai penyakit kalian ada di aplikasi satu ini.

Apa saja keuntungan menggunakan aplikasi PCare BPJS?

Terdapat 5 keuntungan yang bisa kalian dapat dari menggunakan aplikasi satu ini:

1. Data pasien yang sudah terintegrasi

Hal ini memungkinkan setiap histori medis dari pasien dapat diakses dengan mudah oleh berbagai faskes. Dengan begitu pasien bisa mendapatkan perawatan yang sesuai dengan histori rekam medis mereka masing-masing.

2. Proses daftar yang mudah dilakukan

Cukup dengan memasukkan nomor BPJS, maka kalian bisa langsung mendapatkan pelayanan medis.

3. Dapat mengakses pelayanan kesehatan dimanapun

Simpel dan bisa dipakai dimanapun merupakan kelebihan selanjutnya dari menggunakan aplikasi PCare.

Cukup dengan handphone dan koneksi internet kalian sudah bisa mendaftarkan diri kalian untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

4. Proses diagnosis lebih cepat

Terhubung dengan data pasien yang terintegrasi aplikasi PCare memungkinkan para perawat mendiagnosis penyakit kalian lebih cepat. Hal ini sangat membantu para tenaga medis agar bisa segera memberikan tindakan yang sesuai dengan penyakit kalian.

5. Bisa mendapat surat rujukan dengan lebih mudah

Untuk bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut, maka diperlukan bantuan rumah sakit. Nah sebelum pasien bisa ke rumah sakit diperlukan surat rujukan dari faskes tingkat 1.

Dengan adanya PCare BPJS pasien bisa dengan lebih mudah mendapatkan surat rujukan ke RS. Hal ini disebabkan karena surat rujukan sudah menggunakan sistem online.

Kekurangan PCare BPJS

Meskipun banyak kelebihan yang dipunyai oleh aplikasi satu ini, tetap saja ada kekurangannya. Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah jarang terjadinya pembaharuan pada aplikasi.

Sehingga seringkali ada fitur yang error dan tidak bisa digunakan. Namun jangan khawatir biasanya fitur-fitur penting seperti daftar jarang terjadi kendala kok!

 

Seberapa penting asuransi kesehatan jika sudah ada BPJS?

asuransi cekpremi

Manfaat yang diberikan oleh BPJS terbatas, hanya beberapa obat yang bisa diberikan oleh program BPJS. Maka dari itu penting bagi kalian untuk memiliki asuransi kesehatan! Mengingat asuransi kesehatan memberikan segala perlindungan dari berbagai macam jenis obat dan perawatan.

Segera daftarkan diri kalian di program asuransi kesehatan! Cek dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan di Cekpremi!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid