Ternyata Ini Alasan Mengapa Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar!

Sep - 23
2021
mengapa permukaan ban kendaraandibuat kasar

Ternyata Ini Alasan Mengapa Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar!

Last Updated on September 23, 2021 by Andrian

Ban merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada suatu mobil. Tanpa adanya ban mobil sudah dipastikan tidak akan bisa berjalan. Pastinya salah satu dari kalian pernah bertanya-tanya mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar? Penasaran dengan jawabannya? Simak pembahasan lengkapnya disini!

Mengapa Permukaan Ban Kendaraan Dibuat Kasar?

Tekstur yang kasar dari ban mobil itu sendiri dibuat agar mobil tidak mudah selip ketika melewati jalan basah. Selain itu hal ini dibuat agar mobil bisa melewati berbagai medan jalan mulai dari yang berbatu, berlumpur dan masih banyak lagi.

Tujuannya hanyalah sesimpel itu saja, karena mobil setiap harinya menerjang berbagai medan di jalan tentunya permukaan ban yang kasar dapat menunjang performa mobil.

Mengapa Ban Mobil Diberi Alur?

Selain permukaan yang dibuat kasar, ban mobil juga didesain dengan menambahkan alur. Nah pemberian alur ini tentunya memiliki tujuannya tersendiri. Yuk simak apa manfaatnya di bawah ini:

1. Memperbesar gaya gesek mobil

Gaya gesek yang besar pada permukaan jalan pastinya akan membuat mobil tidak mudah selip. Tidak hanya itu gaya gesek yang besar juga memungkinkan mobil melewati berbagai medan-medan jalanan yang sulit.

2. Memenuhi standar SNI

Memberikan alur pada ban juga bertujuan untuk memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia) tanpa adanya alur pada ban, kendaraan tidak akan diperbolehkan untuk melintas di jalan raya.

3. Air dapat mengalir lebih mudah

Tujuan selanjutnya dari diberikannya alur pada ban adalah agar air dapat mengalir dengan lebih mudah. Jika air tidak dapat dialirkan, bisa-bisa keamanan kalian terancam di jalan raya.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil murah

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk. Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah. Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi