Kenali Tandanya dan Cara Ganti Seal Shock Belakang Motor

Aug - 18
2021
cara ganti seal shock belakang motor

Kenali Tandanya dan Cara Ganti Seal Shock Belakang Motor

Jika sepeda motor sering terkena benturan atau hentakan, maka kondisinya terancam menurun sehingga bisa membuat motor cepat rusak. Shockbreaker merupakan komponen yang berfungsi untuk menghindari berbagai benturan keras. Shockbreaker belakang bisa mengalami kerusakan seperti bocor atau mati. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara ganti seal shock belakang motor.

Kondisi bocor dapat membuat oli berkurang sehingga jika terjadi benturan akan terasa terlalu amblas. Hal ini biasanya karena karet seal yang sudah rusak. Shockbreaker tidak hanya diperlukan untuk berkendara di jalan yang jelek. Masyarakat perkotaan pun memerlukan komponen ini di kendaraan mereka. Meskipun jalanan di kota relatif rata, tetapi terkadang terdapat lubang atau polisi tidur yang jumlahnya cukup banyak apalagi jika sedang memasuki daerah perumahan.

Banyak orang yang mengira bahwa ketika shockbreaker rusak maka harus diganti dengan yang baru. Ternyata, shockbreaker bisa diservis, loh! Namun sebelum itu, Anda juga perlu mengetahui alasan atau tanda-tanda terjadi kerusakan shockbreaker mati atau bocor.

  1. Ditemukannya rembesan oli dan membasahi tabung shockbreaker, menjadi tanda shock bocor, cara memperbaikinya dengan mengganti as shock dan mengisi kembali oli didalam tabung shockbreaker sesuai dengan takaran dan aturan.
  2. Saat sedang dikendarai terasa seakan-akan motor otomatis menjadi oleng ke samping, entah ke kanan maupun kiri. Sedangkan saat dilihat kemudi masih dalam kondisi bagus, penyebab adalah shockbreaker mengalami kerusakan.
  3. Mengendarai motor menjadi tidak nyaman dan terasa sangat keras ketika melewati jalanan yang berbatu atau jalan bergelombang.
  4. Sudah waktunya oli dalam shockbreaker depan serta belakang motor diganti karena batas penggantiannya adalah sekitar 15.000 kilometer.

Kebocoran oli yang terjadi di tabung shockbreaker motor bisa terjadi karena sil sudah sobek atau as shock breaker telah aus. Cara merawat shockbreaker ialah dengan sering membersihkannya, jika rutin mengendarai motor pada jalan berdebu dan berpasir usahakan langsung cuci as shock agar tidak tergores karena debu.

Baca juga: Sering Bikin Nggak Nyaman, Ini 5 Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

Cara Ganti Seal Shock Belakang Motor

cara perbaiki shockbreaker

Berikut ini alat dan komponen yang harus dipersiapkan jika akan memperbaiki shock sepeda motor:

  • Kunci pas, ring, serta shock dengan ukuran 8 milimeter, 14 milimeter dan 17 milimeter
  • Kunci L6 mm
  • Obeng plus dan min
  • Oil Seal berukuran 26x37x10,
  • Kunci bintang ukuran T40
  • Oli shockbreaker
  • Lap atau kain bersih

Untuk tahapan cara memperbaiki shockbreaker sepeda motor dimulai dengan melepaskan terlebih dahulu roda beserta dengan rumah piston rem serta spakbor dengan tujuan untuk mempermudah perbaikan, lepas baut 14mm agar shockbreaker belakang sepeda motor dua sisi dapat dilepaskan.

Sedangkan untuk membongkar shock hanya dengan menekan bagian atas pada penutup shock dan congkel ring pengunci. Kemudian lepas per di tabung lalu segera tuang keluar oli pada tabung shockbreaker. agar oli keluar semua maka bisa dengan mengocoknya berkali-kali.

Lepaskan tabung shockbreaker pada bagian dalam, dengan memakai kunci L6 milimeter, kemudian lepas baut L pada bawah tabung shock bagian luar. Ketika tabung shock bagian dalam terlepas maka ambil rebound spring serta damper rodnya. kemudian Periksa untuk menentukan apakah masih bagus apa tidak.

Teruskan memeriksa apabila seal oli shock bocor, maka seal shock harus diganti, tanda seal oli shock mengalami kebocoran adalah terlihat pada bagian pipa mengkilap karena terkena oli. Ketika akan memasang seal shock yang baru, harus dikerjakan dengan hati-hati dan jaga kondisi harus tetap rata atau tidak miring.

Selanjutnya saat memasang seal oli menggunakan bearing roda bekas dan ketok dengan palu plastik supaya seal shock bisa masuk dengan rata. Pasanglah kembali ring pengunci serta karet tutup shock, dianjurkan pemasangan tabung shock dalam serta rebound spring dan dampernya, kemudian putar baut pengikat L6 mm usahakan tertutup dengan rapat.

Kemudian isi oli shock pada tabung, usahakan ukurannya sama kira-kira 64 mililiter. Pasang per dengan menggunakan teknik posisi ulir renggang pada bagian bawah serta ulir rapat bagian atas. Tutup shockbreaker atas dan ring pengunci, agar pengerjaan lebih cepat serta mudah sebaiknya dipasang terlebih dahulu kedua shockbreaker motor dan kencangkan baut pengunci.

Lanjutkan dengan menutup shock dibarengi menekan menggunakan obeng sekaligus dipasang pengunci hingga terdengar bunyi klik. Pasang kembali spakbor atau bagian sepeda motor yang sudah dilepas, serta bersihkan dengan lap atau kain. Selanjutnya uji coba sepeda motor di jalan yang tidak rata.

Demikianlah langkah cara ganti seal shock belakang motor, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif. Lengkapi pula kendaraan Anda dengan perlindungan yang cukup bagus, yakni dengan memiliki asuransi motor

Baca juga: Coating Motor, Apa Manfaat dan Kelebihannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi