Pentingkah Asuransi Gedung dan Bangunan? Ini Penjelasannya

Jangan remehkan Kepemilikan asuransi gedung dan bangunan. Asuransi ini tidak hanya berlaku bagi pemilik rumah saja, tetapi juga Anda yang memiliki bangunan seperti gudang, balai, ruko, kos-kosan dan masih banyak lagi.

Termasuk juga korporasi yang sudah memiliki gedung perkantoran sendiri wajib memiliki asuransi properti. Mengingat banyaknya perusahaan asuransi tentunya tidak sulit untuk Anda menemukan mana yang paling berkualitas dan bertanggung jawab. Anda yang masih ragu akan asuransi ini perlu tahu alasan penting memilikinya.

5 Alasan Asuransi Gedung dan Bangunan Itu Penting

Bangunan baik itu rumah dan juga gedung apapun adalah aset yang harus mendapat perlindungan paling penting. Jadi setelah asuransi jiwa, asuransi bangunan dan gedung inilah yang harus Anda miliki.

Ada beragam alasan kuat mengapa Anda harus segera memilikinya tanpa menunda lagi. Khususnya jika Anda adalah pemilik gedung yang lokasinya rentan bencana alam yang bisa menimbulkan kerugian dalam bisnis. Berikut ini sederet alasan yang perlu Anda pahami.

1. Memberikan Perlindungan dari Kebakaran

Kejadian yang masih sering terjadi adalah kebakaran gedung. Entah itu disebabkan oleh kelalaian manusia atau tidak, kebakaran adalah hal yang sangat merugikan. Apalagi jika gedung yang terbakar adalah tempat Anda mengelola bisnis.

Apabila Anda memiliki asuransi maka otomatis akan mendapatkan ganti rugi secara langsung sesuai dengan pertanggungan. Ada asuransi yang menanggung ganti rugi bangunan dan gedung saja namun ada pula yang lengkap beserta isinya.

Asuransi gedung dan bangunan inilah yang harus Anda miliki ketika properti berada di tengah kota yang rawan korsleting. Bisa juga karena bisnis Anda bergerak di bidang barang yang mudah terbakar seperti gudang kayu, pabrik kertas, atau produsen bahan kimia.

2. Memberi Perlindungan dari Pencurian

Kebakaran baru salah satu bencana yang bisa terjadi. Ada juga kerugian yang diakibatkan oleh pencurian. Bukan hanya rumah mewah saja yang jadi sasaran pencuri tetapi juga kantor dan pabrik, mengingat ada banyak peralatan mahal yang bisa saja dicuri.

Harta benda yang Anda simpan di kantor atau pabrik ini perlu memiliki perlindungan. Setidaknya kerugian yang diakibatkan oleh tindak kriminal ini tidak begitu banyak sehingga bisnis masih bisa berjalan lancar.

Perlindungan harta benda dalam gedung dan bangunan biasanya terdapat pada jenis asuransi all risk. Mirip dengan asuransi rumah all risk namun nilai preminya bisa lebih tinggi menyesuaikan dengan nilai dari harta benda yang tersimpan di dalamnya.

3. Mendapat Perlindungan dari Bencana Alam

Anda mungkin sudah memilih gedung atau bangunan yang jauh dari perkotaan dan musibah lainnya. Namun, tidak ada yang tahu kapan bencana akan muncul. Mungkin saja terjadi bencana alam seperti gempa bumi atau angin puting beliung di mana bangunan dan gedung Anda berdiri.

Kerusakan yang diakibatkan bencana alam ini sulit untuk diprediksi bahkan Anda bisa kehilangan semuanya dalam sekejap. Asuransi gedung dan bangunan akan menjadi solusi Anda mengatasi kerugian yang ditimbulkan dari bencana alam.

Setidaknya Anda masih memiliki modal dari uang ganti rugi yang diperoleh untuk memperbaiki atau membangun kembali gedung dan bangunan yang rusak. Dengan begitu biaya yang harus dikeluarkan bisa terasa lebih ringan daripada harus memulai lagi dari nol.

4. Menerima Perlindungan dari Pembangunan

Ada juga jenis asuransi gedung dan bangunan yang disebut dengan asuransi engineering. Asuransi tipe ini berfungsi untuk melindungi proyek pembangunan besar, contohnya gedung untuk pabrik, gedung bertingkat atau pembangunan yang skalanya besar.

Pelaksanaan pembangunan skala besar ini membutuhkan proteksi untuk mengamankan prosesnya bisa terus berjalan baik. Mulai dari pemasangan mesin, pembangkit listrik dan risiko lain yang mempengaruhi jalannya proyek. Dengan begitu Anda bisa merasa aman dan akan mendapat ganti rugi jika terjadi masalah.

Misalnya Anda adalah seorang pengembang perumahan, mendapatkan asuransi engineering ini akan membantu memberikan keamanan pada bisnis yang sedang dijalani. Selain itu juga menciptakan keamanan bagi calon pembeli rumah.

5. Nilai Investasi Aset jadi Lebih Aman

Investasi properti di Indonesia sampai saat ini tergolong yang paling menguntungkan. Namun, jika tidak diiringi dengan perawatan salah satunya memanfaatkan asuransi nilainya bisa saja jatuh. Beda halnya jika Anda sudah memiliki asuransi gedung dan bangunan sebelumnya.

Nilai dari aset yang dimiliki memang akan jatuh, namun setidaknya Anda akan tertolong dengan keberadaan asuransi ini. Misalnya jika sebelumnya telah terjadi kebakaran pada bisnis kos yang Anda miliki. Ganti rugi dari asuransi akan memperbaiki bangunan.

Nantinya Anda bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi setelah perbaikan selesai. Jadi Anda tidak akan dirugikan dalam nominal tinggi ketika ingin menjual aset kembali. Begitu juga dengan kejadian lain yang membuat kondisi bangunan atau gedung menjadi rusak.

Tips Menemukan Asuransi Properti yang Sesuai

Mengingat ada banyak perusahaan asuransi dengan berbagai produk asuransi properti Anda harus memilihnya dengan lebih teliti. Mana yang tepat untuk Anda bisa dipilih dengan beberapa tips sederhana ini.

1. Menyesuaikan Kebutuhan Perlindungan

Sesuaikan asuransi dengan kebutuhan perlindungan Anda. Misalnya jika Anda pemilik gudang kayu maka akan lebih aman memilih tipe asuransi kebakaran gudang karena kebakaran adalah risiko terbesar yang bisa terjadi. Beda jika Anda adalah pemilik bangunan rumah maka asuransi seperti all risk akan lebih cocok.

2. Nilai Pertanggungan yang Didapatkan

Cari tahu berapa ganti rugi yang akan Anda dapatkan ketika terjadi musibah adalah hal paling penting. Setidaknya ganti rugi ini bisa menutup kerugian yang didapatkan apapun asuransi yang Anda pilih.

3. Menyesuaikan Premi dengan Kemampuan

Terakhir adalah memilih asuransi yang preminya sesuai dengan kemampuan. Apalagi jika Anda adalah pemilik bisnis, maka premi ini harus disesuaikan dengan operasional perusahaan. Pastikan untuk menghitung ulang sebelum Anda menentukan asuransi.

Membantu menemukan asuransi properti yang tepat, Anda bisa mengandalkan cekpremi.com. Di sini Anda akan mudah menemukan mana perusahaan asuransi sekaligus premi yang harus dibayarkan. Cekpremi.com memiliki mitra asuransi yang lengkap dan tersedia di Indonesia.

Jadi Anda bisa menemukan asuransi yang tepat menyesuaikan lokasi, fungsi bangunan, sampai dengan nilai properti. Bahkan Anda bisa juga mengajukan klaim asuransi gedung dan bangunan langsung melalui cekpremi.com. Cekpremi.com akan memudahkan Anda mengakses segala macam urusan asuransi. Yuk cek sekarang!

Sumber:

Media Asuransi News

Katadata

Sikapi Uangmu

Voi