Penyebab Bunyi Krek Saat Belok, dan Cara Mengatasinya

Bunyi krek saat belok disebabkan kaki-kaki mobil yang bermasalah. Kamu tidak boleh menyepelekan timbulnya bunyi krek saat belok ini. Perbaikan harus segera kamu lakukan.

Asuransi Mobil

Masalah memang cukup rentan terjadi pada kaki-kaki mobil apabila pengemudi sembrono dalam mengemudikan mobil. Servis yang tidak rutin juga bisa menyebabkan kaki-kaki mobil bermasalah. Bunyi krek tersebut muncul di bagian bawah mobil yakni kaki-kaki mobil.

Kaki-kaki mobil mempunyai fungsi yang sangat penting. tidak hanya memberikan kenyamanan selama berkendara, tetapi juga untuk keselamatan berkendara.

Bunyi krek yang muncul saat belok mengindikasikan kaki-kaki mobil bermasalah. Masih banyak pemilik mobil yang mengabaikannya. Padahal, hal ini harus segera diatasi.

Kamu tidak boleh menyepelekannya. Sebaiknya, kamu segera memeriksanya dan mengatasinya sebelum timbul masalah yang lebih fatal. Kerusakan tersebut bisa merembet ke komponen lain jika tidak segera diatasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai bunyi krek yang muncul saat mobil belok ini, baca artikel ini sampai habis ya.

Penyebab Bunyi Krek Saat Belok dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa penyebab munculnya bunyi krek saat mobil digunakan untuk belok. Untuk itu, harus dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Berikut ini penyebab munculnya bunyi krek yang perlu kamu ketahui.

  • Robeknya Karet Boot Racksteer

Indikasi pertama timbulnya bunyi krek adalah robeknya karet boot racksteer. Robekan ini menyebabkan banyak kotoran masuk dan gigi penghubung di dalamnya bisa terkontaminasi.

Jika tidak segera diatasi, komponen gigi rack dan pinion bisa rusak karena terlalu lama terkontaminasi debu dan kotoran. Dampaknya, putaran gigi akan terasa berat dan muncul bunyi krek saat mobil dibelokkan.

Kamu perlu segera mengatasinya. Untuk biaya perbaikan racksteer relatif mahal karena suku cadang harus dibeli dalam satu set, tidak boleh terpisah. Hal itu belum termasuk jasa bongkar pasang bengkel.

Kamu perlu hati-hati saat melintasi jalanan yang berlubang dan ada genangannya. Hal itu guna menghindari hantaman yang dapat mengakibatkan karet boot racksteer robek.

  • Rusaknya Karet Pelindung as Kopel

CV joint (constant velocity joint) atau yang biasa disebut as kopel mempunyai semacam karet pelindung. Apabila karet pelindung ini rusak, oli yang ada di as kopel akan keluar sehingga kotoran bisa dengan mudah menempel. Kotoran yang terus menempel akan mengakibatkan as kopel mudah aus.

Karet pelindung as kopel juga bisa mengalami kerusakan karena dimakan usia. Material karet ini bisa getas sehingga mudah robek karena usia. Karena rusak dimakan usia, kamu harus mengganti karet pelindung ini dengan yang baru.

Untuk menghindari terjadinya robek pada karet pelindung as kopel, kamu perlu berhati-hati saat melintasi jalanan yang rusak sehingga tidak ada batu yang menghantam karet. Kamu juga perlu melakukan pengecekan karet pelindung as kopel secara berkala. Jika karet sudah rusak, kamu harus segera menggantinya.

  • Kendornya Bearing

Penyebab timbulnya bunyi krek yang selanjutnya adalah komponen bearing kendor. Bearing merupakan komponen yang berfungsi untuk melapisi antara komponen yang bergerak dan komponen mobil yang diam. dengan bearing, gesekan berlebihan bisa dihindari.

Apabila bearing ini kendor, saat mobil dibelokkan, akan timbul bunyi krek karena pelapis antar komponen tersebut tidak bekerja dengan baik.

Kamu harus segera membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki. Biasanya, akan ditambahkan pelumas atau grease untuk mengatasinya. Apabila bunyi krek tidak hilang, perlu dilakukan penggantian bearing yang baru.

Kamu bisa menghindari kerusakan bearing dengan mengemudikan mobil sewajarnya, tidak agresif. Contoh agresifnya seperti memutar setir sampai mentok dan muncul bunyi ‘tuk’ tanpa henti.

  • Tie-rod Rusak Dimakan Usia

Tie-rod merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting fungsinya. Komponen ini berfungsi menghubungkan kemudi dengan roda mobil. Dengan komponen ini, mobil yang kamu kendarai bisa berjalan dengan baik.

Tugas tie-rod tersebut menyebabkan komponen ini harus menahan beban berat sehingga tie-rod bisa bermasalah dan rusak karena usia. Indikasi rusaknya tie-rod adalah timbul bunyi krek saat kamu membelokkan mobil.

Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan servis secara rutin. Dengan begitu akan mengecek kondisi tie-rod dan bisa segera mengatasi jika terjadi masalah.

Itu tadi informasi mengenai penyebab timbulnya bunyi krek saat mobil dibelokkan. Kamu perlu menghindari beberapa hal yang disebutkan sebelumnya agar penyebab bunyi krek bisa dihindari. Apabila bunyi krek muncul, kamu harus segera mengatasinya agar tidak menjalar ke komponen lain.

Kamu juga perlu melindungi mobil dengan menggunakan asuransi mobil. Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu gunakan yaitu, asuransi mobil komprehensif dan total loss only (TLO). kamu bisa memilih jenis asuransi mobil ini sesuai dengan kebutuhanmu.

Rekomendasi asuransi mobil terbaik bisa kamu temukan di cekpremi. Segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi untuk memproteksi mobil kesayanganmu.

Pertanyaan Seputar Mobil

Bunyi krek yang muncul saat belok bisa kamu atasi penyebabnya. Mungkin masih ada pertanyaan yang terbersit mengenai hal ini. Berikut pertanyaan yang biasanya diajukan.

Kenapa mobil bunyi saat belok?

Saat mobil dibelokkan dan bunyi kletek-kletek terdengar, kamu perlu segera memeriksa bagian ball joint atau as roda mobil. Bunyi tersebut muncul karena ball joint mobil bermasalah.

Apa penyebab setir mobil bunyi krek krek?

Ketika setir mobil dibelokkan ke kanan atau ke kiri dalam posisi diam dan mucnul bunyi kretek-kretek, itu mengindikasikan komponen yang bermasalah. Biasanya, suara itu muncul karena rack steer mobil bermasalah.