Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps Agar Terhindar dari Tilang

g map

Bagi beberapa pengendara mobil khususnya di DKI Jakarta, memiliki beberapa kekhawatiran salah satunya terkait peraturan ganjil genap. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui cara setting ganjil genap di google maps.

Skema ganjil genap ini berlaku pada jam tertentu, agar dapat mengurangi kemacetan. Berikut ini kamu akan mengetahui cara setting ganjil genap di google maps agar dapat bepergian dengan aman.

3 Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps

  • Buka Aplikasi Google Maps

Langkah pertama yang kamu butuhkan agar dapat mengatur ganjil genap, yaitu smartphone dengan aplikasi google maps. Aplikasi ini tidak perlu kamu unduh, karena google maps adalah aplikasi bawaan di setiap smartphone.

Namun jika mungkin kamu belum memilikinya, kamu harus mengunduh aplikasi google maps terlebih dahulu. Pengunduhan dapat kamu lakukan baik melalui play store, maupun apps store.

  • Masukkan Lokasi Tujuan

Sebelum memasukkan lokasi tujuan, pastikan GPS pada smartphone kamu telah aktif. Kemudian kamu dapat memasukkan lokasi tujuan, cara ini sama seperti penggunaan aplikasi google maps pada umumnya.

Setelah kamu memasukkan lokasi yang akan dituju, kamu dapat memilih tombol “rute” di bagian bawah pada menu bar. Lalu kamu dapat memilih transportasi apa yang digunakan.

  • Masukkan Plat Nomor

Ketika kamu sudah memilih moda transportasi apa yang digunakan, yaitu mobil, kamu dapat melakukan langkah selanjutnya. Pada bagian bawah pilihan transportasi, terdapat menu “Avoiding Odd Plate Roads”, atau “Avoiding even Plate Road”.

Kamu dapat memilih salah satu, kemudian akan muncul pilihan “apakah pengguna akan menggunakan plat ganjil atau genap?”

Jika saat kamu menerapkan langkah ini tanggalnya adalah ganjil, dan kamu menggunakan kendaraan dengan nomor plat yang genap, maka google maps akan memberikan petunjuk jalan terbaik.

Hal ini bertujuan agar kamu dapat menghindari jalan yang menerapkan sistem ganjil genap. Serta tentu saja kamu akan terhindar dari tilang.

Selain cara ini, terdapat cara lain untuk mengatur ganjil genap pada google maps. Cara kedua, yaitu dengan memilih ikon tiga titik yang ada di bagian sebelah menu “Your Location”.

Langkah selanjutnya, kamu dapat memilih “route options”, dan akan muncul dua pilihan. Pilihan tersebut bertuliskan, “Anda Memiliki Plat Nomor Genap”, dan “Anda Memiliki Plat Nomor Ganjil”.

Kamu dapat memilih salah satunya sesuai dengan plat nomor kendaraan yang kamu miliki. Lalu pilih “Selesai”, dan otomatis google maps akan menunjukkan arah jalan terbaik untuk kamu lewati.

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk menunjukkan rute terbaik agar terhindar dari penerapan ganjil genap. Keuntungan lain yang dapat kamu rasakan, adalah terhindar dari tilang.

Karena jika plat nomor kendaraan dan tanggal yang tidak sesuai, maka tentu saja kamu akan terkena tilang. Sehingga penggunaan aplikasi google maps untuk mengatur ganjil genap dapat membantu para pengendara.

Hal tersebut dikarenakan, pengaturan yang kamu lakukan merupakan tindakan preventif agar terhindar dari hal yang tidak kamu inginkan. Jika terkena tilang, tentu aktivitasmu akan terhambat.

Contoh bentuk preventif lain untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dalam berkendara, yaitu dengan menggunakan asuransi. Menggunakan asuransi dapat membantu kamu mengantisipasi hal yang tidak terduga di kemudian hari.

Saat ini banyak pilihan asuransi yang dapat membuat kamu merasa sulit untuk memilih. Oleh karena itu, hadirnya Cekpremi dapat membantu kamu untuk memilih asuransi terbaik dan terpercaya yang dapat memberikan rasa aman saat berkendara dimana saja.

Pertanyaan Seputar Cara Setting Ganjil Genap di Google

Bagi pengendara yang merasa was-was atau takut untuk melewati ganjil genap dapat mengikuti cara ini agar terhindar dari tilang. Berikut ini pertanyaan seputar cara setting ganjil genap di google maps yang sering muncul, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan even plate dan odd plate?” answer-0=”Even plate berlaku untuk plat nomor dengan angka genap, sedangkan odd plate berlaku untuk angka ganjil. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Penerapan ganjil genap ada dari jam berapa sampai jam berapa?” answer-1=”Aturan ini berlaku setiap Hari Senin hingga Jumat, pada pagi hari pukul 06.00 – 10.00 WIB. Serta sore hari pada pukul 16.00 – 21.00 WIB. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]