Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Dan Bagaimana Solusinya

kelistrikan mobil

Tahukah kamu apa itu kerusakan kelistrikan mobil? Kerusakan kelistrikan mobil merupakan masalah yang sangat serius. Pasalnya, perbaikan untuk problem ini begitu sulit serta membutuhkan biaya servis yang besar. Oleh sebab itu, instrumen kendaraan tersebut harus benar-benar dirawat dengan baik. Karena kalau kadung rusak, maka kerusakan akan merambat pada yang lain.

Jika membaca ulasan di atas, seharusnya pemilik memperhatikan kualitas kelistrikan kendaraan. Termasuk mempelajari dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi penyebab kerusakan serta cara mengatasinya. Untuk itu, silakan baca artikel ini sampai selesai lalu pahamilah dengan seksama. Ini dia ulasan artikel yang dimaksud:

Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total

Kelistrikan mobil mati total terkadang disebabkan adanya masalah tertentu. Pertanyaannya adalah apakah kamu tahu apa masalah-masalah tersebut? Nah, untuk mengetahui jawabannya silakan baca list di bawah ini. Lalu kamu harus berusaha sebisa mungkin menjauhinya. Ini dia masalah yang dimaksud:

1. Aki dan Kabel Telah Aus

Aki merupakan komponen kendaraan bermotor yang paling vital. Jika ini bermasalah bisa dipastikan banyak komponen lain yang akan mengalami kerusakan. Termasuk kelistrikan akan mati total. Makanya, kamu harus menjaga dan merawat aki dengan baik dan jangan sampai aus.

Kamu juga harus memperhatikan kabel transisi antara aki dengan kelistrikan. Bisa jadi, instrumen ini yang menjadi penyebab kerusakan. Kalau kabel sudah karatan, berarti analisis itu benar dan kamu harus segera menggantinya. Karena kalau tidak, daya dari aki tidak akan sampai ke mesin.

2. Alternator Mobil Sudah Usang

Ada satu penyebab kelistrikan mati total yang tidak diperhatikan oleh pemilik mobil. Yaitu komponen alternator yang sudah usang karena telah digunakan dalam waktu yang lama. Padahal, untuk mengetahui masalahnya bisa dilihat dari ciri-ciri kondisi kendaraan. Seperti tercium bau terbakar sampai cahaya lampu yang kurang terang.

3. Kawat Tembaga Ada yang Putus

Kawat tembaga yang putus juga menjadi penyebab kelistrikan mobil mati total. Namun untuk mengetahuinya kamu harus membawa kendaraan ke bengkel. Nanti kerusakan akan dideteksi dengan menggunakan alat khusus. Sedangkan gulungan kawat tembaga sendiri merupakan komponen yang kecil dan halus.

Kalau ingin mengetahui apakah kawat tembaga putus atau tidak, maka silakan lihat gejala kendaraan. Kalau audio dan cahaya lampu mengalami penurunan bersamaan, berarti komponen sedang bermasalah. Segera bawa mobil ke bengkel kalau kasus ini terjadi. Dan pastikan tidak menunggu kelistrikan mati total.

4. Komponen Brush Tidak Berfungsi Maksimal

Kendaraan roda empat biasanya memiliki komponen yang disebut arang atau bahasa keren-nya brush. Komponen ini juga harus dirawat dengan baik karena bisa menjadi pemicu kelistrikan mati. Perawatannya juga harus maksimal. Karena sekali rusak, solusinya harus mengganti dengan yang baru.

Brush sendiri merupakan komponen mobil yang dijual dengan harga cukup mahal. Makanya, kalau komponen ini rusak, yang dirugikan adalah si pemilik mobil sendiri. Apalagi kalau mobilnya tidak diasuransikan. Tentu kerugiannya berkali-kali lipat hingga mencapai jutaan rupiah.

Cara Mengatasi Listrik Mobil Yang Mati Total

Demi memiliki kelistrikan yang bagus, serasa tidak cukup kalau hanya tahu penyebab kerusakannya saja. Tetapi kamu juga harus mempelajari apa solusi yang bisa dijadikan perbaikan. Terkait dengan hal tersebut, maka silakan baca list berikut ini:

1. Cek Aki Mobil Setiap Saat

Kalau ingin kelistrikan pada mobil tetap normal, cek dulu aki mobil sebelum digunakan. Dari sana kamu bisa melihat apakah komponen ini masih layak pakai atau sudah perlu diganti. Pengecekannya harus dilakukan secara detail. Hingga pada kerapatan baut aki dan pastikan tidak longgar.

Kutub aki merupakan komponen yang mudah berkarat. Biasanya proses aus dimulai dari munculnya serbuk putih pada permukaannya. Jika pada waktu pengecekan kamu mendapatkan gejala ini, segera bersihkan. Kalau dibiarkan proses pengaratan akan semakin parah.

2. Pastikan Kondisi Kabel Masih Layak Pakai

Solusi atas masalah kelistrikan mobil mati berikutnya ialah pastikan kondisi kabel masih layak pakai. Terutama kabel yang menjadi transisi antara aki dengan mesin. Jika ada kabel yang mau putus, lebih baik segera ganti dengan yang baru. Karena kalau sudah putus, tentu pasokan listrik ke mesin akan mati.

Kamu harus berhati-hati ketika melakukan pengecekan pada kabel. Menyentuhnya boleh asalkan tidak ditarik-tarik. Kecuali kamu memang paham dan mengerti tentang komponen tersebut. Jika tidak, lebih baik bawa saja mobil ke bengkel supaya dicek oleh yang ahli.

3. Servis Mobil Secara Rutin

Jangan lupa untuk menservis mobil dengan rutin. Jika ini dilakukan dengan terjadwal, tentu seluruh komponen di dalamnya akan terawat dengan baik. Termasuk komponen kelistrikan. Jangan menunggu mati total, baru mobil dibawa ke bengkel. Karena biaya yang harus dikeluarkan pasti mahal.

Sejatinya, masalah kelistrikan mati total tidak akan begitu mengecewakan. Namun syaratnya mobil harus diasuransikan terlebih dahulu di Cek Premi. Selain biaya angsurannya terjangkau, bengkel rekanannya cukup banyak. Untuk itu, mari berasuransi sekarang juga.

Pertanyaan seputar Kelistrikan Mobil

Orang yang memiliki mobil belum tentu mengetahui semua komponen beserta fungsinya. Makanya, terkadang masih muncul pertanyaan-pertanyaan tentang hal tersebut. Terutama pasal kelistrikan mobil. Dan Ini pertanyaannya:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=” Apa Itu kelistrikan mobil?” answer-0=”Kelistrikan mobil adalah seluruh komponen mobil yang menggunakan tenaga yang mengambil dari energi listrik. Salah satunya mesin. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah kelistrikan mobil perlu dirawat dengan baik?” answer-1=”Tentu saja, karena jika kelistrikan mobil rusak apalagi mati total, tentu kendaraan tidak akan bisa dinyalakan. Tak hanya itu, biaya perbaikannya juga cukup mahal” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]