Simak Penyebab Mesin Susah Hidup Saat Mesin Panas

Aug - 05
2021
penyebab mesin susah hidup saat mesin panas

Simak Penyebab Mesin Susah Hidup Saat Mesin Panas

Apakah Anda pernah mengalami mobil yang susah distarter ketika mesin panas? Atau bahkan kendaraan kesayangan Anda tersebut malah tidak bisa distarter sama sekali? Tentu hal tersebut membuat kesal, bukan? Apalagi jika hal tersebut terjadi ketika sedang berpergian. Penyebab mesin susah hidup saat mesin panas sering terjadi pada mobil tua, meskipun tidak semua mobil tua mengalami hal demikian. Keadaan mesin mati karena panas bisa terjadi selain karena faktor usia. Misalnya karena kurang merawat kendaraan, atau akibat salah memasang komponen yang ada di mobil.

Kerusakan pada mesin yang tiba-tiba mati ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada beberapa gejala yang biasa muncul. Namun, hal tersebut seringkali tidak diperhatikan. Padahal jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini bisa memberi efek yang merusak pada komponen mobil yang lain.

Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, Anda sebaiknya mengenali ciri-ciri yang bisa menjadi penyebab mesin susah hidup saat mesin panas. Berikut ini pembahasannya.

Penyebab Mobil Susah Hidup Saat Mesin Panas

penyebab mobil panas

Mesin mobil tidak bisa distarter karena panas tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada beberapa ciri-ciri yang perlu dipahami oleh para pengemudi untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi. Berikut ini penyebab mobil susah hidup saat mesin panas yang bisa Anda waspadai.

Alternator/Dinamo Ampere

Alternator memiliki fungsi untuk memproduksi daya listrik yang dibutuhkan oleh mobil. Ketika komponen ini rusak, biasanya disertai beberapa gejala terlebih dahulu sebelum benar-benar rusak total. Misalnya AC menjadi tidak dingin, starter mulai agak lama, indikator aki pada panel instrumen speedometer mulai menyala dan lampu menjadi agak redup.

Tanda-tanda di atas merupakan kode bahwa alternator sedang kritis atau mulai rusak. Jika dibiarkan saja, maka alternator akan rusak sepenuhnya. Pada mobil manual, jika altenator rusak maka mobil bisa dinyalakan dengan cara mendorong. Tetapi pada mobil matic, hal ini sangat krusial dan Anda harus memperbaiki komponen tersebut.

Alternator atau dinamo ampere ini rusak karena beban listrik yang terlalu besar. Misalnya karena terlalu banyak komponen atau aksesoris tambahan yang berhubungan dengan kelistrikan mobil. Jika komponen ini rusak, maka pengisian aki menjadi tidak maksimal.

Untuk memperbaiki keadaan tersebut, Anda perlu melakukan service di bengkel spesialis dinamo. Selain itu, Anda juga bisa memasang voltmeter pada mobil yang sudah berusia 10 tahun atau lebih. Voltmeter ini bisa dipasangkan di lubang lighter.

Di dalam voltmeter nantinya akan menampilkan tegangan listrik pada mobil. Normalnya tegangan ini berkisar 13 volt sampai 13,8 volt. Di bawah batas minimum atau melebihi batas maksimal sudah menjadi indikasi kalau dinamo ampere mulai jelek.

Koil Mulai Melemah

Penyebab lainnya adalah koil. Jika komponen aki dan alternatornya baik-baik saja, Anda bisa melanjutkan identifikasi pada bagian koil. Terkadang, banyak bengkel atau pemilik kendaraan yang lupa bahwa koil merupakan salah satu penyebab mesin susah hidup saat mesin panas. Koil yang mulai rusak dapat menyebabkan produksi api yang tidak stabil.

Koil merupakan komponen yang ada di bagian pengapian mobil. Komponen ini cukup penting dan memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan dari aki untuk diteruskan ke busi. Selanjutnya busi menghasilkan percikan bunga api di dalam ruang bakar.

Koil biasanya berjumlah sesuai dengan silinder mobil. Kalau mobilnya 4 silinder, maka koilnya ada 4. Kalau mobilnya 6 silinder, maka terdapat 6 koil. Jika koil sudah mulai using, Anda bisa mengetahui hal tersebut melalui beberapa indikasi.

  • Menyalakan mesin menjadi agak lama
  • Mobil agak brebet
  • Saat panas mobil mati
  • Ada percikan
  • Bensin lebih boros

Penyebab mesin susah hidup saat mesin panas bisa membuat bahan bakar yang digunakan semakin boros, lho! Apalagi jika koil yang rusak, maka performa pembakaran akan terganggu dan biasanya knalpot akan berbau bensin saat menyala. Nah, untuk menghindari berbagai kemungkinan kerugian finansial karena perawatan mobil, sebaiknya Anda tambahan asuransi kendaraan agar lebih aman. Temukan tawaran menariknya hanya untuk Anda di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi