Tips Membuat Suspensi Mobil Empuk, Dijamin Makin Nyaman!

Aug - 05
2021
suspensi mobil empuk

Tips Membuat Suspensi Mobil Empuk, Dijamin Makin Nyaman!

Suspensi yang keras pada mobil pastinya membuat kenyamanan berkendara berkurang. Fungsi utama suspensi adalah untuk meredam getaran pada kaki-kaki mobil sepanjang perjalanan. Jika suspensi keras otomatis penumpang tidak akan nyaman saat berkendara di mobil. Di artikel kali ini kami akan membahas lengkap seputar suspensi mobil, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Cara membuat suspensi mobil empuk

Biasanya ada 3 cara yang biasa dilakukan oleh montir yaitu:

  • Memberikan tambahan shockbreaker
  • Setting ulang suspensi
  • Penambahan oli pada bagian per

Ketiga cara tersebut sebaiknya dilakukan oleh montir profesional, namun jika kalian bisa mengerjakannya sendiri lebih baik karena menghemat biaya. Jika terpaksa harus pakai montir berikan mobil kalian asuransi mobil All Risk dari Cekpremi agar terhindar dari biaya servis.

Penyebab suspensi mobil keras

Nah bagi kalian yang penasaran mengapa suspensi mobil bisa keras, berikut ada beberapa kemungkinan penyebabnya:

1. Terlalu sering melewati jalan berlubang

Mobil yang sering melewati jalanan berlubang tentunya membuat suspensi bekerja lebih keras dari biasanya. Akibatnya masa pakai suspensi akan terkikis dan suspensi cepat keras. Solusinya adalah dengan mengganti suspensi dengan suspensi yang baru.

2. Masa pakai suspensi sudah melewati batas

Ciri utama dari suspensi mobil yang habis masa pakainya adalah bocornya oli pada bagian suspensi. Jika kalian melihat oli mobil menetes di bagian bawah maka kemungkinan besar suspensi bermasalah dan perlu diganti.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus

3. Posisi upper mounting yang tidak tepat

Posisi upper mounting sangat mempengaruhi kinerja dari suspensi, jika pemasangan tidak tepat suspensi akan bekerja lebih keras dan akibatnya mengurangi masa pakai sebuah suspensi.

4. Terlalu sering mengebut

Mobil yang sering dibawa dalam kecepatan tinggi dapat menyebabkan suspensi keras. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan saat mobil direm saat kecepatan tinggi, suspensi akan bekerja keras agar mobil tetap stabil dan seimbang. Akibatnya suspensi yang terlalu sering bekerja keras pun akan kekurangan masa pakainya.

Ciri-ciri suspensi mobil keras

Bagi kalian yang bingung apa sih ciri-ciri dari suspensi yang sudah keras simak ciri-cirinya di bawah ini:

1. Bantingan mobil keras

Ciri pertama adalah bantingan mobil yang keras, biasanya mobil akan terasa seperti diayun-ayunkan sesaat setelah mobil melewati jalanan yang tidak rata.

Baca juga: Ternyata Begini Setelan Kopling Mobil yang Benar

2. Oli suspensi bocor

Merupakan ciri yang paling mudah untuk diketahui adalah oli suspensi yang bocor. Kalian bisa cek di bagian bawah mobil kalian apakah ada oli yang menetes atau tidak jika iya segera cek darimana sumbernya.

3. Ban tidak rata

Jika hanya satu dari empat ban yang aus, maka itu pertanda besar suspensi bermasalah. Saat suspensi bermasalah biasanya ada satu bagian ban yang menanggung beban mobil lebih dari ban lainnya. Akibatnya ban cepat aus dan habis.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi