Penyebab Mobil Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Setiap mesin mobil mempunyai jenis serta spesifikasi yang berbeda. Namun, performa mesin tetap akan optimal jika sistem mobil bekerja dengan benar. Ketika sedang berkendara, seringkali tiba-tiba mobilmu berhenti mendadak. Apalagi ketika di tanjakan.  Nah, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab mobil kurang bertenaga dan cara mengatasinya.

Asuransi Mobil

Penyebab Mobil Kurang Bertenaga

  • Kurangnya Pasokan Udara ke Mesin

Udara mempunyai pengaruh terhadap mesin mobil. Tenaga bisa saja hilang jika ada masalah yang terjadi pada induction system. Biasanya hal ini terjadi apabila filter udara pada mesin mobil mengalami masalah. Misalnya, kotor. Solusinya adalah dengan membersihkan filter udara atau menggantinya dengan yang baru apabila permukaan filter sudah mulai berwarna hitam.

  • Busi Bermasalah

Masalah pada busi mobil sendiri sangat beragam. Mulai dari kabel busi yang bermasalah hingga busi yang kotor atau usang. Untuk mengatasinya, kamu harus memeriksa kondisi busi mobil satu persatu. Kemudian, kamu juga harus membersihkan busi yang kotor atau mengganti busi yang usang. Periksa kembali kabel busi dengan mengencangkan atau menyambungnya kembali.

  • Filter Bahan Bakar Bermasalah 

Apabila kotoran dapat masuk menuju sistem injeksi, maka bisa menyebabkan tersumbat sehingga mesin mobil menjadi kurang tenaga. Ini akan membuat mesin mobil mati mendadak. Komponen yang sering kotor dan harus dibersihkan adalah filter bensin, karena jika kotoran menumpuk pada bagian ini membuatnya tersumbat dan aliran bahan bakar terhalang.

  • Kampas Kopling Aus 

Kampas kopling yang mulai habis bisa menyebabkan tenaga mobil berkurang saat di tanjakan. Ciri dari kampas kopling habis adalah saat memindahkan gigi transmisi terasa sedikit sulit tidak seperti biasanya. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti komponen tersebut dengan yang baru. 

  • Masalah pada Mesin

Mesin yang bermasalah atau mesin yang terlalu panas (overheat) juga dapat menyebabkan mobil kurang bertenaga. Mesin mobil merupakan penggerak utama mobil. Oleh karena itu, sangat wajar jika masalah pada mesin menjadi salah satu penyebab mobil kurang bertenaga. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memperbaikinya di bengkel terdekat. Jika overheat, sebaiknya dinginkan mesin terlebih dahulu. Setelah suhu mesin menjadi dingin, isi atau gantilah oli mesin mobil. 

  • Beban Muatan Berlebihan 

Membawa beban muatan yang terlalu banyak melebihi kapasitas yang direkomendasikan bisa mengakibatkan mobil kurang bertenaga. Misalnya, barang atau penumpang yang terlalu banyak. 

  • Oktan BBM Terlalu Rendah

Kadar oktan BBM bisa mempengaruhi kinerja mobil. Semakin tinggi oktan, maka proses pembakaran pada mesin akan jadi lebih sempurna. Memilih oktan BBM yang sesuai dengan kondisi mobil dapat membantu menghindarkanmu dari resiko mobil tiba-tiba hilang tenaga. 

Cara Mengatasi Mobil Kurang Bertenaga

  1. Hentikan Mobil di Tempat Aman

Kalau tiba-tiba mobil kehilangan tenaga, jangan paksakan untuk tetap membawa mobil berkendara. Jangan juga biarkan mobil berhenti begitu saja di tengah jalan. Pastikan kamu menghentikan laju mobil dan bawa mobil untuk berhenti di tempat aman. 

  1. Matikan Mesin Mobil

Jika sudah diparkirkan di tempat yang aman, segera matikan mesin mobil. Mesin mobil sebaiknya dimatikan selama 10 hingga 15 menit.  Hal ini dilakukan agar mesin dan transmisi mobil kamu bisa dingin dan beristirahat. 

  1. Nyalakan Kembali Mesin Mobil

Setelah 10 hingga 15 menit, kamu bisa kembali menyalakan mesin mobil. Pada tahap ini, seharusnya mesin dan transmisi mobil sudah lebih dingin, sehingga sudah lebih aman ketika digunakan kembali untuk berkendara. 

  1. Servis Mobil Secara Rutin

Dengan servis mobil secara berkala, performa mesin dan bagian-bagian mobil lainnya akan tetap terjaga sehingga mobil milikmu dapat terhindar dari kemungkinan kehilangan tenaga. Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Penyebab Mobil Kurang Bertenaga

Bagaimana cara mengatasi mesin mobil kurang tenaga?

Kalau tiba-tiba mobil kehilangan tenaga, jangan paksakan untuk tetap membawa mobil berkendara. Pastikan kamu menghentikan laju mobil dan bawa mobil untuk berhenti di tempat aman. Jika sudah diparkirkan di tempat yang aman, segera matikan mesin mobil. Setelah 10 hingga 15 menit, kamu bisa kembali menyalakan mesin mobil.

Apa penyebab mobil kurang bertenaga?

Kurangnya Pasokan Udara ke Mesin Busi Bermasalah Filter Bahan Bakar Bermasalah Kampas Kopling Aus Masalah pada Mesin Beban Muatan Berlebihan Oktan BBM Terlalu Rendah