Penyebab Bunyi Kletek pada Roda Depan Mobil

kaki kaki mobil

Kamu kerap kali mendengar bunyi kletek pada roda depan mobil. Hal ini bisa jadi penanda masalah pada ball joint. Ball joint merupakan bagian kaki-kaki mobil yang rentang mengalami masalah. Selain itu, stabilizer bar, shockbreaker, tie rod, boot axle, wheel bearing, dan lain-lain juga berpotensi menimbulkan bunyi kletek. Jika dibiarkan, kondisinya akan semakin parah dan biaya perbaikannya semakin mahal. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui penyebab bunyi kletek pada roda depan mobil.

Asuransi Mobil

Penyebab Bunyi Kletek pada Roda Depan Mobil

  • Stabilizer Bar Rusak

Stabilizer bar merupakan komponen berbentuk batang yang memiliki dua ball joint pada masing-masing ujungnya. Fungsinya untuk menerima gaya suspensi serta menjaga keseimbangan tinggi roda mobil. Selain mengakibatkan bunyi yang mengganggu perjalanan, kerusakannya juga dapat membuat mobil menjadi limbung. Dampaknya, kendaraan menjadi tidak stabil akibat kaki-kaki yang tidak optimal. Jika stabilizer bar bermasalah, maka kamu dapat menggantinya dan memasang stabilizer baru. Kamu dapat memasang dua bracket yang ada pada poros roda belakang menyambungkan langsung baut ukuran 14 ke bagian sasis dan pastikan bahwa karet bracket tidak dalam kondisi getas.

  • Ball Joint Bermasalah

Masalah ball joint yang ada di dalam stabilizer dapat menimbulkan bunyi. Baik saat berbelok, jalan lurus, maupun ketika melewati jalanan tidak rata. Untuk mengatasinya, kkamu dapat mendongkrak hingga roda mobil tergantung dan melepas caliper rem dan membongkar ball joint dari knuckle roda dan memasangnya dengan komponen yang baru. Untuk membuka ball joint, kamu memerlukan ball joint remover agar dapat melepas komponen dari knuckle lebih mudah dan tidak merusak boot karet.

  • Shock Absorber Bermasalah

Shock absorberberfungsi untuk meredam guncangan. Kerusakan pada shock absorber yang diakibatkan oleh gerakan suspensi yang berlebihan dapat membuat roda depan maupun roda belakang mobil bunyi kletek ketika digas, terlebih saat melewati jalan berbatu. Untuk mengatasinya, kamu dapat memperbaiki komponen ini dengan mendongkrak bagian depan mobil dan membuka roda. Lalu, buka baut bagian atas dan bawah. Pasanglah shock absorber baru dan kencangkan baut kembali dengan kunci torsi.

  • Wheel Bearing Bermasalah

Wheel Bearing berfungsi untuk menjaga agar tidak terdapat gesekan langsung antara ban dan velg saat berputar. Jika komponen ini bengkok atau bahkan hancur, maka wheel bearing akan menimbulkan bunyi yang mengganggu. Untuk memperbaikinya, kamu dapat membersihkannya atau menekannya jika masih bagus. Namun jika kondisinya rusak, gantilah dengan komponen baru di bengkel terdekat.

  • Tie Rod End Rusak

Tie Rod End berfungsi untuk menghubungkan lengan power steering dengan steering knuckle yang terhubung dengan roda. Komponen ini juga memiliki ball joint yang berfungsi sebagai engsel. Kerusakan atau melemahnya ball joint pada komponen ini dapat membuat mobil bunyi kletek dan menyebabkan setir menjadi oleng. Untuk mengatasinya, kamu dapat pergi ke bengkel resmi. Jika ingin mengganti komponen ini sendiri, kamu harus mendongkrak mobil dan menggunakan jack stand untuk mengganjal mobil dan membuka keempat mur roda.

  • Boot Axle Rusak

Boot Axle berfungsi untuk menutup joint pada bagian axle shaft dan menjaga pelumas agar tidak mengalami kebocoran. Bagian ini rentan sobek. Jika kering dan sobek, maka akan menimbulkan bunyi kletek. Untuk mengatasinya, segeralah pergi ke bengkel terdekat.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance. Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp35.000 perbulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Bunyi Kletek pada Roda Depan Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Kenapa ban bunyi kletek?” answer-0=”Apabila bunyi kletek-kletek terdengar saat kamu sedang melakukan belok, segera periksa pada bagian ball joint. Hal itu umumnya disebabkan oleh tidak sehatnya bagian ball joint mobil. Tie rod merupakan komponen yang meneruskan pergerakan dari setir menuju ke area ban.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Kenapa ban depan mobil bunyi?” answer-1=”Penyebab bunyi pada roda depan mobil bisa datang dari komponen bushing stabilizer. Komponen ini memiliki fungsi yang penting dalam mencegah getaran sampai pada chassis mobil. Namun, bushing stabilizer akan bisa longgar, tipis, atau bahkan rusak karena faktor penggunaan yang lama.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]