Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri dan Kanan pada Wanita

Sakit Perut

Penyebab sakit perut bawah sebelah kiri dan kanan sebaiknya tidak dianggap sepele. Sebab, bisa jadi itu merupakan gejala dari beberapa penyakit serius. Pada perut terdapat beberapa struktur dan organ. Keluhan dalam perut bisa berasal dari otot perut, organ hati, empedu, lambung, ginjal, kandung kemih, saluran kemih, saluran cerna (bagian dari usus) serta organ reproduksi (rahim dan indung telur). Untuk info lebih lengkap, simak artikel berikut ini.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

  1. Kram Menstruasi

Kram biasanya terjadi sebelum dan selama periode menstruasi. Biasanya, kram tidak serius dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Namun, segeralah periksakan ke rumah sakit ketika kram bertambah parah hingga mengganggu aktivitas harian.

  1. Endometriosis

Endometriosis merupakan kondisi saat jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim juga tumbuh di luar rahim. Hal ini menyebabkan sakit perut dan dapat menyebabkan kemandulan. Gejala lainnya adalah kram menstruasi yang parah, rasa sakit saat berhubungan seksual, buang air besar atau buang air kecil terganggu.

  1. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan di dalam atau di permukaan ovarium. Kista terbentuk sebagai bagian dari siklus menstruasi normal wanita. Kebanyakan kista tidak menghasilkan gejala dan hilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan. Kista yang pecah dapat menyebabkan pendarahan internal.

  1. Torsi Ovarium

Ketika kista ovarium membesar, ia bisa menyebabkan ovarium berubah posisi. Hal ini meningkatkan risiko torsi ovarium, yakni puntiran ovarium yang menyakitkan yang dapat memotong suplai darah. Saluran tuba juga bisa terpengaruh akibat kondisi ini.

  1. Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini adalah infeksi pada sistem reproduksi wanita. Biasanya disebabkan oleh PMS seperti klamidia dan gonore. Selain sakit perut bawah sebelah kiri, gejalanya yaitu demam, keputihan dengan bau tidak sedap, rasa sakit saat berhubungan seks, hingga pendarahan.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

  1. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu bisa disebabkan oleh infeksi, sehingga terjadi pembengkakan. Kondisi ini perlu segera ditangani oleh dokter. Salah satu gejala khas radang usus buntu adalah sakit perut sebelah kanan bawah yang disertai mual, muntah, kembung, sembelit, dan demam.

  1. Batu empedu

Pnderita batu empedu biasanya akan merasakan nyeri perut sebelah kanan sesaat setelah makan. Keluhan sakit perut tersebut dapat menjalar hingga ke dada, punggung bagian atas, dan bahu yang disertai gejala mual dan muntah.

  1. Kolesistitis

Kolesistitis adalah peradangan pada kantong empedu. Kondisi ini dapat terjadi karena saluran yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan dari kantong empedu terhalang oleh batu empedu. Hal ini membuat cairan dari empedu mengalami penumpukan dan menyebabkan peradangan.

  1. Hepatitis

Hepatitis terjadi ketika organ hati atau liver mengalami peradangan akibat infeksi virus maupun hal lain, seperti efek samping obat-obatan, konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang, perlemakan hati, dan penyakit autoimun. Gejala yang ditimbulkan penyakit hepatitis bisa berupa sakit perut di bagian kanan atas, mual, muntah, lemas, nafsu makan menurun.

  1. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik terjadi di luar kandungan dan dapat terjadi di indung telur, tuba falopi, dan leher rahim. Beberapa gejala kehamilan ektopik adalah sakit di bagian bawah perut sebelah kanan, tetapi juga dapat terasa di sebelah kiri perut, tergantung lokasi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.

Cara Mengatasi Nyeri Perut

  • Makan-makanan yang sehat secara teratur.
  • Olahraga teratur.
  • Hindari stress.
  • Jangan merokok atau mengkonsumsi alkohol.
  • Minum yang cukup.
  • Kompres area perut yang nyeri, dengan botol berisi air hangat.
  • Minum obat anti-nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.
  • Bila cara-cara di atas tidak berhasil, segera pergi ke dokter. dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang berupa tes urine, tes darah, hingga pemeriksaan radiologi, seperti USG, foto Rontgen, dan CT Scan.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab sakit perut bawah sebelah kiri dan kanan pada Wanita. Proteksi kesehatan juga akan semakin lengkap apabila kamu menggunakan asuransi kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan promo menarik. Kami punya berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap dengan harga terbaik. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Penyebab Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Sakit perut bawah sebelah kiri penyakit apa?” answer-0=”Sakit perut bawah sebelah kiri jangan dianggap sepela. Bisa jadi itu merupakan gejala penyakit serius. Penyebab sakit perut sebelah kiri: kram menstruasi, endometriosis, kista, radang panggul. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Bagaimana cara mengatasi sakit perut pada wanita?” answer-1=”Makan-makanan yang sehat secara teratur. Olahraga teratur. Hindari stress. Jangan merokok atau mengkonsumsi alkohol. Minum yang cukup. Kompres area perut yang nyeri, dengan botol berisi air hangat. Minum obat anti-nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Segera pergi ke dokter. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]