Perbedaan Jok Mobil dengan Bahan Kulit Asli dan Sintetis

jok mobil

Kamu dapat mengganti jok mobil sesuai selera, saat ini terdapat dua jenis bahan yang dapat kamu gunakan untuk memodifikasi covernya. Dua jenis bahan untuk modifikasi cover jok mobil yaitu bahan kulit asli dan kulit sintetis.

Kedua bahan tersebut jika dilihat secara kasat mata tidak memiliki perbedaan.

4 Perbedaan Jok Mobil Bahan Kulit Asli dengan Kulit Sintetis

Berikut ini adalah cara agar kamu mengetahui lebih detail, apa saja perbedaan dari kedua jenis jok tersebut, yaitu:

  • Memiliki Aroma yang Berbeda

Selain menggunakan indera penglihat, kamu dapat menggunakan indera penciuman untuk membedakan kedua jenis jok ini.

Jika jok mobil menggunakan bahan kulit asli, maka aromanya akan lebih khas, yaitu dengan sedikit bau amis kulit, namun tidak menyengat karena sudah diproses dan diolah sedemikian rupa.

Jika kulit sintetis, memiliki aroma yang lebih menyengat. Aroma tersebut seperti bau bahan kimia, jika jok berada dalam kondisi baru, aromanya akan lebih menyengat.

  • Tekstur yang Berbeda

Tekstur kedua jenis bahan jok ini tentu berbeda. Jika kamu meraba jok dengan bahan kulit asli, akan terasa lebih kasar.

Sedangkan jika kulit sintetis, jok tersebut memiliki tekstur yang lebih halus. Namun meskipun jok kulit asli lebih kasar, memiliki kualitas lebih nyaman saat digunakan.

  • Pori-pori Jok

Jika kamu melihat secara lebih detail, terdapat perbedaan pada bagian pori-pori bahan jok mobil ini. Jika jok dengan kulit asli, akan memiliki jarak antar pori yang kurang teratur, dan ukurannya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Berbanding terbalik dengan kulit asli, jok dengan kulit sintetis memiliki jarak antar pori yang terlihat lebih rapi, dan dengan ukuran yang sama antar pori-porinya.

Namun untuk kualitas daya serap keringat, jok kulit asli lebih unggul karena cocok jika digunakan oleh kamu yang sering berkegiatan outdoor.

  • Tepian Jok

Perbedaan selanjutnya yang dapat kamu lihat yaitu pada bagian tepian jok. Jika jok dengan bahan kulit asli, akan terasa cenderung lebih kasar.

Namun jika kulit sintetis akan lebih halus karena lebih mudah dibentuk dan dijahit. Hal tersebut membuat jok dengan kulit sintetis lebih rapi dibandingkan kulit asli.

Kelebihan dan Kekurangan Jok Kulit Asli dan Kulit Sintetis

Selain perbedaan, kamu dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan dari kulit asli dan kulit sintetis, yaitu:

  • Harga

Jok dengan kulit asli tidak akan cepat memudar warnanya. Selain itu, jika kamu duduki secara lama tidak akan merasa panas, karena sifat kulit asli yang dapat melepas panas lebih cepat.

Namun, harga kulit asli relatif mahal karena berkisar antara Rp7 juta hingga puluhan juta tergantung dari kualitasnya. Selain itu kulit asli akan lebih mudah kotor dibanding kulit sintetis, maka kamu dapat melakukan perawatan ekstra.

  • Perawatan

Kulit sintetis memiliki harga yang lebih terjangkau, contohnya seperti satu set cover jok Toyota Avanza berkisar Rp 800 ribu hingga Rp 1 jutaan. Selain itu, kulit sintetis memiliki pilihan warna yang lebih banyak.

Perawatan kulit sintetis lebih mudah, jika terkena air atau makanan yang berwarna kamu dapat membersihkannya menggunakan lap bersih.

Perawatan interior dan eksterior mobil dapat lebih mudah jika kamu telah menggunakan asuransi mobil. Pilih asuransi mobil melalui rekomendasi dari Cek Premi untuk memilih asuransi mobil dengan harga dan fasilitas terbaik.

Pertanyaan Seputar Jok Mobil

Memodifikasi cover jok mobil dapat kamu lakukan dengan menggunakan berbagai bahan seperti kulit asli atau sintetis. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan terkait jok mobil, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa saja jenis bahan untuk cover jok?” answer-0=”Jenis bahan untuk cover ada 5 macam, yaitu kulit asli, kulit sintetis premium, kulit sintetis, semi kulit, dan kain atau fabric. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa harga pemasangan jok mobil?” answer-1=”Biaya pemasangan tergantung dari jenis bahan dan mobilnya. Jika kulit sintetis pada mobil sedang, berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 1 jutaan. Sedangkan untuk mobil Avanza dengan jok tiga baris berkisar antara Rp 1.3 juta hingga Rp 2 jutaan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]