Tips Merawat Mobil Putih, Gak Ribet Kok

merawat mobil

Merawat mobil putih dirasa lebih sulit dalam perawatan karena akan terlihat lebih mudah kotor. Contohnya seperti ketika terkena tumpukan debu ataupun cipratan lumpur.

Sehingga kamu harus melakukan perawatan lebih jika memiliki mobil berwarna putih agar tetap terlihat bersih. 

6 Tips Merawat Mobil Putih

Berikut ini adalah cara untuk merawat mobil putih, yaitu:

  • Tidak Terlalu Sering Parkir di Bawah Sinar Matahari

Jika mobil terlalu sering terkena sinar ultraviolet (UV), maka dapat berakibat warna cat akan menjadi lebih cepat pudar dan kusam. Sehingga jangan terlalu sering untuk memarkirkan mobil langsung di bawah sinar matahari, kamu dapat memilih tempat parkir yang teduh dan rindang.

Namun jika kondisi mengharuskanmu untuk memarkirkan di bawah sinar matahari, atau tempat yang langsung terkena sinar ultraviolet, kamu dapat menggunakan penutup mobil. Hal ini dapat membantu untuk merawat mobil agar terhindar dari debu yang menempel di mobil berwarna putih.

  • Menjaga Kebersihan Mobil

Menjaga kebersihan pada kendaraan adalah hal yang wajib kamu lakukan. Namun jika memiliki mobil berwarna putih, tentu kamu harus lebih rutin membersihkannya.

Kamu dapat mencuci atau membersihkan mobil putih saat akhir pekan. Sehingga pada awal pekan akan terlihat lebih bersih dan elegan.

  • Hindari Mencuci Mobil Berwarna Putih di Bawah Sinar Matahari

Seluruh kendaraan disarankan untuk tidak mencuci mobil di bawah sinar matahari, tidak hanya yang berwarna putih saja. Karena biasanya, banyak orang yang sering mencuci mobil di luar ruangan atau area yang langsung terkena sinar matahari.

Bagi sebagian orang yang lebih senang mencuci di area terbuka dibandingkan di dalam garasi atau area tertutup karena berharap mobil akan cepat kering. Namun kenyataannya, jika kamu mencuci di bawah sinar matahari, tidak akan membantu mobil lebih cepat kering.

  • Menggunakan Shampo Khusus Mobil

Selain menjaga kebersihan dan mencucinya dengan air bersih, kamu dapat menggunakan shampo khusus. Jika kamu menggunakan shampo mobil sembarangan, dapat menyebabkan jamur pada lapisan cat mobil.

Hindari menggunakan sabun colek untuk mencuci mobil, karena kandungan yang terdapat pada sabun colek dapat menyebabkan goresan pada cat dan membuat warnanya semakin pudar. Maka gunakan shampo khusus untuk perawatannya.

  • Menggunakan Teknik Membilas dengan Benar

Tahap pembilasan ketika sedang mencuci mobil adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan untuk merawat mobil putih. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari timbulnya bercak bekas sabun dan shampo saat mencuci mobil.

Kamu dapat membilas mobil dengan satu arah, jadi seluruh permukaan body mobil dibilas berkala dari atas ke bawah. Cara tersebut juga dapat berguna untuk membersihkan kotoran yang tersangkut di bagian celah mobil yang mengakibatkan mobil terlihat kotor.

  • Menggunakan Kain Lap Lembut dan Berdaya Serap Baik

Saat waktu mengeringkan mobil, kamu dapat mengelap bagian yang masih basah dengan menggunakan kain lap berbahan lembut. Karena kain lap tersebut dapat membantumu untuk terhindar dari warna mobil yang menguning. 

Menggunakan kain lap dengan daya serap yang baik dapat mempercepat proses pengeringan mobil warna. Selain itu, dengan menggunakan kain lap ini tidak akan meninggalkan bercak air yang mengering.

Meskipun memiliki beberapa perhatian khusus dibanding lainnya, namun merawat mobil putih tidak sesulit yang orang lain kira. Bercak kotoran yang terdapat pada mobil warna ini memang akan lebih terlihat, apalagi jika terdapat bekas lecet saat bergesekan atau tertabrak.

Sehingga kamu dapat melakukan perbaikan atau bahkan penggantian pada bagian tersebut agar mobilmu terlihat seperti sediakala. Jika menggunakan asuransi, kamu akan lebih dimudahkan untuk mengurus segala perbaikan dan penggantian tersebut.

Kamu dapat memilih asuransi mobil sesuai kebutuhan melalui Cek Premi. Karena kamu akan mendapatkan rekomendasi dari berbagai asuransi mobil yang memiliki pelayanan dan fasilitas terbaik.

Pertanyaan Seputar Merawat Mobil Putih

Karena sebagian orang mengira perawatan mobil berwarna putih sulit, muncul beberapa pertanyaan sebagai berikut, yaitu:

Apakah mobil berwarna putih bisa menjadi kuning?

Mobil putih dapat menguning karena adanya proses oksidasi dan kotoran yang terlalu lama menempel, dan menjadi bercak di permukaan cat mobil.

Apakah air embun dapat merusak warna cat mobil?

Embun mengandung zat asam yang dapat merusak kualitas cat mobil kamu.