Perumahan Syariah Bandung, Solusi Untuk Dapatkan Hunian Islami di Tengah Kota

Apr - 25
2021
perumahan syariah bandung

Perumahan Syariah Bandung, Solusi Untuk Dapatkan Hunian Islami di Tengah Kota

Last Updated on November 25, 2021 by Andrian

Di kota-kota besar, seperti Jakarta atau Bandung, memiliki huniah rumah tinggal cukup sulit karena lahan terbatas sehingga harganya mahal. Solusi mudahnya bisa dengan sistem KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Untuk yang ingin memiliki rumah namun menghindari riba dari bank, ANda bisa memilih perumahan syariah dengan sistem KPR syariah. Perbedaan paling jelas antara KPR syariah dan konvensional terletak di proses transaksi. Jika KPR konvensional melakukan transaksi uang muka KPR syariah bertransaksi barang (dalam hal ini rumah) dengan prinsip jual-beli (murabahah). Untuk Anda yang berdomisili di kota Bandung, dalam artikel ini akan membahas lengkap tentang KPR syariah dan perumahan syariah Bandung.

Perbedaan KPR Syariah dan Konvensional

KPR Syariah

  • Menggunakan prinsip akad Murabahah (jual-beli)
  • Tenor berkisar 5 – 15 tahun
  • Tidak mengenal sistem bunga sehingga cicilan tetap selama masa tenor
  • Tidak ada denda jika terlambat atau menunggak pembayaran

KPR Konvensional

  • Syarat dan ketentuan ditetapkan bank pemberi kredit
  • Suku bunga disesuaikan dengan naik-turunnya BI rate atau kebijakan bank
  • Tenor berkisar 5 – 25 tahun
  • Ada sanksi atau denda jika terlambat atau menunggak pembayaran

Baca juga artikel seputar properti kami lainnya:

Tips Pengajuan dan Persyaratan KPR Rumah Kedua

Kelebihan KPR Syariah

  • Cicilan bersifat tetap, tidak tergantung pada suku bunga Bank Indonesia.
  • Ketika ingin melunasi pembayaran lebih awal, bank syariah tidak akan mengenakan penalti atau denda seperti pada KPR konvensional.
  • Saat ini, uang muka lebih ringan dibanding KPR konvensional, yakni bisa hingga 10%, sedangkan pada KPR konvensional minimal 15% 
  • Proses lebih cepat dengan persyaratan yang mudah sesuai dengan prinsip syariah.

Persyaratan Pengajuan KPR Syariah

  • Karyawan tetap dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun
  • Wiraswasta dengan pengalaman usaha minimal 3 tahun
  • Profesional dengan pengalaman praktek minimal 2 tahun
  • Usia minimal pada saat pembiayaan diberikan adalah 21 tahun dan maksimal usia pensiun untuk karyawan atau 65 tahun untuk wiraswasta dan profesional
  • Tidak termasuk dalam Daftar Pembiayaan Bermasalah
  • Memenuhi persyaratan sebagai pemegang polis Asuransi Jiwa

Pilihan Perumahan Syariah di Bandung

rumah murah bandung

Untuk Anda yang sedang mencari perumahan syariah di kota Bandung, berikut adalah beberapa pilihannya.

Permata Mekar Mulya Residence

Perumahan ini berlokasi di daerah Andir Katapang, Rancamanyar. Memiliki desain minimalis modern dengan konsep semi cluster, cocok untuk hunian para keluarga mudah. Apalagi ditambah dengan lokasi yang strategis dan fasilitas di sekitar kawasan yang lengkap. Perumahan Permata Mekar Mulya pun dekat ke jalan utama Rancamanyar, kantor pemerintahan, sarana pendidikan, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan sarana ibadah. Harganya cukup terjangkau, serta bebas macet dan banjir. 

Cluster Pesona Lembang

Suasana sejuk daerah Lembang, membuatnya cocok untuk dijadikan lokasi tempat tinggal. Apalagi ditambah dengan banyaknya destinasi wisata di sekitar lokasi. Di kawasan Lembang ini terdapat perumahan syariah dengan konsep modern yakni Cluster Pesona Lembang. Menawarkan harga mulai dari Rp1 miliar untuk bangunan 2 lantai seluas 127 m² dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Kalyca Village Padasuka

Perumahan ini terletak di Jl. Padasuka Atas, memiliki desain minimalis modern dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Luas tanah 72 m² dan luas bangunan 50 m² dan harga jualnya berkisar Rp 517 juta. Untuk Kalyca Village Padasuka memiliki lokasi yang strategis ke sejumlah area hiburan dan fasilitas publik di Bandung. Selain itu juga dilengkapi fasilitas one gate system, CCTV, keamanan 24 jam, sarana ibadah dan area ruang terbuka hijau.

Savana Village Soreang

Perumahan syariah Bandung yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Savana Village Soreang. Terletak di Jl. Sindang Wangi, Soreang perumahan syariah ini memiliki desain modern yang stylish. Savana Village Soreang memiliki spesifikasi bangunan yang berkualitas seperti bata ringan, kusen alumunium, lantai granit dan atap baja ringan. Didukung juga dengan fasilitas untuk menunjang keamanan penghuni seperti one gate system, CCTV dan keamanan 24 jam.

Dapatkan berbagai penawaran terbaik asuransi kendaraan, properti, jiwa, dan kesehatan di cekpremi.com. Bisa hemat hingga 25%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo asuransi properti