10 Rekomendasi Wisata Pantai Gunung Kidul Paling Hits

Apr - 13
2021
Wisata Pantai Gunung Kidul

10 Rekomendasi Wisata Pantai Gunung Kidul Paling Hits

Jogja dikenal dengan keindahan wisatanya, mulai dari budaya, makanan, hingga alam yang menawan. Ada empat kabupaten dan kota di Jogja yang menawarkan pesona wisatanya masing-masing. Ada wisata hutan pinus di Bantul, wisata candi di Sleman, dataran tinggi di Kulon Progo, dan wisata pantai di Gunung Kidul. Kali ini kita akan fokus membahas tentang rekomendasi wisata pantai Gunung Kidul yang eksotik. 

Rekomendasi Wisata Pantai Gunung Kidul Paling Hits

1. Pantai Baron

pantai baron

Pantai Baron adalah salah satu wisata pantai paling terkenal di Gunung Kidul. Daya tarik dari objek wisata ini adalah keberadaan bangunan mercusuar di sekitar pantai. Wisatawan dapat menggunakan mercusuar tersebut untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

Lokasi pantai ini cukup mudah diakses dan sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Deretan kapan nelayan berjajar rapi di bibir pantai yang bisa disewa untuk berkeliling Pantai Baron. Jangan lupa untuk membawa kamera dan berfoto-foto di beberapa spot cantik di sana.

2. Pantai Wediombo

wisata gunung kidul pantai wediombo

Keindahan pantai dan suasananya yang tenang membuat Pantai Wediombo cocok sebagai tempat refreshing. Memiliki pasir putih dengan batuan karang yang bertebaran di beberapa sisi pantai. Laguna alami kadang terbentuk di tengah cerukan batu karang tersebut yang dapat digunakan untuk berenang.

Air lautnya pun terkenal sangat jernih sehingga cocok untuk aktivitas snorkeling. Airnya yang begitu bening membuat pemandangan di dasar laut terlihat begitu jelas. Lokasinya ini juga bisa dipilih untuk Anda yang ingin berburu sunset.

3. Pantai Timang

pantai timang yogyakarta

Pantai Timang menawarkan cara menikmati pantai dengan sensasi baru yang jarang ditemui di objek wisata pantai lainnya. Sensasi menyeberang laut dengan menggunakan kereta gantung tradisional. Tepat di bawah jalur gondola tersebut, Anda bisa melihat deburan ombak yang cukup tinggi.

Jika tertarik mencoba menaiki kereta gantung, wisatawan perlu membayar tiket sekitar 150 ribu. Setelah itu, Anda bisa mencoba hidangan lobster segar yang langsung ditangkap nelayan sekitar di sekitar batu karang Pantai Timang.

4. Pantai Ngobaran

pantai ngobaran

Pantai Ngobaran adalah pantai yang tidak hanya menyajikan kecantikan alam. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan ritual keagamaan umat Hindu. Kehadiran sejumlah pura dan arca juga menambah daya tarik yang unik bagi tempat wisata ini.

Pantai Ngobaran hanyalah pantai berukuran kecil. Pantai ini lebih pantas jika disebut pantai mini. Wujudnya hanya berupa lahan berpasir di antara tebing-tebing karang yang menjulang tinggi. Tapi jangan salah, yang spesial dari pantai ini adalah rangkaian bukit dan tebing karang..

5. Pantai Slili

pantai slili gunung kidul

Pantai Slili yang juga terkenal dengan spot snorkeling. Ombak di pantai ini cukup tinggi yang memberikan keindahan tersendiri untuk dinikmati para wisatawan yang datang. Keindahan pantai ini juga sering dimanfaatkan pasangan untuk foto prewedding. Beberapa sisi dari Pantai Slili dihiasi batu-batu karang yang membuat pemandangannya semakin unik. Fasilitasnya pun sudah cukup lengkap mulai dari tempat parkir, warung makan, kamar mandi, gazebo, dan penginapan.

5. Pantai Ngandong

pantai ngandong

Pantai ini ramai pengunjung ketika musim liburan, namun sepi ketika hari-hari biasa. Bagi Anda yang hobi bermain kano, pantai Ngandong bisa menjadi salah satu tujuan alternatif untuk menjalankannya. Air laut di pantai ini sangat bersahabat sehingga aman bagi setiap pengunjung termasuk untuk bermain kano. 

Pantai Ngandong mempunyai bentuk yang indah karena garisnya yang landai. Bentuk garis pantai yang demikian lebih aman bagi pengunjung untuk bermain-main di tepi lautan. Sementara itu di sekitar pantai juga terdapat banyak pohon cemara udang yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh oleh pengunjung.

6. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Wisata pantai Gunung Kidul lainnya adalah Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menemukan lokasi pantai ini tidaklah terlalu sulit. Di pinggir jalan, terdapat jalan setapak yang mengarah ke sebuah taman. Taman ini dihiasi oleh gerbang dengan gaya arsitektur yang akan mengingatkan pada suasana Bali. Gerbangnya menyerupai gerbang menuju pura, dengan patung dewa-dewi yang bertebaran.

Menariknya, pantai kecil ini merupakan pertemuan bagi beberapa tempat peribadatan. Musholla, pura, serta candi dibangun berdekatan di kawasan ini. Musholla kecil untuk kebutuhan pengunjung muslim. Sementara pura dan candi digunakan untuk tempat beribadah umat hindu dan kejawen dari berbagai daerah.

7. Pantai Widodaren

Pantai Widodaren

Jika kamu berjiwa petualang dan ingin mengunjungi pantai unik, datanglah ke pantai Widodaren di Gunungkidul. Pantai ini belum memiliki akses kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sehingga, masih sepi pengunjung dan tentunya masih sangat alami. Ada 2 cara untuk menuju Pantai Widodaren, pertama adalah menuju pantai Ngerenehan terlebih dahulu, selanjutnya trekking kurang lebih 40 menit ke arah timur melewati beberapa bukit. 

Untuk rute yang kedua, dari Pantai Ngerenehan kita bisa terus memacu kendaraan ke arah timur melewati jalan berbatu yang cukup terjal selama kurang-lebih 20 menit dan setelah itu dilanjutkan dengan trekking selama 20 menit melewati 3 bukit. Kelebihan dari Pantai Widodaren adalah adanya tebing yang tepat berada di samping Pantai Widodaren dan dominasi karang-karang tajam yang terdapat genangan air dengan volume yang cukup banyak.

8. Pantai Kukup

 

Pantai Kukup wisata pantai gunung kidul

Pantai dengan air laut yang begitu jernih ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan termasuk snorkeling. Wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling untuk berenang menikmati pemandangan bawah laut yang tidak kalah cantik.

Daya tarik tambahan dari objek wisata pantai ini adalah adanya bukit karang di dekat pantai. Sebuah jembatan terhubung ke bukit karang tersebut sehingga wisatawan tidak harus turun ke air. Bukit karang ini merupakan salah satu spot terbaik untuk hunting foto dan menikmati pemandangan sunset.

9. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok terletak di sisi timur Pantai Wediombo yang katanya juga angker. Pantai Jungwok indah dengan pasir putihnya dan air lautnya yang biru. Bukan hanya itu yang menarik dari pantai ini. Pantai ini selain indah juga cukup luas. Mengunjungi pantai ini, dapat menyaksikan indahnya habitat berbagai jenis ikan hias, bintang laut dan berbagai macam rumput laut ini.

Pantai berbentuk agak cekung. Ombak pantai, sebagaimana pantai selatan pada umumnya, cukup besar. Sering kali tiba-tiba memecah ketika menghantam karang. Lokasi agak menjorok ke tengah laut, di pantai ini terdapat sebuah batu besar yang disebut watu topi. Watu topi ini ada juga yang menaikinya, sebagai spot memancing ikan. 

10. Pantai Nglimun

Pantai Nglimun

Pantai Nglimun adalah salah satu rekomendasi wisata pantai Gunung Kidul yang masih sepi karena memang belum banyak dikunjungi. Lokasinya yang sulit dijangkau membuat banyak wisatawan enggan untuk berkunjung. Pemandangan di pantai ini merupakan perpaduan yang indah antara birunya air laut yang terhampar jelas dan tebing dengan rerimbunan pohon hijau. 

Pantai ini didominasi oleh batuan karang yang memenuhi area bibir pantai. Ombak disini cukup besar dan mencapai ke bibir pantai, sehingga cukup berbahaya jika akan bermain air di pantai ini. Jadi, cukup bermain air di pinggir pantai saja ya. 

Ada banyak pilihan wisata pantai Gunung Kidul yang masih belum banyak diketahui banyak orang, sehingga ketika Anda mengunjunginya akan terasa seperti private beach lho! Kelebihan lainnya adalah aksesnya yang mudah dijangkau dari pusat kota Jogja.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *