Rumah Cluster, Town House, Residence, Ini Bedanya!

May - 02
2021
rumah cluster townhouse

Rumah Cluster, Town House, Residence, Ini Bedanya!

Ada banyak istilah dalam perumahan, mulai dari rumah cluster, town house, hingga residence. Tipe cluster dan town house banyak ditawarkan untuk para pasangan mudah yang baru menikah karena lokasinya yang biasanya terletak strategis. Untuk pengertiannya sendiri rumah cluster dibangun berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah serasi. Biasanya dilengkapi dengan pagar pembatas yang tinggi di sekeliling perumahan. Sistem rumah terbuka alias tidak ada lagi pagar yang membatasi antar rumah, namun dibatasi dengan tembok beton saja.

Sedangkan town house adalah kompleks hunian di tengah kota yang berisi hunian yang dibangun secara teratur dengan jumlah terbatas. Biasanya memiliki sistem tertutup atau one gate system. Fasilitasnya lengkap, mulai dari kolam renang, taman bermain, ruang terbuka hijau, banyak lainnya. Secara umum, cluster dan town house hampir mirip, perbedaannya ada pada fasilitas.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Perumahan residence juga sebenarnya terdiri dari beberapa rumah dalam satu kawasan. Namun umumnya residence mengusung desain yang minimalis dan sederhana. Ukuran dan tipe rumah juga diseragamkan. Serta lokasinya berada di wilayah sub-urban atau pinggir kota dengan lingkungan yang masih asri. 

Perbedaan Rumah Cluster, Town House, dan Residence

rumah townhouse

Konsep Rumah

Walaupun townhouse juga mengenal sistem one-gate-system ala cluster dan sama-sama menampung unit rumah dalam satu kawasan, jumlah unit di townhouse lebih sedikit, hanya puluhan unit, dibandingkan cluster yang bisa sampai ratusan. Townhouse pertama kali dibangun di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal para ekspatriat. Karenanya, konsep rumah di townhouse lebih eksklusif dan memiliki harga yang lebih tinggi. Kemudian bentuk dan ukuran rumah di townhouse seragam. Serupa dengan cluster, perumahan residence juga terdiri dari beberapa rumah dalam satu kawasan. Namun untuk ukuran dan tipe rumah residence seragam. 

Lokasi

Perumahan cluster dan town house umumnya berada di kawasan perkotaan yang ramai atau kawasan khusus permukiman. Sedangkan perumahan residence lebih banyak ditemukan di daerah sub-urban atau jika di daerah Jabodetabek banyak ditemukan di Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor.

Suasana Perumahan

Penggunaan istilah perumahan cluster dan town house merujuk pada rumah dengan model terbuka tanpa ada pagar yang mengelilinginya. Jadi hanya ada tembok tinggi yang mengelilingi seluruh wilayah dengan satu gerbang. Biasanya juga ada petugas yang mengawasi gerbang selama 24 jam penuh sehingga keamanannya terjaga. Sementara itu, perumahan residence berada di pinggir kota yang memiliki lingkungan asri dan bebas dari polusi. Sistem keamannya tergantung dari pihak pengelola perumahan tersebut.

Fasilitas Umum

Town house memiliki fasilitas yang lebih lengkap daripada rumah cluster. Biasanya sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang canggih yang bisa terhubung dengan smartphone lho!. Seperti kolam renang, gym, taman bermain, ruang terbuka hijau, banyak lainnya. Fitur tersebut tentu dapat memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi para penghuninya. Sementara untuk perumahan residence, hanya tersedia fasilitas umum yang biasanya terdapat dalam sebuah perumahan, seperti pos keamanan biasa, masjid dan taman bermain.

Harga Rumah

Melihat sejumlah fasilitasnya, harga perumahan cluster dan town house pun ditaksir lebih mahal jika dibandingkan dengan perumahan residence. Harga perumahan residence sendiri relatif cukup murah dan tersedia dalam berbagai variasi harga. Hal tersebut dipengaruhi oleh fasilitas dan bahan baku yang digunakan untuk membangun rumah residence yang umumnya lebih murah.

Lindungi rumah dan properti lain dari kerugian keuangan dengan asuransi properti. Anda bisa langsung mendapatkan penawaran terbaik dari berbagai jenis asuransi properti hanya di cekpremi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *