Tips Mudah Dalam Perawatan Mesin Mobil Agar Tetap Prima

Mei - 02
2021
perawatan mesin mobil

Tips Mudah Dalam Perawatan Mesin Mobil Agar Tetap Prima

Setelah membeli mobil, Anda perlu untuk memberikan perlindungan dan perawatan agar tetap beroperasi dengan prima. Untuk perlindungan dari kerugian finansial, Anda dapat menambahkan asuransi mobil yang bisa didapatkan di cekpremi.com. Kemudian untuk perawatan mesin mobil harus dilakukan secara berkala.

Seiring dengan pemakaian kendaraan harian, pastinya beberapa komponen akan mengalami perubahan. Sehingga perlu untuk dilakukan perawatan secara berkala yang bisa dilakukan di bengkel maupun di rumah agar kendaraan dan kondisi mesin selalu dalam performa yang maksimal. 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Perawatan Mesin Mobil Untuk Jaga Performa

ganti oli mobil

Cek Oli

Oli merupakan salah satu bagian penting dari mobil. Fungsinya untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga anti karat di dalam mesin. Nah, oli yang bekerja terus menerus akan terekspos oleh udara dan panas sehingga memotong daya pakainya. Until setiap 5.000-10.000 oli harus diganti agar tetap bisa bekerja maksimal. Cara untuk mengetahui apakah oli mobil sudah harus diganti atau belum, yaitu dengan meneteskan sedikit oli di tangan dan merasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya. Jika terdapat serpihan atau kotoran, oli sudah harus diganti.

Merawat Kopling

Tips ini berlaku untuk mobil bertransmisi manual. Jika kampas kopling sudah mulai aus, maka perpindahan gigi akan semakin berat dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara. Ciri dari kopling yang sudah aus adalah persneling yang sulit dipindah.

Baca juga artikel seputar perawatan mobil kami lainnya:

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi & Umum Terupdate 2021

Isi Air Radiator Secukupnya

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Jadi, air radiator harus dalam keadaan selalu terisi secara berkala dan jangan sampai kehabisan. Untuk mobil kesayangan Anda, pastikan memakai cairan radiator atau coolant yang direkomendasikan. Cairan coolant ini memiliki senyawa kimia anti-rust yang menjaga ruang radiator tetap bersih dan awet. Jangan lupa juga untuk mengecek jenis cairan lain yang dibutuhkan mobil, seperti power steering, air wiper, dan rem. 

Periksa Kabel dan Lampu

Anda perlu memeriksa kondisi kabel dan lampu mobil Anda secara rutin. Sesekali, Anda akan mendapati kabel yang kendur atau bahkan terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Agar tidak bermasalah di jalan, pastikan seluruh kabel dan lampu mobil Anda berada dalam kondisi normal.

Perawatan Aki Mobil

Anda juga harus memastikan air aki berada pada level yang seharusnya, antara garis batas penanda. Cara lain untuk mengecek kondisi aki adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika Anda tidak yakin mengenai kondisi aki mobil Anda, Anda dapat memeriksakan mobil ke bengkel terdekat. 

Pilih Bahan Bakar Teknologi Dyanflex

Selain nilai oktana, teknologi yang dimiliki BBM juga harus diperhatikan. Sebab bahan bakar yang baik tidak hanya mampu membersihkan dan melindungi mesin tetapi juga meningkatkan performa mesin lebih optimal. Shell V-Power dengan teknologi baru Dyanflex terbukti memiliki 3x lebih banyak molekul pembersih yang mampu membersihkan endapan dan mengurangi gesekan hingga 80% sehingga performa mesin akan lebih optimal.

Tune Up Secara Berkala

Selain perawatan di rumah, mobil juga membutuhkan sentuhan mekanik ahli secara berkala agar tetap optimal. Tidak harus servis besar, Anda juga bisa melakukan tune up yang berarti servis ringan untuk menjaga stabilitas performa mobil. Percayakan mobil kesayangan kepada dealer resmi dan bengkel terpercaya agar kualitas perawatannya terjamin. 

Selain perawatan mesin mobil, penting juga untuk menjaga kondisi ban dan karet wiper. Pastikan ban tidak aus dan karet wiper Anda masih elastis agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *