Daftar Alamat Samsat Jakarta, Jam Buka dan Jenis Layanannya

samsat jakarta

Meskipun saat ini sudah tersedia samsat keliling, Anda yang tinggal di ibukota harus tahu alamat samsat Jakarta terdekat. Mengingat tidak semua layanan tersedia lengkap di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap keliling.

Ada banyak layanan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor yang bisa Anda dapatkan di samsat. Semua kebutuhan pembayaran pajak kendaraan dan masih banyak lagi tersedia di sini. Mana saja samsat di Jakarta yang bisa Anda datangi, simak alamat lengkapnya.

Daftar Samsat Jakarta Lengkap dengan Jam Bukanya

Demi memudahkan akses pembayaran pajak kendaraan, samsat menyediakan layanan berupa samsat keliling dan juga samsat online. Hanya saja pada beberapa jenis layanan Anda tidak bisa mengandalkan samsat online atau samsat keliling saja.

Misalnya, untuk perpanjangan STNK, Anda mungkin sudah melakukan pembayaran secara online. Namun Anda tetap harus mengambil STNK yang sudah dicap dan ditandatangani ke samsat Jakarta terdekat.

Anda yang harus datang langsung ke kantor samsat bisa mengecek alamat lengkapnya berikut ini.

  • Jakarta Barat

Anda yang tinggal di daerah Daan Mogot, Kedoya, Jelambar dan sekitarnya bisa mendatangi samsat di Jakarta Barat. Alamat lengkapnya ada di Jalan Daan Mogot km 13 nomor 130, Cengkareng Tim.

Samsat ini memberikan layanan dari pukul 08.00 – 14.00 WIB dari hari Senin sampai Kamis. Khusus hari Jumat Anda bisa datang pada pukul 08.00 – 12.00 WIB. Pada hari Sabtu dan Minggu samsat ini tutup.

Tempatnya cukup luas sehingga Anda bisa dengan nyaman untuk menunggu pelayanan selesai. Area parkir juga cukup luas untuk motor maupun mobil.

  • Jakarta Timur

Beda lagi jika Anda berada di daerah Duren Sawit, Kalimalang, Pondok Bambu maka sebaiknya datang ke samsat Jakarta Timur yang lebih dekat. Alamatnya sendiri ada di Jalan Mayjen DI Panjaitan nomor 23, Cipinang Besar, Jatinegara.

Layanan di samsat ini buka dari pukul 08.00 – 15.00 WIB dari hari Senin sampai dengan Jumat. Hari Minggu dan Sabtu juga tutup. Pelayanan di sini cukup cepat hanya saja untuk area parkir masih cukup terbatas tidak seluas di Jakarta Barat.

Supaya pelayanan jadi semakin cepat Anda harus membawa berkas untuk pembayaran pajak secara lengkap. Lokasinya tidak sulit dicari karena berada di pinggir jalan besar persis.

  • Jakarta Selatan

Khusus Anda yang tinggal di daerah Ragunan, Kalibata, Gandaria City atau di Kebayoran maka datanglah ke samsat Jakarta Selatan. Alamatnya ada di Jalan Gatot Subroto, rt 5 rw 6, Senayan.

Jam buka dari samsat ini adalah pukul 08.00 – 14.00 WIB setiap hari Senin sampai dengan Jumat. Setiap hari Sabtu dan Minggu samsat ini tutup. Pelayanan yang diberikan di samsat ini cukup cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama.

Baik itu pembayaran pajak setahun atau lima tahunan kendaraan roda dua dan empat terorganisir dengan cukup baik. Namun area parkir di sini juga tergolong masih terbatas.

  • Jakarta Utara dan Pusat

Tidak seperti bagian Jakarta lain, khusus samsat Jakarta Utara dan Pusat menjadi satu. Jadi Anda yang tinggal di daerah Ancol, Harmoni, Kemayoran, Hayam Wuruk bisa datang ke samsat ini.

Alamatnya ada di Jalan Gunung Sahari nomor 13, Pademangan Barat, Pademangan, Jakut. Jam buka samsat ini adalah dari pukul 08.00 – 15.00 WIB dan di hari Senin sampai Jumat. Setiap hari Sabtu dan Minggu samsat ini libur.

Jenis Layanan yang Disediakan Samsat Jakarta

Sumber: https://elements.envato.com/car-insurance-document-or-lease-concept-the-car-br-8L3E7D4

Sekarang Anda sudah tahu mana saja alamat samsat di ibukota Jakarta. Apabila sebelumnya Anda sudah menggunakan e-samsat Jakarta untuk melakukan pembayaran pajak maka selanjutnya bisa datang ke alamat tersebut.

Pastikan untuk datang di jam yang sesuai dan Anda harus melengkapi berkas supaya tidak bolak balik untuk ke samsat. Berikut ini apa saja jenis layanan di samsat Jakarta yang bisa Anda dapatkan.

  • Pembayaran Pajak Tahunan

Anda yang ingin memperpanjang pajak STNK tahunan bisa langsung datang ke samsat terdekat. Cukup dengan membawa fotokopi dan STNK asli, fotokopi dan KTP asli saja tanpa harus BPKB.

  • Pembayaran Pajak Lima Tahunan

Anda bisa cek pajak kendaraan Jakarta sekaligus membayar pajak lima tahunan. Pada syarat pembayaran pajak ini Anda harus membawa KTP dan STNK asli maupun fotokopi. Begitu juga dengan fotokopi BPKB dan aslinya.

Khusus untuk pajak lima tahunan ini Anda juga harus membawa kendaraan yang hendak diperpanjang guna mengecek nomor mesin dan rangka. Pastikan juga bahwa tidak ada modifikasi yang membuat informasi pada STNK jadi berbeda.

  • Balik Nama Kendaraan

Anda yang baru saja membeli kendaraan bekas tentu ingin membalik nama kepemilikan. Khusus balik nama ini Anda hanya bisa melakukannya di kantor samsat. Semua jenis kendaraan yang bisa dibalik nama mulai dari roda dua, empat dan lebih.

Pembayaran juga harus dilakukan langsung di samsat baik itu transfer atau dengan pembayaran tunai. Pastikan juga Anda memenuhi berkas yang dibutuhkan sekaligus mengisi formulir.

  • Mutasi Kendaraan

Ada juga layanan untuk mutasi kendaraan. Misalnya Anda ingin mutasi kendaraan dari Jakarta ke Surabaya. Maka pengurusannya harus dilakukan dengan datang ke samsat di Jakarta.

Berkas yang dibutuhkan juga cukup banyak serta membawa kendaraan yang hendak dimutasi untuk pengecekan. Jangan lupa untuk membawa uang yang cukup untuk mutasi agar berjalan dengan cepat.

  • Pencetakan STNK Duplikat

Anda yang mungkin saja kehilangan STNK lama atau baru membeli motor baru, selama menunggu STNK asli selesai dibuat maka harus mencetak STNK duplikat. Anda hanya bisa melakukannya di kantor samsat.

Cukup banyak layanan yang disediakan di samsat Jakarta. Apapun kebutuhan Anda soal kendaraan maka sebaiknya segera selesaikan sehingga pajak tidak bertambah besar dengan adanya denda.

Jika Anda sudah membayar pajak dengan rutin, jangan lupa untuk segera memiliki asuransi mobil. Asuransi kendaraan ini akan membantu meringankan Anda dalam perawatan mobil yang notabene cukup tinggi.

Demi mendapatkan asuransi yang tepat Anda hanya perlu mengunjungi laman cakpremi.com. Ada banyak saran asuransi terbaik untuk kendaraan Anda yang bisa dipilih sekaligus diikuti.

Jadi hanya dengan satu website Anda bisa mengakses asuransi secara lengkap. Jadi tunggu apalagi, Anda bisa mengeceknya sekarang juga di cekpremi.com.

Sumber:

DDTC

I News

BBRP