Plat A, Asal Daerah, Fungsi hingga Cara Membedakan Asal Plat

Plat A

Setiap kendaraan bermotor pasti dilengkapi dengan nomor sebagai tanda bahwa motor sudah memiliki izin untuk beroperasi di jalan raya. Jika diperhatikan setiap plat di berbagai daerah mempunyai kode berbeda, misalnya didahului A atau B dan lainya. Anda juga bisa menggunakan plat A, B atau jenis plat lainya karena ini bermanfaat saat pencarian sepeda motor.

Plat sudah menjadi identitas bagi kendaraan baik motor, mobil dan kendaraan lain yang memang sudah disahkan oleh pemerintah. Sehingga semua warga negara harus mentaati peraturan penggunaan plat pada kendaraan.

Ketika berkendara di jalan raya, petugas akan memeriksa nomor yang digunakan. Plat juga bisa menjadi petunjuk untuk mencari tahu si pemilik kendaraan tersebut. Terlebih ketika si pemilik melakukan pelanggaran tertentu.

Fungsi Nomor Plat

Plat kendaraan jika diperhatikan mempunyai pola, seperti memakai berbagai kombinasi huruf dan angka-angka yang unik karena tidak ada yang sama. Hal tersebut karena nomor kendaraan merupakan bukti bahwa kendaraan sudah melakukan registrasi sebelum digunakan.

Seperti halnya sidik jari pada manusia, nomor kendaraan di Indonesia tidak ada yang sama meskipun kendaraan berasal dari satu merek atau perusahaan. Plat dipasang pada bagian depan serta belakang kendaraan, sehingga orang dapat melihat melalui kedua sisi

Tujuan dipasang depan dan belakang yaitu karena fungsi dari plat sendiri sebagai tanda pengenal dan identitas bagi kendaraan. Oleh karena itu nomor tidak boleh sembarangan di ganti atau parahnya lagi menggunakan nomor palsu.

Hal tersebut juga bermanfaat bila sewaktu-waktu kendaraan hilang, Anda dapat melacaknya menggunakan nomor kendaraan. Karena pada sistem tertentu nomor ini menyimpan informasi dari pemilik kendaraan dan jenis kendaraan yang digunakan.

Sama pentingnya dengan plat biasa, kendaraan biasanya dilengkapi dengan nomor A atau sejenisnya yang menunjukkan alur kunci. Menjadi bagian yang tidak boleh hilang karena mengandung kode untuk akses kendaraan Anda.

Cara Membedakan Asal Plat

Seperti yang diketahui bahwa nomor setiap daerah di Indonesia ini mempunyai kodenya masing-masing dan menjadi sulit dibedakan. Huruf pada nomor menandakan domisili pemilik kendaraan, supaya dapat membedakannya berikut ini contoh-contohnya.

1. Huruf Pertama Plat

Jika Anda mengamati plat maka huruf pertama di setiap daerah berbeda-beda, karena memang menandakan darimana asal kendaraan. Namun untuk kendaraan dinas dan juga instansi biasanya menggunakan kode atau huruf khusus.

Ada beberapa daerah yang memiliki kode awal plat yang sama misalnya plat A, kode awal ini banyak digunakan di daerah Jawa Tengah, Banten dan Jogja. Meskipun memiliki awalan yang sama tapi di huruf kedua dan kode angka dapat menjadi kunci untuk membedakan.

  • Kode AA untuk wilayah di Jawa Tengah diantara Kebumen, Wonosobo, Purworejo, Magelang, Kedu dan Temanggung.
  • Kode AD adalah wilayah Surakarta, Pati, Sragen, Cepu, Karanganyar, Wonogiri, Klaten dan Boyolali.
  • Kode AB yaitu wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, tapi diikuti dengan kode belakang yang berbeda misalnya bantul B atau G.
  • Kode kunci plat A juga digunakan pada wilayah Banten, diantaranya untuk daerah Lebak, Serang, Tangerang, Cilegon dan Pandeglang.
  • Kode AG untuk wilayah Jawa Timur diantara daerah Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Trenggalek dan Blitar.
  • Kode AE masih di daerah Jawa Timur dengan wilayahnya meliputi Madiun, Pacitan, Ngawi, Magetan dan Ponorogo.

Kode lain menggunakan gabungan huruf lain seperti B, P, D dan masih banyak lagi diikuti dengan kode tambahan untuk membedakan. Kendaraan tidak dapat dipisahkan dengan plat karena menjadi bukti kendaraan tidak bodong.

2. Angka Polisi

Kode selanjutnya yaitu angka, angka ini menunjukkan nomor polisi ketika kendaraan didaftarkan pada kepolisian sesuai urutannya. Angka ini terdiri sekitar satu sampai dengan empat nomor disesuaikan dengan jenis kendaraan, contohnya berikut.

  • 3000-6999 untuk sepeda motor.
  • 1-2999 untuk kendaraan penumpang seperti angkot dan sejenisnya.9000-9999
  • untuk kendaraan pengangkut beban misalnya truk.
  • 80000-8999 untuk kendaraan penumpang atau barang misalnya paket.
  • 7000-7999 kode untuk kendaraan jenis bus.

3. Huruf Setelah Nomor Polisi

Setelah angka dari kepolisian dalam plat selanjutnya yaitu terdapat huruf yang menandakan asal kota kendaraan terdaftar. Setiap daerah memiliki kode kunci yang berbeda, misalnya kode kode A, kunci kode B untuk Jakarta Barat dan huruf lain per daerahnya.

4. Huruf Kedua

Setelah itu jika Anda membaca kode plat kendaraan, huruf kedua ini menunjukkan jenis kendaraan dan golongannya. Berikut arti dari huruf dibelakang angka pada plat nomor kendaraan yang ada di Indonesia.

  • Huruf A di bagian belakang menunjukkan bahwa kendaraan berjenis pickup atau sedan dan sejenisnya.
  • Simbol huruf P yaitu menandakan wilayah, P ini menunjukkan kendaraan berdomisili di daerah Jakarta Pusat.
  • Huruf paling akhir A dan sebagainya itu hanya digunakan sebagai pembeda saja tidak ada arti khusus.
  • D adalah kode huruf untuk kendaraan jenis Truk.
  • V merupakan kode untuk kendaraan Minibus.
  • U nomor yang digunakan untuk kendaraan milik Staf Pemerintahan.
  • T yaitu untuk nomor dengan jenis kendaraan Taksi.
  • Q adalah kode untuk para Staf Pemerintahan.
  • J merupakan nomor kendaraan yang digunakan oleh jenis Jip serta SUV.
  • F yaitu nomor untuk jenis kendaraan Minibus, City Cara.

Setiap daerah punya kode tersendiri untuk plat, misalnya dengan plat A, kunci plat kode D tentunya beda daerah asal kendaraan. Misalnya saja kode A yang digunakan oleh beberapa daerah tapi ada perbedaannya yaitu pada kode yang kedua.

Setelah mengetahui mengenai asal daerah plat A, fungsi hingga cara membedakannya Anda juga harus mampu merawat kendaraan dengan cukup baik. Terlebih untuk daerah perkotaan yang umumnya setiap orang memiliki mobilitas tinggi untuk berkendara.

tidak ada salahnya jika memanfaatkan keuntungan dari penggunaan asuransi. Seperti misalnya asuransi mobil. Untuk rekomendasi terbaik, Anda bisa memilih produk asuransi yang direkomendasikan di cekpremi.com.

Portal online ini memiliki banyak informasi terkait produk asuransi yang Anda butuhkan. Menariknya, pengguna bisa menikmati berbagai layanan dan keuntungan. Segera kunjungi website utama di cekpremi.com.

Auto 2000

Grid Oto