15 Sekuritas Terbaik di Indonesia Tahun 2021, Cocok Bagi Pemula!

Oct - 12
2021
sekuritas terbaik

15 Sekuritas Terbaik di Indonesia Tahun 2021, Cocok Bagi Pemula!

Jika kita ingin masuk ke dunia saham, maka tentunya kita membutuhkan perantara untuk membeli saham perusahaan yang kita inginkan. Perantara ini kemudian akan disebut sebagai sekuritas. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai sekuritas yang bisa kalian pilih. Setiap sekuritas memiliki kelebihannya masing-masing. Mari simak 15 rekomendasi perusahaan sekuritas terbaik di artikel ini!

Mengenal perusahaan sekuritas

Sesuai dengan yang sudah disebutkan sebelumnya, perusahaan sekuritas memiliki peran sebagai perantara dalam proses transaksi jual beli sebuah saham (termasuk saham blue chip). Setiap perusahaan sekuritas diwajibkan untuk mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Hal ini bertujuan agar setiap transaksi terjamin keamanannya.

Selain itu peran perusahaan sekuritas lainnya adalah sebagai penjamin emisi efek. Artinya perusahaan sekuritas membantu calon perusahaan terbuka (emiten) untuk melakukan penawaran saham perdananya (IPO)

15 Rekomendasi Perusahaan Sekuritas Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Sudah berdiri sejak tahun 1994, perusahaan sekuritas satu ini pernah dinobatkan sebagai perusahaan sekuritas terbaik di tahun 2018. Mirae Asset menawarkan berbagai produk dan layanan efek bagi individu maupun korporasi.

Produk tersebut mencakup transaksi jual beli saham, reksadana, obligasi, perencanaan dan riset korporasi sampai membantu proses merger ataupun akuisisi tidak lupa juga proses pencatatan perdana saham.

Mirae Aset juga sudah menyediakan aplikasi untuk melakukan transaksi jual beli saham, tidak ada biaya administrasi bulanan dan layanan call centre hingga 24 jam. Untuk menjual saham dikenakan biaya sebesar 0,25% dan untuk membeli dikenakan biaya sebesar 0,15%.

2. Indo Premier Sekuritas

Perusahaan sekuritas yang sudah berdiri sejak tahun 1996 ini menawarkan berbagai kelebihan seperti biaya buka RDI (Rekening Dana Investor) yang murah mulai dari Rp 100 ribu. Biaya transaksi yang bersaing dan tersedianya aplikasi IPOT yang memungkinkan untuk melakukan transaksi jual beli saham di handphone.

Berbagai produk ditawarkan seperti jual beli saham, reksadana, investment banking bagi korporasi, perencanaan keuangan, sales & trading equity dan sales & trading fixed income bagi korporasi.

Indo Premier Sekuritas juga pernah mencapai nilai transaksi obligasi sebesar Rp 10 triliun pada awal 2019 menjadikannya sebagai perusahaan sekuritas yang menduduki posisi pertama dalam persaingan pasar obligasi.

3. Philip Sekuritas Indonesia

Perusahan yang sudah berdiri sejak 1994 ini adalah bagian dari jaringan perusahaan global PhilipCapital yang sudah tersebar di 16 negara. Saat ini Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) Philip Sekuritas sudah mencapai Rp 179 triliun.

Pada tahun 2015, Philip Sekuritas pernah dinobatkan sebagai pemilik platform layanan trading online terbaik dengan nama aplikasi POEMS (Philip’s Online Electronic Mart System)

4. Mandiri Sekuritas

Merupakan bagian dari organisasi induk Bank Mandiri, perusahaan sekuritas ini sudah berdiri sejak tahun 2000. Saat ini sudah memiliki 40 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kalian bisa mengakses layanan trading online berbasis aplikasi yang diberi nama MOST. Kalian akan dikenakan biaya jual saham sebesar 0,28% dan untuk beli akan dikenakan sebesar 0,18%.

Untuk keamanan transaksi, kalian tidak perlu meragukannya lagi, karena perusahaan satu ini sudah berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

5. BNI Sekuritas

Merupakan anak perusahaan dari Bank BNI, perusahaan sekuritas ini sudah berdiri sejak tahun 1995. Setiap layanan yang diberikan juga sudah diawasi oleh OJK dan terjamin keamanannya.

Kelebihan utama dari sekuritas satu ini adalah setoran awal yang terjangkau cukup Rp 1.000.0000 untuk membuka RDI. BNI sekuritas juga menyediakan fasilitas trading online dan biaya jual beli yang kompetitif. Biaya jual sebesar 0,27% dan biaya beli sebesar 0,17%

6. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Merupakan perusahaan sekuritas hasil gabungan antara CGS (China Galaxy Securities) dengan CIMB Group. Memberikan fokus layanan yang meliputi perdagangan saham, obligasi dan layanan pembiayaan investasi.

Kelebihan yang dimiliki oleh CGS-CIMB sekuritas adalah tersedianya panduan investasi, kemudahan pembukaan akun melalui online dan sudah bekerjasama dengan beberapa bank besar.

7. NH Korindo Sekuritas Indonesia

NH Korindo merupakan perusahaan asal Korea Selatan yaitu NH Investments & Securities. Perusahaan ini sudah hadir di Indonesia sejak 2008. Beberapa produk layanan yang disediakan adalah online trading, fixed income, investments banking, wealth management, hingga layanan riset.

Cukup dengan nominal setoran awal sebesar Rp 1.000.000 kalian bisa melakukan aktivitas transaksi jual beli saham. Kalian bisa melakukan aktivitas jual beli saham di platform online milik NH Korindo.

8. Sinarmas Sekuritas

Merupakan anak perusahaan dari Sinarmas Grup, Sinarmas Sekuritas sudah berdiri sejak 1988.

Sinarmas sekuritas memiliki platform trading online yang diberi nama Stockbit, disini kalian bisa melakukan aktivitas jual beli saham secara mudah di handphone kalian.

9. Deutsche Sekuritas Indonesia

Deutsche Sekuritas Indonesia adalah bagian dari induk perusahaan Deutsche Bank yang merupakan perusahaan asal Jerman. Sudah berdiri sejak tahun 1990. reputasi dari perusahaan ini tidak perlu diragukan lagi.

Di tahun 2018, Deutsche Sekuritas berada di urutan ke 9 dalam hal nilai transaksi tertinggi di antara broker-broker yang ada di Indonesia.

10. RHB Sekuritas

RHB sekuritas merupakan anak perusahaan dari RHB Banking Group asal Malaysia. RHB sekuritas memiliki MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) yang cukup besar sehingga kredibilitas perusahaan ini sudah terjamin.

Produk yang ditawarkan meliputi equity sales, brokerage, fixed income, investment banking, hingga jasa riset investasi. Cukup dengan Rp 100 ribu kalian sudah bisa membuka RDI  dan memulai proses jual beli saham.

11. Citigroup Sekuritas Indonesia

Merupakan perusahaan hasil gabungan dari Citibank Overseas Investment Corporation dengan Mitra Usaha Indonesia. Citigroup menawarkan produk layanan yang meliputi jual beli saham, penjamin emisi efek dan obligasi.

12. MNC Sekuritas

Perusahaan sekuritas ini sudah berdiri sejak tahun 1989 yang berada di bawah naungan PT MNC Kapital Indonesia Tbk. MNC Sekuritas juga menyediakan layanan jual beli saham berbasis syariah, yang hanya memperjualbelikan saham perusahaan syariah.

Cukup dengan Rp 100.000 kalian bisa membuka RDI dan melakukan proses jual beli saham. Biaya jual yang dikenakan adalah sebesar 0,28% dan biaya beli dikenakan sebesar 0,18%.

Selain itu kalian bisa menggunakan aplikasi “Motion Trade” untuk membeli dan menjual saham dimanapun dan kapanpun.

13. Ajaib Sekuritas

Meskipun perusahaan ini masih tergolong muda, namun Ajaib Sekuritas sudah menjadi anggota IDX dan sudah diawasi oleh OJK. Produk layanan yang disediakan adalah jual beli reksadana dan saham.

Kelebihan utama dari Ajaib Sekuritas adalah navigasi aplikasi yang mudah dimengerti dan biaya pembukaan rekening yang murah. Cukup Rp 10.000 kalian sudah bisa mulai berinvestasi.

14. Samuel Sekuritas

Sudah berdiri sejak tahun 1992, kredibilitas Samuel Sekuritas sudah tidak perlu diragukan lagi. Samuel Sekuritas menyediakan produk layanan yang berupa online trading, investasi perbankan, private wealth management, dan berbagai layanan lainnya.

Kalian bisa menggunakan aplikasi STAR untuk melakukan proses jual beli saham di handphone ataupun PC kalian. Biaya jual saham dipatok sebesar 0,25% dan biaya beli saham dipatok sebesar 0,25%.

15. Henan Putihrai Sekuritas

Merupakan perusahaan sekuritas terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1990. Pernah masuk ke perusahaan sekuritas terbaik di tahun 2019 dengan kategori aset Rp 250 – 500 miliar.

Biaya jual saham adalah sebesar 0,28% dan untuk biaya beli saham adalah sebesar 0,18%. Kalian juga bisa menikmati fasilitas online trading yang dapat diakses di aplikasi.

Bagaimana cara memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya?

1. Perhatikan legalitas

Izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia) merupakan hal terpenting yang harus kalian cek terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar dana yang kalian titipkan tidak dibawa kabur oleh sekuritas.

2. Fasilitas yang diberikan

Pastikan tersedia aplikasi dan call centre yang memadai, hal ini bertujuan agar setiap keluhan dapat segera teratasi dengan baik.

3. Bandingkan biaya transaksi dari setiap sekuritas

Biaya transaksi juga harus kalian perhatikan besarannya, tidak selalu biaya transaksi yang rendah merupakan sekuritas terbaik.

Pastikan saja biaya transaksi, sebanding dengan fasilitas yang kalian dapatkan selama berinvestasi.

4. Tersedia penasihat yang memberikan rekomendasi dan edukasi

Ciri perusahaan sekuritas yang terpercaya selanjutnya adalah tersedianya penasehat yang aktif memberikan rekomendasi setiap harinya.

Tidak hanya rekomendasi, edukasi seputar dunia saham juga merupakan hal yang harus diberikan oleh seorang penasihat.

 

Dapatkan berbagai pilihan produk asuransi di Cekpremi!

asuransi cekpremi

Sebelum berinvestasi saham, sebaiknya kalian menggunakan uang kalian untuk asuransi! Amankan terlebih dahulu keluarga dan aset kesayangan kalian ya! Kami memberikan banyak penawaran menguntungkan bagi customer baru kami segera kunjungi website Cekpremi yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid