Sewa Helikopter Semakin Diminati, Berapa Sih Biayanya?

Apr - 25
2021
sewa helikopter

Sewa Helikopter Semakin Diminati, Berapa Sih Biayanya?

Sewa helikopter tidak lagi menjadi hal yang tabu saat ini. Banyak orang tertarik menggunakan jasa transportasi tersebut karena kemudahannya. Lantas, berapa sih harga sewa layanan helikopter?

Parahnya kemacetan di kota-kota besar membuat sebagian masyarakat memilih helikopter sebagai alat transportasi mereka. Kendaraan ini dinilai jauh lebih efisien sekaligus sangat bergengsi.

Di Indonesia sendiri, layanan penyewaan helikopter semakin dikenal oleh publik. Jasa transportasi ini kerap masyarakat manfaatkan untuk perjalanan bisnis, korporasi, atau keperluan pribadi lainnya.

Berapa Sih Harga Sewa Helikopter Per Jam?

Tak bisa dipungkiri, layanan transportasi helikopter belum diperuntukkan bagi seluruh masyarakat. Tingginya harga sewa helikopter membuat layanan ini hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang.

Menurut Director of Marketing and Business Development Whitesky, Ari Nurwanda, helikopter memiliki segmen pasar khusus dan diperuntukkan sebagai transportasi alternatif, bukan utama.

Sehingga patokan tarif layanan ini tidak seharusnya mengikuti kebutuhan pasar. Jelasnya, harga sewa helikopter sendiri dihitung sesuai biaya operasional, jumlah penumpang dan jarak tempuh.

Namun, ia pun tidak menampik bahwa tarif tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh kebijakan pribadi perusahaan. Jika demikian, berapa sih besaran harga sewa helikopter per jamnya?

Melansir laman Bisnis.com, dapat diketahui bahwa biaya sewa layanan Helicity berkisar Rp7 juta per 15 menitnya. Jika dihitung per jam, maka total tarif yang harus dibayarkan mencapai Rp28 juta.

Helicity juga menawarkan tarif khusus pada setiap rutenya. Misalnya rute Jakarta-Bandung, untuk durasi terbang 45 menit layanan ini dihargai sebesar Rp16 juta dengan kapasitas 4 penumpang.

Kisaran Biaya Operasional Helikopter Pribadi

Tidak cuma disewakan, helikopter ternyata juga bisa dibeli oleh masyarakat luas, lho. Meski begitu harga yang perlu disiapkan untuk memiliki satu unit helikopter pribadi tentu tidak murah.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan, harga jual rerata sebuah helikopter berjenis Bell bahkan bisa mencapai US$ 1,5 juta atau sekitar Rp2,2 miliar per unitnya.

Harga tersebut belum termasuk biaya operasionalnya, ya. Untuk operasionalnya sendiri, seorang pemilik helikopter biasanya menyiapkan dana sebesar US$ 1.500 atau Rp20,2 juta per jam.

Seperti yang telah disebutkan, helikopter merupakan transportasi pelengkap. Di Brazil dan Amerika jumlah helikopter sangat banyak, sehingga bepergian dengan kendaraan ini bukanlah hal yang baru.

Selain mempermudah, layanan sewa helikopter sendiri hadir untuk memperkenalkan kendaraan tersebut kepada masyarakat luas. Setelah membaca ulasan ini, apakah Anda tertarik memilikinya?

Keunggulan Sewa Helikopter Dibanding Transportasi Lain

Selain jarak dan waktu tempuh, setidaknya ada tiga keunggulan sewa helikopter lain yang bisa dinikmati oleh para penggunanya. Apa sajakah itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jaminan Kenyamanan dan Kemewahan

Dibanding moda transportasi laut dan darat, menyewa helikopter tentu terbilang sangat bergengsi. Pengalaman semacam ini tentunya tak bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Selain itu, desain interior dan eksterior helikopter dibuat semewah mungkin. Sehingga tidak hanya efisien dalam hal waktu tempuh, moda transportasi ini juga menawarkan kenyamanan maksimal.

2. Fleksibilitas Jadwal Penerbangan

Jadwal penerbangan layanan sewa helikopter tidak mengikuti jadwal penerbangan komersil, sehingga para penyewa bebas menentukan jadwalnya sendiri sesuai kebutuhan mereka.

Faktor peruntukkan penerbangan pun dapat disesuaikan. Misalnya, Anda dapat mencarter pesawat tersebut untuk kebutuhan transit (penghubung pesawat komersil) atau langsung ke lokasi tujuan.

3. Akses Khusus Terminal Pribadi

Tidak perlu antri! Pasalnya, tersedia terminal khusus yang diperuntukkan bagi pengguna helikopter pribadi. Selain itu, penumpang bisa menaiki pesawat beberapa menit sebelum lepas landas, lho!

Demikian beberapa informasi terkait layanan sewa helikopter yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa, daftarkan diri dengan asuransi perjalanan terpercaya agar aktivitas bepergian jadi semakin nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *