Ternyata Simpel, Ini Susunan Acara Lamaran yang Benar!

Last Updated on January 13, 2022 by Andini

Acara lamaran merupakan salah satu proses dari persiapan pernikahan. Acara lamaran sendiri menjadi bagian yang cukup krusial bagi pasangan yang ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan. Penasaran apa saja langkah-langkah sususan acara lamaran? Mari simak pembahasan lengkapnya disini!

Langkah Susunan Acara Lamaran yang Benar

1. Kedatangan Keluarga Besar Calon Mempelai Laki-laki

Langkah pertama dalam proses acara lamaran ditandai dengan datangnya keluarga besar calon mempelai laki-laki.

Biasanya keluarga inti dan kerabat laki-laki akan datang ke rumah pihak perempuan dengan membawa seserahan untuk kemudian diberikan kepada keluara pihak perempuan.

2. Pembukaan Acara

Jika kalian menggunakan MC, maka biasanya sudah tersedia langkah demi langkah selanjutnya. Namun jika kalian tidak menggunakan MC biasanya yang pertama kali dilakukan adalah mengucap salam sebagaimana orang bertamu.

3. Menyampaikan Maksud Tujuan Kedatangan

Masuk ke inti acara, biasanya ada satu perwalian dari keluarga laki-laki yang menyampaikan maksud kedatangan.

Wali ini biasanya adalah ayah dari calon mempelai laki-laki, setelah menyampaikan maksud kedatangan pihak keluarga lelaki akan meminta jawanban dari pihak perempuan.

4. Keluarga Pihak Wanita Memberikan Jawaban

Jika maksud kedatangan sudah tersampaikan, maka keluarga pihak wanita akan memberikan jawaban atas lamaran dari calon mempelai laki-laki.

5. Prosesi Penyerahan Seserahan

Jika sudah disetujui, maka langkah selanjutnya adalah prosesi penyerahan seserahan. Keluarga calon mempelai laki-laki akan memberikan sejumlah seserahan sebagai tanda simbolis keseriusan pihak pelamar.

6. Saling Bertukar Cincin

Untuk langkah yang satu ini, sebenarnya tidak diwajibkan namun jika ingin melakukannya biasanya pihak ibu dari mempelai pria akan memasangkan cincin ke jari mempelai perempuan.

Sebaliknya, pihak ibu dari mempelai perempuan akan memasangkan cincin ke jari mempelai pria.

7. Sesi Perkenalan Antar Keluarga dari Calon Mempelai

Sesi satu ini merupakan sesi santai yang dilakukan setelah selesai proses pertukaran cincin. Biasanya anggota keluarga dari kedua calon mempelai saling berbincang sambil menikmati makanan yang sudah disediakan oleh pihak mempelai perempuan.

8. Penyerahan Seserahan Balik dari Pihak Mempelai Perempuan

Masuk ke sesi terakhir yaitu penyerahan seserahan balik dari calon mempelai perempuan. Biasanya seserahan ini berisikan makanan atau kebutuhan sehari-hari.

9. Berpamitan

Dengan adanya penyerahan seserahan balik dari calon mempelai perempuan, maka secara resmi acara telah selesai. Pihak mempelai perempuan akan mengucapkan terima kasih atas niat baik dari keluarga laki-laki.

Tips Agar Acara Lamaran Berjalan Lancar

1. Ketahui Budaya Calon Mempelai

Mengingat setiap budaya memiliki cara lamaran yang berbeda-beda, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu seperti apa budaya di keluarga calon mempelai.

2. Tentukan Hari Lamaran

Penentuan hari lamaran juga sangatlah penting, usahakan agar acara lamaran digelar saat hari libur bukan hari kerja. Hal ini dikarenakan mungkin saja ada kerabat kalian yang tidak bisa hadir karena terhalang urusan pekerjaan.

3. Persiapkan Mental

Jika kalian sudah akrab dengan keluarga calon mempelai tentunya hari lamaran tidak akan menakutkan.

Namun beda halnya bagi mereka yang kurang akrab dengan keluarga calon mempelai. Kalian perlu persiapan mental untuk menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi saat acara lamaran.

 

Berikan perlindungan berupa asuransi kepada keluarga kalian

asuransi cekpremi

Pastikan pasangan dan calon buah hati kalian kedepannya diberikan proteksi berupa asuransi. Berbagai macam pilihan produk asuransi bisa kalian pilih guna menunjang masa depan keluarga kecil kalian. Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi terbaik hanya di Cekpremi!

 

 

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →