7 Tempat Wisata Religi untuk Umat Muslim Terbaik di Pulau Jawa

Apr - 11
2021
Masjid Menara Kudus

7 Tempat Wisata Religi untuk Umat Muslim Terbaik di Pulau Jawa

Indonesia memiliki banyak jenis wisata yang bisa dikunjungi. Selain wisata alam, wisata pendidikan dan budaya, dan wisata sejarah, Anda juga bisa mencoba wisata religi sebagai opsi, lo!

Wisata religi dapat menjadi opsi penting untuk mengisi agenda liburan Anda bersama keluarga.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Indonesia memiliki jejak sejarah Islam yang Panjang hingga kini menjadi negara yang dihuni oleh mayoritas umat muslim.

Di Pulau Jawa khususnya, Anda bisa melihat banyak jejak-jejak bersejarah peninggalan Islam yang kini menjadi objek wisata religi yang menarik dan seru untuk ditelusuri.

Jika Anda ingin berwisata sambil menelusuri jejak-jejak kejayaan Islam masa silam di Pulau Jawa, sangat tepat untuk memilih wisata religi.

Inilah beberapa rekomendasi tempat wisata religi terbaik di Pulau Jawa yang bisa menjadi pilihan Anda.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Religi Terbaik di Pulau Jawa untuk Dikunjungi

1. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga

Ziarah Makam Sunan Kalijaga yang berlokasi di Desa Kadilangu Kabupaten Demak ini bisa Anda jadikan sebagai opsi tempat wisata religi untuk dikunjungi.

Sunan Kalijaga merupakan ulama penyebar Islam di Kerajaan Demak yang mahir menggunakan seni tradisi wayang kulit sebagai media penyebarannya.

Selain ziarah ke Makam Waliyullah, Anda dapat mengunjungi Masjid Agung Demak yang masih berada dalam satu Kawasan.

2. Makam Sunan Muria

makam sunan muria

Bergeser sedikit ke arah Kudus, Anda akan menemukan sebuah tempat wisata religi yang memiliki pesona tersendiri yakni Makam Sunan Muria.

Makam yang berlokasi di Desa Colo, Kecamatan Gawe ini berada di puncak Gunung Muria, sehingga Anda harus mendaki terlebih dahulu untuk berziarah ke makam anggota Wali Songo ini.

Walaupun harus melewati 430 anak tangga, Anda bisa menikmati perjalanan sembari menghirup udara segar dan melihat pemandangan hijau di sekeliling.

Sebagai allternatif bila kelelahan, Anda dapat menggunakan jasa ojek yang sudah tersedia di setiap pos di sepanjang perjalanan.

3. Masjid Menara Kudus

Masih di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terdapat sebuah masjid yang mirip dengan Candi agama Hindu yaitu Masjid Menara Kudus.

Masjid Menara Kudus dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi dengan konsep menyerupai candi sebagai langkah dakwah beliau agar lebih mudah diterima masyarakat sekitar yang kala itu menganut agama Hindu.

Selain dari arsitekturnya, Masjid Menara Kudus juga mengadopsi ornamen-ornamen candi serta elemen-elemen khas bangunan Jawa-Hindu di dalamnya.

4. Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel

Berikutnya Anda bisa berziarah ke Makam Sunan Ampel yang terletak di Kota Surabaya yang memiliki nilai akulturasi budaya yang sangat menarik.

Tempat wisata religi ini sudah dikenal bahkan oleh warga luar Kota Surabaya, sehingga kunjungannya selalu membludak setiap hari.

Selain berziarah ke Makam Sunan Ampel, Anda juga bisa sembari berbelanja segala perlengkapan Islami yang tersedia lengkap di sekitar masjid.

5. Makam Gus Dur

Makam Gus Dur

Destinasi wisata religi yang selanjutnya yaitu Makam Presiden RI ke empat yang dikenal dengan sebutan Gus Dur.

Makam yang terletak di Ponpes Tebu Ireng, Jombang ini tak pernah sepi dari para peziarah.

Bahkan ada sesi khusus bagi Anda ingin berkunjung ke Makam ini yaitu pagi sampai sore dan sore hingga malam.

Di kompleks Makam Gus Dur ada sekitar 45 tokoh terpandang yang dimakamkan. Mulai dari pendiri Pesantren Tebu Ireng hingga pahlawan nasional seperti KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahid Hasyim.

6. Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas

Tempat wisata religi berikutnya ini terletak di daerah strategis Jawa Barat, yaitu di Kota Depok.

Sesuai namanya, masjid yang kental dengan konsep Timur Tengah ini pada bagian kubahnya dilapisi emas seberat 22 karat.

Masjid dengan luas 8.000 meter persegi ini dibangun di atas lahan seluas 70 hektare dan menjadikan masjid ini sebagai masjid yang memiliki lahan terluas se-Jabodetabek.

7. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon dikenal sebagai salah satu wilayah di Pulau Jawa dengan sejarah kebudayaan Islam terpanjang. Salah satu buktinya yaitu Keraton Kasepuhan Cirebon.

Keraton ini memiliki banyak sekali keunikan yang terkait dengan sejarah Cirebon, Majapahit, dan sejarah perkembangan Islam.

Beberapa peninggalan sejarah Islam terdapat pada keraton ini misalnya kereta kencana, singgasana sultan, alat musik gamelan, serta lukisan Prabu Siliwangi.

***

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata religi terbaik yang ada di Pulau Jawa.

Semoga Anda berkesempatan mengunjungi semua destinasi tersebut.

Jika ingin lebih mudah mengunjungi tempat wisata di atas, Anda bisa menyewa jasa car rental yang banyak tersedia di berbagai kota dan jangan lupa lengkapi liburan Anda dengan membeli asuransi perjalanan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *