Ternyata Begini Cara Menghitung Luas Tanah yang Akurat!

cara menghitung luas tanah

Menentukan seberapa luas tanah yang akan kita beli memang sangatlah penting, selain bagi yang ingin membeli, menghitung luas tanah juga penting bagi yang ingin membangun rumah. Bagi mereka yang ingin menjual tanah mengetahui luas tanah juga menjadi bagian yang sangat penting. Bagi kalian yang masih penasaran bagaimana sih cara menghitung luas tanah yang benar, simak selengkapnya di artikel ini!

Menghitung luas tanah secara manual dengan rumus

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk menghitung luas tanah. Kalian bisa pilih cara yang sesuai dengan keinginan kalian. Apa saja cara-cara tersebut?

Sebelum melakukan penghitungan, pertama-tama kalian harus tahu bentuk tanah yang akan dihitung. Jika berbentuk persegi panjang maka kalian bisa menggunakan rumus P x L (Panjang x Lebar). Jika tanah berbentuk segitiga maka kalian bisa menggunakan rumus A X t/2 (Alas x Tinggi/2).

1. Contoh perhitungan luas tanah persegi panjang:

Pak Andi mempunyai tanah dengan panjang 5 meter dengan lebar 12 meter maka luas tanahnya adalah:

Luas tanah= 5 meter x 12 meter= 60 meter

2. Contoh perhitungan luas tanah segitiga:

Pak Budi mempunyai tanah berbentuk segitiga dengan ukuran panjang 6 meter dan tinggi 15 meter. Maka luas tanahnya adalah:

Luas tanah= 6 meter x 15 meter/2= 45 meter

Terkadang ada tanah yang bentuknya tidak beraturan, Berikut cara menghitungnya:

3. Contoh perhitungan luas tanah tidak beraturan:

  • Bagi sudut-sudut tanah menjadi beberapa bagian segitiga
  • Hitung setiap luas segitiga yang sudah dibagi dan jumlahkan hasilnya

Cara yang satu ini memang terbilang cukup sulit, oleh karena itu kami sarankan beberapa software yang bisa membantu kalian dalam menghitung luas tanah yang bentuknya tidak beraturan.

Macam-macam software untuk menghitung luas tanah

Selain menghitung secara manual, kalian juga bisa memanfaatkan sejumlahsoftwareyang memang diciptakan untuk memudahkan kita dalam mengukur luas tanah.

1. AutoCAD

Dikembangkan oleh perusahaan teknologi Autodesk, software satu ini sangat membantu dalam menghemat waktu untuk menghitung luas tanah. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan software AutoCAD:

  • Buat garis polyline untuk membentuk denah tanah
  • Klik garis yang telah digambar lalu masukkan panjang setiap garis yang sudah digambar
  • AutoCAD akan memberikan hasil perhitungan luas dari denah tanah yang kalian sudah gambar.

2. Area Calculator

Dengan menggunakan sofware satu ini kalian hanya cukup memberikan tanda kepada daerah yang luasnya akan dihitung, maka software ini akan langsung mengeluarkan hasilnya. Software ini juga dapat menyimpan hasil luas tanah yang sudah dihitung.

3. GPS Fields Area Measure

Tersedia untuk Android dan iOS, dengan menggunakan aplikasi ini kalian dapat memilih area tanah yang akan dihitung dan secara otomatis aplikasi ini akan memberikan hasil perhitungannya kepada kalian. Cukup sederhana bukan?

4. Google Maps

google maps hitung luas tanah

Selain untuk penunjuk jalan ketika tersesat, ternyata Google Maps juga dapat memberikan hasil hitungan luas tanah. Simak langkah demi langkahnya:

  • Buka Google Maps, pilih opsi satelite view
  • Masukkan alamat lokasi tanah yang akan diukur
  • Jika lokasi sudah benar, maka atur pembesaran sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih measure distance, lalu hubungkan titik-titik daerah yang akan diukur
  • Google Maps akan memberikan informasi luas lahan yang dimaksud

Berikan perlindungan kepada aset properti Anda sekarang juga!

Pastikan aset properti kalian yang berharga memiiki perlindungan atas kerugian yang sewaktu-waktu dapat terjadi dengan berbagai pilihan asuransi properti di CekPremi. Bandingkan dan pilih asuransi properti yang terpercaya hanya di CekPremi!