Ukuran Garasi Mobil Ideal di Rumah Agar Aman dan Proporsional?

Apr - 16
2021
ukuran garasi mobil

Ukuran Garasi Mobil Ideal di Rumah Agar Aman dan Proporsional?

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Ketika memiliki mobil, secara otomatis Anda juga harus memiliki garasi. Terlebih, pemerintah daerah di beberapa kota telah mengeluarkan aturan kepemilikan garasi bagi pemilik kendaraan roda empat. Hal ini bertujuan agar para pemilik kendaraan lebih tertib dan tidak memarkir sembarangan di bahu jalan atau lokasi-lokasi yang mengganggu kenyamanan masyarakat. Saat membuat garasi, Anda harus memperhatikan ukuran garasi mobil agar sesuai dan ideal agar mobil kesayangan tetap aman. 

Penting Diperhatikan Saat Membuat Garasi

Dalam membuat garasi pun tidak bisa asal-asalan. Anda harus mempertimbangkan luas garasi dan ruang untuk membuka pintu mobil, area untuk lalu lalang di depan, belakang, dan samping mobil setelah mobil terparkir, dan ruang untuk menyimpan perkakas mobil. Beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan dalam membuat garasi mobil adalah:

  • Ventilasi udara
  • Lantai yang tepat
  • Model pintu garasi
  • Ruang untuk menyimpan sparepart dan lainnya

Cara Membuat Ukuran Garasi Ideal

ukuran-garasi-mobil

Sebelum Anda membuat garasi, pastikan Anda mengetahui ukuran mobil Anda terlebih dahulu. Berikut ini adalah perkiraan ukuran mobil menurut jenisnya:

Jenis van dan SUV

Lebar: 1,8 meter – 2,1 meter

Panjang: 4,9 meter – 5,8 meter

Tinggi: 1,5 meter – 1,8 meter

Jenis mobil besar dan mewah

Lebar: 1,8 meter – 1,9 meter

Panjang: 4,9 meter – 5,5 meter

Tinggi: 1,4 meter – 1,5 meter

Jenis mobil kecil dan sport

Lebar: 1,5 meter – 1,8 meter

Panjang: 4,3 meter – 4,9 meter

Tinggi: 1,2 meter – 1,5 meter

Dengan memperkirakan ukuran mobil, Anda dapat menentukan ukuran garasi mobil yang ideal. Umumnya, ukuran garasi terdiri dari garasi mobil kecil dan garasi mobil besar.

Garasi mobil kecil untuk mobil berukuran city car atau mobil jenis LCGC seperti Kia Picanto, Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Honda Brio. Untuk mobil kecil, Anda cukup memiliki garasi yang berukuran 2,4 m x 4,8 m.

Garasi mobil besar, ukuran ideal garasi adalah 3 x 6 m, atau 3 x 5,5 m dengan tinggi setidaknya 2,8 m. 

Baca juga: Ini 5 Mobil Paling Irit BBM Tahun 2021, Mana Pilihan Anda?

Rumus Ukuran Garasi Mobil 

Jika Anda sudah mengetahui ukuran mobil Anda, kini saatnya mengukur rumah bagi mobil kesayangan. 

Panjang garasi: Tambahkan 100 – 120 cm. Jadi, ada 80 cm – 100 cm sebagai ruang antara mobil dengan pintu garasi dan 20 cm sebagai ruang antara mobil dengan dinding.

Lebar garasi: Tambahkan 100 cm, yaitu 80 cm untuk ruang gerak orang dan 20 cm untuk ruang antara mobil dengan sisi dinding lainnya.

Tinggi garasi: Tambahkan minimal 100 cm dan semakin tinggi akan semakin baik karena membuat ruang garasi menjadi longgar dan bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang. 

Jadi, rumus ideal ukuran garasi mobil adalah: Panjang mobil/ Lebar mobil/ Tinggi mobil + 100 cm

Baca juga: 5 Mobil Sunroof Terbaru dan Termurah di Tahun 2021

Membuat Garasi Dua Mobil

Jika Anda memiliki dua mobil, ada trik untuk membuat ukuran garasi yang ideal. Sebaiknya garasi tersebut memiliki bentuk bentuk persegi empat dengan panjang dan lebar sama rata yaitu 6 – 6,5 meter. Dengan ukuran ini memungkinkan mobil diparkir memiliki jarak sekitar 80 cm. Sehingga saat satu pintu mobil dibuka maka tidak mengenai pintu mobil lainnya. Sementara sisa jarak pada bagian depan dan belakang bisa digunakan untuk mobil bermanuver ketika masuk atau keluar garasi.

Memasang Pembatas

Kadang mobil bisa mengalami lecet saat menabrak garasi. Nah, untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan pembatas di garasi mobil. Bangun pembatas dengan ketinggian maksimal 10 cm di lantai garasi agar tidak mengenai bagian bemper. Pembatas ini kemudian dipasang dengan jarak minimal 62 cm dari dinding garasi untuk mencegah benturan pada mobil. 

 

Tambahkan Proteksi dengan Asuransi

Selain membuat ukuran garasi ideal, Anda juga bisa memberikan proteksi dengan asuransi kendaraan. Langsung bandingkan berbagai pilihan asuransi mobil di cekpremi.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november