Tips dan Cara Membersihkan Jok Kulit dari Noda dan Jamur

Apr - 30
2021
cara membersihkan jok kulit mobil

Tips dan Cara Membersihkan Jok Kulit dari Noda dan Jamur

Walau lebih mudah dibersihkan daripada kursi kain, jok mobil kulit lebih rentan terkena noda dan jamur. Karena itu, penting mengetahui cara membersihkan jok kulit agar tetap kinclong dan awet.

Tampilan jok mobil berbahan kulit memang terlihat lebih premium dan menawan. Sehingga, tidak heran jika banyak masyarakat memilih material ini sebagai pelapis kursi mobil mereka.

Meski begitu jok mobil kulit juga perlu dirawat secara benar, jika tidak permukaannya akan lebih mudah rusak dan berjamur. Mau tahu bagaimana caranya? simak ulasan lengkap berikut ini.

5 Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil

1. Gunakan Air dan Kain Lap

Jika permukaan jok terkena noda, segera bersihkan kotoran tersebut dengan air bersih lalu lap menggunakan kain. Ingat, lap yang kita gunakan di sini harus berbahan lembut dan tidak kasar.

Hal ini dimaksudkan, untuk menjaga permukaan kulit agar tidak rusak dan mengelupas. Cara yang satu ini memang cukup simpel, namun hanya berfungsi sebagai langkah pencegahan awal saja.

2. Sikat dengan Cairan Pembersih

Agar noda tidak berbekas, berjamur dan menimbulkan bau, cara membersihkan jok kulit selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan cairan pembersih lalu berus dengan sikat lembut.

Ada banyak produk pembersih jok kulit yang dijual di pasaran. Jika memiliki uang lebih, Anda bisa membeli produk sikat khusus yang ampuh mencegah kerusakan pada permukaan kursi mobil.

Walau begitu, sebagian orang biasanya menggunakan sikat gigi untuk membersihkan permukaan jok tersebut. Semprot cairan pada bekas kotoran, kemudian sikat secara perlahan dan searah.

3. Bersihkan Debu dengan Vacuum Cleaner

Sebelum menggunakan cairan pembersih, sebaiknya sedot debu-debu yang menempel pada permukaan jok menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu.

Hal ini difungsikan, agar debu-debu serta partikel kecil yang menempel pada jok tidak membekas saat terkena air. Periksa sela-sela kursi untuk memastikan tidak ada lagi debu yang menempel.

4. Manfaatkan Sampo Bayi sebagai Pembersih

Cara membersihkan jok kulit yang satu ini memang terdengar unik, namun cukup ampuh untuk mengangkat kotoran serta menjaga keremajaan kursi mobil agar tidak mudah rusak.

Bahan kimia yang terkandung pada sampo bayi terbilang lebih sedikit dan lembut daripada sampo biasa. Sehingga, ia cukup ampuh jika digunakan sebagai pembersih permukaan kulit yang sensitif.

 5. Lapisi Jok dengan Leather Coating

Leather coating atau pelapis jok kulit terbilang ampuh sebagai perlindungan tambahan. Namun, kita perlu memperhatikan secara seksama produk leather coating tersebut sebelum membelinya.

Ketersediaan produk ini sebenarnya cukup banyak, namun produk-produk yang dijual di pasaran saat ini sebagian besar hanya diperuntukkan bagi bahan kulit yang masih baru.

Sebaiknya tanyakan kepada penjual, produk leather coating mana sekiranya yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika perlu, lapisi jok mobil tersebut secara langsung di salon mobil langganan Anda.

Demikian tips dan cara membersihkan jok kulit yang bisa dicoba. Agar keamanan dan kenyamanan berkendara semakin terjamin, lengkapi kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi