Tips Liburan Aman Bersama Keluarga saat Mudik Lebaran

tips liburan

Mudik adalah momen yang paling ditunggu-tunggu banyak orang, karena hanya dilakukan satu tahun sekali. Mudik ke kampung halaman juga menjadi hal yang menarik karena dimanfaatkan sebagai cara liburan keluarga, sekalian mengunjungi sanak keluarga di kampung. Agar mudik sambil liburan jadi semakin menarik, pastikan Anda terlebih dahulu menerapkan tips liburan yang aman dan nyaman terutama jika bepergian bersama keluarga. 

Seperti diketahui, pergi sendirian atau bersama keluarga tentu saja hal-hal yang harus dipertimbangkan. Apalagi jika memiliki anak kecil tentu persiapan yang harus dilakukan harus jauh lebih matang. 

Tips Liburan Aman Saat Mudik

Karena momen mudik lebaran hanya terjadi 1 tahun sekali, pastikan Anda menerapkan tips liburan berikut agar kegiatan bepergian ke kampung halaman jadi lebih berkesan.

Utamakan Kesehatan

Tips agar liburan menyenangkan bersama keluarga, maka yang harus diperhatikan adalah kesehatan, terutama jika ingin melakukan perjalanan jauh baik dengan naik pesawat maupun dengan kendaraan pribadi. Mudik membutuhkan kondisi tubuh yang benar-benar sehat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. 

Apalagi selama perjalanan membawa anak kecil, pastikan Anda sudah menangani kebutuhan anak agar tidak rewel selama perjalanan dan membawa kebutuhan ekstra untuk menjaga kondisi Anda dan keluarga tetap fit. Misalnya saja minum vitamin beberapa hari sebelum melakukan perjalanan, agar kondisi badan tetap stabil. Serta istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap fit saat melakukan perjalanan nanti. 

Pilih Transportasi yang Nyaman

Jika melakukan mudik hanya beberapa jam saja, mungkin Anda bisa memilih transportasi yang seadanya atau yang paling murah agar budget liburan tetap aman. Namun bagaimana jika melakukan perjalanan yang jauh lebih dari 5 jam? Tips liburan berikut ini harus Anda terapkan, yaitu memilih transportasi yang paling nyaman selama perjalanan bersama keluarga. Apalagi jika memilih bepergian dengan transportasi umum maka pastikan pilih jenis transportasi yang menggunakan sistem tiket.

Cara ini membuat Anda tidak mengalami resiko berdesakan dan berebutan tempat duduk dengan penumpang lain. Agar liburan lebih hemat, juga bisa mencari promo berupa program mudik gratis.

Beli Tiket Jauh Hari

Tips liburan berikutnya adalah dengan memilih untuk beli tiket jauh-jauh hari, apalagi jika bepergian dengan anggota keluarga yang lumayan banyak untuk yang memilih transportasi umum. Anda terlebih dahulu bisa melakukan survei harga tiket pulang pergi ke kampung halaman dan lakukan perbandingan, antara transportasi umum yang satu dan lainnya. Selain tidak akan kehabisan tiket, beli tiket jauh hari juga akan membuat Anda bisa dapat promo untuk menghemat budget. 

Apalagi beli tiket saat ini tidak perlu bingung karena bisa dibeli secara online bahkan pemesanan tiket secara online memberikan banyak promo agar lebih hemat. 

Persiapan Agar Anak Tidak Rewel

Tips agar liburan nyaman jika membawa serta anak, pastikan sudah mempersiapkan segala hal agar anak tidak rewel selama perjalanan. Misalnya saja dengan membawa mainan favorit anak, siapkan makanan favorit atau barang favorit lainnya. Jika naik kendaraan umum pastikan jangan membawa terlalu banyak mainan atau barang yang ukurannya besar agar tidak merepotkan.

Namun jika perjalanannya dengan transportasi pribadi, pastinya hal ini sah-sah saja asal tidak mengganggu anggota keluarga lain karena bepergian mudiknya dengan keluarga. Pastikan anak tetap tenang selama perjalanan, apalagi jika jalan yang akan dilalui cenderung macet. Anak yang rewel atau tantrum selama di perjalanan, bisa membuat Anda dan keluarga merasa panik sehingga perjalanan tidak enjoy

Menyiapkan Budget

Tips liburan ini juga wajib diterapkan agar liburan bersama keluarga tetap aman dan lancar. Saat mudik pastinya budget yang harus dikeluarkan tidak murah, apalagi jika di sana nanti Anda ingin melakukan liburan untuk mengeksplorasi kampung halaman. Anda wajib menghitung budget mulai dari naik kendaraan, biaya makan, biaya beli oleh-oleh, biaya liburan selama di kampung halaman. Jangan lupa pastikan sudah menghitung budget transportasi baik pulang maupun pergi. 

Jika memilih naik kendaraan pribadi, maka perhitungan biaya bahan bakar dan juga biaya makan selama perjalanan. Pastikan juga memperkirakan biaya tak terduga seperti perbaikan kendaraan jika ada kendala selama perjalanan. 

Persiapan Sebelum Meninggalkan Rumah

Tips liburan berikutnya Anda harus melakukan pengecekan berbagai hal sebelum meninggalkan rumah. Hal ini agar liburan mudik tetap aman dan nyaman dengan memastikan keadaan rumah benar-benar aman selama ditinggal apalagi akan ditinggal dalam waktu yang lama. Anda bisa mulai dengan mencabut semua kabel aliran listrik, aliran air, regulator gas, kunci semua pintu dan jendela serta pagar rumah. 

Tips liburan aman saat ingin bepergian dalam waktu yang lama, pastikan Anda menginfokan ke tetangga yang tidak ikut mudik atau ketua RT hingga petugas keamanan. Informasikan bahwa rumah akan kosong selama beberapa hari sehingga tetangga atau ketua RT dapat membantu mengawasi rumah. Pastikan juga rumah memiliki sistem keamanan ekstra dengan kamera CCTV. Jadi Anda bisa memantau keadaan rumah dari jauh meski sedang bepergian. 

Cek Kembali Seluruh Persiapan Sebelum Berangkat

Ini juga menjadi tips liburan yang penting, yaitu cek kembali seluruh persiapan yang sudah Anda lakukan sebelum berangkat. Mulai dari persiapan barang-barang yang dibawa selama mudik sebaiknya diperiksa kembali apakah ada yang tertinggal atau tidak, cek kembali kendaraan saat memilih mudik dengan kendaraan pribadi. 

Jangan lupa bawa obat-obatan darurat selama perjalanan mulai dari vitamin hingga P3K. Apalagi jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit atau gangguan kesehatan tertentu.

Itu tadi tips liburan yang aman dan nyaman bersama keluarga ketika mudik. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman atau ke manapun pastikan memberikan perlindungan diri dan keluarga dengan memiliki asuransi perjalanan. Jenis asuransi ini dapat memberikan perlindungan menyeluruh, terhadap perjalanan Anda tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

Pastikan memilih portal online Cekpremi untuk menemukan pilihan asuransi perjalanan yang menguntungkan dan juga legal serta terdaftar di OJK. Portal online satu ini dapat membantu Anda membandingkan antara perusahaan asuransi satu dan lainnya, untuk menemukan yang paling tepat sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan budget untuk bayar premi. 

sumber : 

Traveloka