Kakeibo, Cara Menabung Ala Orang Jepang yang Wajib Di Coba

kakeibo

Menabung merupakan suatu langkah yang sangat bijak dan harus dilakukan oleh siapapun sejak dini. Karena menabung dapat menjaga stabilitas keuangan di diri sendiri maupun keluarga. Yang dibutuhkan saat menabung adalah konsistensi dan hal ini bagi sebagian orang cukup susah. Maka dari itu Anda bisa mencoba salah satu metode menabung yang saat ini juga banyak dilakukan oleh orang-orang yaitu metode Kakeibo. 

Kakeibo merupakan salah satu cara menabung yang diterapkan oleh masyarakat Jepang. Kira-kira bagaimana cara menerapkan teknik menabung ala orang Jepang ini, apakah benar-benar efektif terutama untuk Anda yang kurang konsisten dalam menabung?

Apa Itu Kakeibo

Kakeibo merupakan istilah yang memiliki arti catatan keuangan rumah tangga. Metode menabung ini memang lebih mengutamakan pencatatan dan perencanaan keuangan dalam lingkup rumah tangga, namun secara umum adalah cara untuk mencatat keuangan secara manual demi mencapai sebuah tujuan. Jadi Anda tentu sudah bisa membayangkan bahwa metode menabung ala Jepang ini memang manual sehingga membutuhkan alat manual seperti kertas dan pena. 

Kakeibo adalah seni menabung orang Jepang yang  disebut cukup efektif dan memberikan perubahan positif karena Anda sebagai pelakunya, bisa menulis sesuatu secara manual dengan tangan dan dapat meningkatkan kesadaran untuk melakukan pencatatan. Jika seseorang sadar untuk mencatat semua kegiatan keuangannya, maka lebih untuk mempertimbangkan pengeluaran untuk mencapai tujuan tertentu seperti misalnya. 

Jadi ketika melakukan pengeluaran besar setiap bulan dan sudah menerapkan teknik menabung ini, maka bisa menyadari bahwa pengeluaran yang besar tersebut harus ditekan. Karena lewat pencatatan, Anda bisa langsung melihat ternyata angka pengeluaran yang ditulis dari bulan ke bulan besar atau kecil dan harusnya bisa dikurangi ke depannya.

Teknik Menabung Ala Kakeibo

Untuk menabung dengan metode Kakeibo, Anda harus tahu tekniknya terlebih dahulu sebagai berikut.

  • Menggunakan Pena dan Kertas

Saat menggunakan teknik menabung ini, berarti Anda harus sadar secara penuh pada proses pengeluaran dan anggaran yang ditetapkan setiap bulan. Karena inti dari kakeibo adalah mendokumentasikan pendapatan dan pengeluaran dalam bentuk jurnal. Dalam prosesnya, kegiatan ini membutuhkan pena dan kertas. Maka dari itu pastikan Anda memilih pena dan kertas yang nyaman untuk mencatat semua pengeluaran selama sebulan ke depan.

  • Catat Semua Transaksi

Setelah Anda sudah bisa melakukan metode kakeibo ini dengan mencatat semua transaksi, catat semua pemasukan dan pengeluaran dalam buku secara manual. Karena cara ini dapat membuat Anda bisa mengetahui berapa banyak uang yang masuk dan prediksi uang yang akan keluar dalam sebulan hingga biaya-biaya tak terduga. 

Untuk mencatat semua transaksi, penting juga mempraktikkan 4 pertanyaan kunci yang merupakan inti dari praktik menabung ala orang Jepang ini. 

  • Berapa banyak uang yang Anda miliki atau hasilkan selama sebulan?
  • Berapa banyak uang yang ingin Anda hemat?
  • Berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan?
  • Di mana uang tabungan yang bisa Anda kembangkan?

 

Tidak perlu harus menggunakan jurnal khusus kakeibo book, karena Anda bisa menggunakan buku kosong yang diisi sendiri layaknya sedang membuat jurnal. Jurnal tersebut diisi dengan catatan proses pemasukan dan pengeluaran dalam rutinitas harian.

  • Membuat Kategori Pengeluaran

Berikutnya, Anda harus membuat daftar pengeluaran secara rinci. Dengan klasifikasi seperti ini, dapat sangat membantu Anda untuk memisahkan kebutuhan dan keinginan. Berikut ini beberapa contoh kategori pengeluaran yang bisa Anda terapkan pula.

  • Kebutuhan, dikategori ini termasuk  pengeluaran pokok. Mulai dari biaya hidup sehari-hari seperti makan, tempat tinggal sampai biaya sekolah.
  • Keinginan, pembelian semua yang menyenangkan namun tidak sepenuhnya diperlukan seperti hobi dan hiburan.
  • Budaya, semua pengeluaran yang menyangkut kegiatan budaya seperti tiket konser, museum hingga layanan streaming
  • Tak terduga, pengeluaran yang muncul secara mendadak seperti biaya ke rumah sakit atau perbaikan kendaraan, kebaikan rumah dan lain-lain.
  • Kategorikan semua yang Anda beli lalu sesuaikan dan sertakan jumlah pembelian.
  • Menetapkan Tujuan

Dalam metode kakeibo, Anda tentu harus menetapkan tujuan agar bisa mengetahui aliran uang akan dibawa kemana selama sebulan. Menetapkan tujuan keuangan tentu tidak susah, karena Anda pastinya tahu ingin mencapai sebuah tujuan. Apakah ingin menabung untuk membeli rumah, beli kendaraan, pendidikan anak atau untuk liburan. Lalu ketahui juga berapa uang yang ingin Anda sisihkan setiap bulan. Selain itu, pastikan juga menetapkan garis waktu untuk bisa mencapai target tersebut. Semua bisa Anda tuliskan dalam buku jurnal. 

Dengan begini, Anda bisa lebih mudah membagi angka menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Ini agar Anda bisa tahu berapa banyak uang yang perlu dihemat untuk mencapai tujuan tepat waktu. 

  • Jangan Terjebak dengan Sikap Impulsif

Kebanyakan orang terjebak dengan sikap impulsif saat akan membeli suatu barang. Dalam metode kakeibo, Anda bisa menerapkan beberapa pertanyaan ke diri sendiri sebelum membeli sesuatu. Tuliskan pertanyaan dan jawaban itu, bisa dilakukan baik mingguan maupun bulanan. Berikut beberapa contoh pertanyaannya.

  • Apa Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut?
  • Apakah berguna dan membuat Anda bahagia?
  • Jika barang tersebut besar, apakah Anda punya cukup ruang untuk menyimpan barang di rumah?
  • Berdasarkan finansial apakah Anda bisa membeli barang tersebut?
  • Bagaimana perasaan Anda setelah membeli barang tersebut?
  • Bagaimana keadaan emosi Anda hari ini secara umum?

Sebelum beli barang, Anda juga wajib menerapkan tips yaitu menunggu untuk membeli sesuatu selama 24 jam. Misalnya ingin beli sesuatu di marketplace maka masukkan saja barang langsung ke keranjang dan biarkan selama 24 jam. Setelah waktu 24 jam ini berlalu coba pikirkan lagi apakah Anda memang benar-benar butuh barang tersebut atau hanya keinginan semata.

Itu tadi beberapa cara penerapan metode kakeibo yang bisa Anda coba. Metode satu ini tidak hanya bisa diterapkan untuk yang sudah berumah tangga namun juga untuk Anda yang masih tinggal sendiri. Berbicara soal menabung yang tentu saja manfaatnya sangat banyak salah satunya untuk melindungi finansial, Anda juga wajib memberikan perlindungan terbaik saat memiliki kendaraan. 

Perlindungan apa yang dimaksud? Tentu saja dengan memiliki asuransi mobil bagi Anda yang memiliki mobil karena tidak hanya dapat memberikan perlindungan pada kendaraan namun juga dalam bentuk finansial. Jika sudah memiliki asuransi mobil, maka Anda tidak perlu takut saat harus mengeluarkan biaya ketika mobil harus diperbaiki karena rusak atau mengalami hal-hal tak terduga. Ini tentu dapat menjaga finansial Anda tidak terganggu karena biaya perbaikan mobil bisa di klaim lewat asuransi. Untuk mendapatkan pilihan asuransi mobil terbaik, pastikan Anda melakukan perbandingan terlebih dahulu lewat portal online Cekpremi. Di portal online ini Anda bisa menemukan pilihan asuransi dari perusahaan terbaik.

sumber : 

Flip

IDN Times

CNBC Indonesia