Yuk, Kenali Berbagai Tujuan Investasi Lengkap dengan Instrumennya!

tujuan investasi

Last Updated on February 3, 2022 by Rhandy Verizarie

Banyak orang yang berpendapat, “jika ingin mencapai kebebasan finansial, segera investasi!”. Dengan berinvestasi, kita menanam uang kita di aset yang terus berkembang dan saat kita menjual aset tersebut kita bisa mendapatkan keuntungan. Bagi kalian yang ingin memulai investasi ada baiknya mengenali terlebih dahulu apa tujuan investasi kalian. Jika sudah menentukan tujuan, barulah kalian bisa membagi kemana sajakah uang akan di investasikan. Yuk, simak apa saja tujuan investasi lengkap dengan instrumen-instrumennya berikut ini!

Jenis Investasi Berdasarkan Jangka Waktunya

Mengetahui dengan jelas jangka waktu investasi yang diinginkan adalah hal yang fundamental sebelum menyusun tujuan. Berikut adalah jenis investasi berdasarkan jangka waktunya:

1. Investasi Jangka Panjang

Kategori investasi yang masuk ke jangka panjang adalah investasi yang dilakukan membutuhkan waktu lebih dari 3 tahun. Investasi jangka panjang cocok untuk digunakan sebagai dana menikah, dana pensiun dan juga biaya pendidikan. Salah satu instrumen investasi jangka panjang adalah emas, reksadana, properti dan saham.

2. Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan dengan waktu kurang dari 3 tahun. Cocok bagi kalian yang suka dengan resiko tinggi dan ingin balik untung cepat. Instrumen investasi jangka pendek ada crypto, saham, dan juga forex.

Jadi apa tujuan investasi yang baik dan benar?

Setelah mengetahui jenis investasi maka apa sih tujuan investasi yang baik? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Mendapatkan Penghasilan Pasif

Mendapat keuntungan tanpa harus bekerja merupakan impian semua orang bukan? Nah investasi dapat mewujudkan hal itu. Jika besar keuntungan yang kalian dapat mampu menutupi pengeluaran pokok bulanan kalian artinya kalian sudah selangkah lebih dekat dengan kebebasan finansial.

2. Menjamin Masa Depan Keluarga dan Diri Sendiri

Investasi dilakukan agar dana yang sewaktu-waktu dibutuhkan di masa depan aman terjaga. Dengan investasi kalian bisa berjaga-jaga menyimpan dana pendidikan anak dan juga dana pensiun.

3. Mencapai Kebebasan Finansial

Tujuan selanjutnya dari investasi adalah mencapai kebebasan finansial. Kebebasan finansial adalah suatu tahap dimana seseorang bisa membeli apapun yang dia inginkan tanpa harus mengkhawatirkan uang. Jika investasi yang kalian lakukan benar dan penuh perhitungan maka kebebasan finansial bukanlah suatu hal yang mustahil.

Dapatkan Produk Asuransi Terbaik di Cekpremi!

Jika kalian tertarik untuk membeli produk asuransi sebagai salah satu instrumen investasi, maka kalian bisa mendapatkannya di Cekpremi. Kami memberikan banyak penawaran menguntungkan bagi customer baru kami. segera kunjungi website Cekpremi, yuk!

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →