Waspada 10 Penyakit Disebabkan Bahaya Asap Rokok

rokok
imagesource : hidayatullah

Rokok merupakan bahan yang terbuat dari tembakau sempurna yang di potong-potong kemudian di gulung dengan kertas. Menemu rokok pertama kali di indonesia adalah Haji Jamahari yang meramu tembakau dengan cengkeh pada awal tahun 1880. mulanya rokok digunakan untuk mengobati penyakit asmanya. yang lambat laun menjadi terkenal dan digunakan juga sebagi lambang pertemanan dan persahabatan. Dimasa dulu fakta rokok dapat membahayakan belum terbukti sehingga pada masa itu rokok pernah diiklankan, mulai dari model sampai dokter.

Namun dengan berjalannya waktu, berbagai penyakit mulailah berdatangan dari rusaknya selaput lendir, sampai beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dapat dialami para perokok.

rokok
imagesource : binauras

Sekarang ini asap rokok bukan hanya berbahaya bagi penikmatnya saja melainkan sesuatu yang sangat bahaya bagi semua orang yang menghirupnya. Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia termasuk zat yang sering dijumpai dalam kandungan polusi udara yang berbahaya, 50 jenis zat penyebab kanker dan lebih dari 100 bahan kimia laiinya. Berikut adalah beberapah penyakit berbahaya yang diakibatkan dari pecandu rokok dan yang menghitupnya :

  1. Penyakit Paru-paru

Bahaya rokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran nafas dan jaringan paru-paru pada saluran napas besar. Terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli (cabang dari paru).

  1. Impotensi

Bahaya nikotin yang dibawa oleh darah akan menyebar keseluruh organ tubuh, termasuk organ reproduksi. Zat ini akan menganggu proses spermatogenesis, sehingga kualitas sperma menjadi buruk.

  1. Penyakit Jantung Koroner

Suatu penyakit yang terjadi ketika ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Penyebab utama dari jantung koroner adalah nikotin dan karbon monoksida.

  1. Kanker Mulut

Kanker mulut dan bibir ini juga dapat disebabkan karena panas dari asap rokok yang dihisap oleh perokok

  1. Merusak Otak

Sama halnya dengan jantung dampak rokok terdapat otak adalah adanya penyumbatan dan penyempitan pada pembulu dara otak yang diakibatkan karena efek nikotin terhadap pembulu darah,

  1. Gigi

Asap rokok membuat para perokok, resiko menderita periodontitis atau gusi terbakar yang akan mengarah ke infeksi dan merusak jaringan halus dan tulangsebesar 10 kali lebih tinggi

  1. Kanker Perut dan Lambung

Penyakit akibat merokok yang menyerang perut adalah kanker perut dan lambung. Penelitian menunjukan bahwa tingkat resiko kanker perut berbanding lurus dengan jumlah dan lama merokok.

  1. Penyakit Asma

Bahaya asap rokok yang di hirup menyumbang timbulnya penyakit asma pada orang perokok pasif dan perokok aktif

  1. Gangguan Kehamilan

Merokok pada saat kehamilan dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan janin 2008 terdapat 45% wanita merokok dan 27% wanita hamil merokok. Pada ibu hamil yang merokok dapat menimbulkan komplikasi kehamilan seperti lahir sebulum waktunya (prematur, berat badan lahir kurang. mortalitas perinatal, dan gangguan perkembangan janin.

  1. Darah

Resiko terkena kanker darah (Leukimia) pada perokok adalah 1,53 sedangkan pada mantan perokok adalah 1,39.

 Rokok pun bukan hanya berbahaya bagi perokok aktif saja tetapi juga berbahaya bagi orang yang menghisap asap rokok, terlebih lagi bagi ibu hamil. Rokok dapat mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya. Mulai lah berhenti merokok sebelum semuanya terlambat mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

kesehatan
Lindungi kesehatan anda dari resiko penyakit yang bisa bikin bangkrut dengan asuransi kesehatan. Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 25, 2015

Posted In: Health, Hot News

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami